Pengertian Biaya Tetap

Pengertian Biaya Tetap

biaya tetap dan biaya tidak tetap. Jelaskan pengertian dan contoh dari kedua biaya tersebut

1. biaya tetap dan biaya tidak tetap. Jelaskan pengertian dan contoh dari kedua biaya tersebut


BIAYA TETAP

Biaya tetap umumnya meliputi anggaran pembiayaan yang sudah jelas jumlahnya atau sudah dipastikan oleh pemilik usaha maupun pihak-pihak tertentu yang terkait dengan usaha tersebut

contoh biaya tetap adalah biaya sewa bangunan, pajak, asuransi usaha, gaji pegawai, dan sebagainya.

BIAYA TIDAK TETAP

Jenis biaya ini dapat bervariasi jumlahnya karena bergantung pada jumlah output yang dihasilkan serta faktor-faktor lain.

contohny biaya bahan baku, komisi penjualan, biaya pengepakan, biaya distribusi, serta biaya tambahan lainnya yang diperlukan selama proses produksi.

2. Pengertian Biaya variabel dan biaya tetap


penjelasan biaya tetap san biaya variabel

√biaya tetap

adalah biaya yang timbul akibat penggunaan sumber daya tetap dalam proses produksi dan keseluruhan biaya tetap disebut biaya total

√biaya variabel

adalah biaya produksi yang berubah menurut tinggi rendahnya jumlah output yang akan dihasilkan


3. pengertian biaya tetap


uang yang di keluarkan adalah biaya

hemat atau jimat pengeluaran bisnis tidak tergantung dgn tingkat barang atau jasa yg dihasilkan oleh perusahaan

4. apakah pengertian biaya tetap


Dalam ekonomi,biaya tetap adalah pengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut Pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji atau beban sewa yang dibayar setiap bulan,dan sering disebut sebagai pengeluaran tambahan.

5. Jelaskan pengertian dari: Biaya produksi, biaya tidak tetap, biaya varibel, biaya total, biaya produksi, harga pokok produksi, laba, harga jual​


Jawaban:

biaya produksi merupakan biaya-biaya yang dilakukan pada proses produksi perusahaan.

biaya tetap adalah biaya yang tetap berjumlah sama, tidak berkaitan dengan berapa volume produksi atau jasa yang dihasilkan. Artinya, ketika volume tinggi maupun rendah, biaya yang diperlukan tetap sama. Biaya tetap tidak terpengaruh fluktuasi sesaat yang mungkin terjadi.

Sementara biaya variabel adalah biaya yang ikut berubah. Perubahan ini berjalan beriringan dengan perubahan dalam output atau hasil produksi.

Biaya total (TFC) adalah keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli semua keperluan baik barang dan jasa yang akan digunakan dalam proses produksi demi menghasilkan / produksi suatu barang.

Harga Pokok Produksi merupakan jumlah dari biaya-biaya yang dikeluarkan mulai pada saat pengadaan bahan baku hingga proses akhir produk yang siap dijual.

Laba, keuntungan, atau profit dapat didefinisikan dengan dua cara, yang pertama Laba dalam ilmu ekonomi murni didefinisikan sebagai peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut.

Harga jual adalah sejumlah kompensasi (uang ataupun barang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa. Perusahaan selalu menetapkan harga produknya dengan harapan produk tersebut laku terjual dan boleh memperoleh laba yang maksimal.


6. pengertian biaya tetap yang paling benar adalah....


nominal harga yang harus dibayarkan oleh para konsumen

7. memisahkan perhotungan biaya produksi yang berlaku variabel dengan biaya tetap adalah pengertian dari?​


Jawaban:

biaya tetap dan biaya variabel

Penjelasan:

Dalam biaya tetap dan biaya variabel termasuk pemisahkan perhotungan biaya produksi yang berlaku variabel dengan biaya tetap.

______Semoga membantu______


8. 5. Jelaskan pengertian biaya tetap !​


Jawaban:

Fixed cost atau biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah seiring dengan kenaikan atau penurunan jumlah barang atau jasa yang diproduksi atau dijual.


9. biaya yang dikeluarkan yang jumlahnya tetap setiap bulannya adalah pengertian dari.


Biaya yang dikeluarkan jumlahnya tetap setiap bulannya adalah pengertian dari Biaya Tetap.

Pembahasan:

Biaya Tetap atau Fixed Cost adalah biaya pengeluaran yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam keadaan konstan. Biaya pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji dan sebagainya. Biaya pengeluaran ini disebut sebagai pengeluaran tambahan.

Pelajari Lebih Lanjut:

Pengertian Biaya Tetap dan Contohnya =

https://brainly.co.id/tugas/2881319https://brainly.co.id/tugas/20732222

Pengertian Biaya Tidak Tetap =

https://brainly.co.id/tugas/12694716

Detail Jawaban:Kelas = 11 SMAMapel = WirausahaMateri = Biaya ProduksiKode = 11.23

10. pengertian mengenai metode penetapan harga suatu produk yang berdasarkan biaya?


metode penerapan harga suatu barang berdasarkan biaya disebut juga cost-plus pricing method. Dalam metode ini, penjual atau produsen menetapkan harga jual untuk satu unit barang yang besarnya sama dengan jumlah biaya per unit ditambah dengan suatu jumlah untuk menutup laba yang diinginkan (disebut marjin) pada unit tersebut.

dapat juga disebut cost-plus pricing method adalah metode penetapan harga jual produk dengan cara menambahkan biaya total produksi dengan nilai marjinnya


11. apa pengertian biaya tidak tetap? jelaskan contohnya


Biaya tidak tetap (Variable cost) adalah biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan secara berubah-ubah yang didasarkan pada perubahan jumlah produk yang diproduksi.  Contoh biaya variabel adalah materal yang dipakai, biaya tenaga kerja langsung dalam bentuk upah kepada karyawan (biaya dihitung berdasarkan berapa unit barang yang dihasilkan per orang) dan biaya pengemasan produk.

Pembahasan  

Biaya tidak tetap (variabel cost) dipengaruhi oleh tingkat kegiatan usaha. Biaya tidak tetap bervariasi dengan variasi jumlah produksi, yaitu apabila ada pengingkatan pada produksi maka biaya ini akan meningkat, begitu pula saat tidak ada produksi maka tidak akan ada biaya ini. Biaya tidak tetap bergantung pada jumlah hasil yang dikeluarkan suatu perusahaan.  

Berdasarkan variabilitasnya biaya diklasifikasikan kedalam tiga kategori yaitu biaya tetap, biaya tidak tetap, dan biaya semi-variabel. Biaya tetap atau fixed cost adalah jumlah biaya yang keluar setiap periode dan tidak bergantung pada berlangsung atau tidaknya proses produksi barang atau jasa. Contoh biaya tetap adalah biaya sewa gedung, gaji karyawan,pajak, asuransi, biaya cukai (jika pengiriman produk dilakukan ke luar negeri), dan pembayaran pinjaman.  

Perbedaan utama antara biaya tetap dan biaya tadak tetap adalah sebagai berikut:

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah seiring dengan adanya perubahan jumlah produksi. Biaya tidak tetap adalah biaya yang berubah seiring perubahan biaya produksi. Biaya tetap tergantung waktu, yaitu konstan dalam suatu periode. biaya variabel tergantung volume.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang biaya tetap dan biaya variabel https://brainly.co.id/tugas/2881319

2. Materi tentang faktor produksi https://brainly.co.id/tugas/803698

3. Materi tentang  kemampuan produsen memilih faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang https://brainly.co.id/tugas/16223164

-----------------------------

 

Detil jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 7.Konsep Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia

Kode: 10.12.7

#Ayobelajar


12. Pengertian biaya semi tetap dan contoh nya minimal 10 ?


Ada dua contoh pengertia menurut ahli yang Berbeda ;


• Mixed cost adalah biaya yang terdiri dari elemen biaya variabel maupun biaya tetap. Mixed cost juga dikenal sebagai biaya semi variabel.“ Ray H Garrison (2000: 188).

Biaya semi variabel adalah biaya yang sifatnya sebagian tetap dan sebagian lagi variabel. Biaya semi variabel ini berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Misalnya biaya supervisor, biaya pemeliharaan mesin dan instalasi. Dalam hal ini untuk tujuan praktisnya, maka digolongkan dalam fixed dan variabel.

Dimasukkan dalam biaya tetap karena sifatnya konstan dalam suatu periode akuntansi tertentu. Dikatakan biaya variabel karena sifatnya berubah-ubah tanpa adanya hubungan dengan volume produksi.

Biaya yang termasuk dalam biaya semi variabel adalah seperti:

Biaya pemeliharaan mesin dan instalasi.
Biaya listrik, telepon dan air.
Biaya pengolahan bahan baku dan persediaan.
Biaya asuransi kecelakaan, dan lain-lain.


• Biaya semi variabel merupakan biaya yang mengandung unsur-unsur biaya variabel dan biaya tetap. Biaya ini terjadi karena hubungan jumlah biaya dengan basis aktivitas disebut fungsi biaya memiliki unsur yang tetap perubahan volume aktivitas.

Sebagian dari biaya semivariabel ini berubah seiring dengan volume atau pemakaian dan sebagian lagi berperilaku tetap selama periode tertentu. Contoh biaya semivariabel antara lain biaya listrik, reparasi, telepon, sewa dan biaya pemeliharaan.

Menurut Hariadi (2002) terdapat tiga karakteristik penting yang menjadi ciri-ciri biaya semivariabel yaitu:

total biaya semivariabel berfluktuasi dengan aktivitas

bagian dari biaya semivariabel yang berubah sesuai dengan aktivitas merupakan biaya variabel

bagian biaya variabel berubah secara proporsional dengan aktivitas”

13. Jelaskan pengertian biaya tetap rata-rata, biaya variable rata-rata, biata total rata-rata


a) Biaya tetap/fixed cost (FC), adalah biaya yang dalam periode waktu tertentu jumlahnya tetap, tidak bergantung pada jumlah produk yang dihasilkan. Contohnya, penyusutan peralatan, sewa gedung atau penyusutan gedung, pajak perusahaan, dan biaya administrasi.

(b) Biaya variabel/variable cost (VC), yaitu biaya yang jumlahnya berubah-ubah sesuai dengan jumlah produk yang dihasilkan. Dalam hal ini, semakin banyak jumlah produk yang dihasilkan, semakin besar pula jumlah biaya variabelnya. Contohnya, biaya bahan baku dan upah tenaga kerja yang dibayar berdasarkan jumlah produk yang dihasilkannya.

(c) Biaya total/total cost (TC) adalah jumlah seluruh biaya tetap dan biaya variabel yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan sejumlah produk dalam suatu periode tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut biaya total dapat dirumuskan sebagai berikut.


14. 1. jelaskan perbedaan dari ke tiga pengertian berikut : a. biaya produksi b. biaya tetap, dan c. biaya variable.


Jawaban:

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan selama proses manufakturing atau pengelolaan dengan tujuan menghasilkan produk yang siap dipasarkan.

Biaya tetap adalah biaya yang terus dikeluarkan atau harus dibiayai perusahaan meski operasional perusahaan tersebut berhenti. Arti biaya tetap yakni biaya yang terus menerus dikeluarkan.

Biaya variabel adalah biaya yang berubah mengikuti aktivitas bisnis. Dengan kata lain, biaya variabel artinya biaya yang besarannya naik turun tergantung pada volume operasional perusahaan.

maaf kalo salah


15. jelaskan pengertian biaya tetap


pengeluaran bisnis yang tidak tergantung pada tingka barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut.

smoga membantu
biaya tetap adalahpengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut 

16. pengertian biaya tetap


Jawaban:

biaya tetap adalah pengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut Pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji atau beban sewa yang dibayar setiap bulan, dan sering disebut sebagai pengeluaran tambahan.

17. pengertian biaya tetap rata-rata​


Jawaban:

Biaya total rata-rata atau average total cost adalah biaya per unit dari jumlah produk yang dibuat. 

Penjelasan:

Biaya total rata-rata atau average total cost adalah biaya per unit dari jumlah produk yang dibuat.

Contoh biaya tetap adalah biaya fasilitas atau peralatan manufaktur yang dibeli perusahaan untuk membuat produk. Biaya variabel meningkat atau menurun berdasarkan output dan dapat mencakup hal-hal seperti tenaga kerja langsung atau biaya bahan yang digunakan untuk membuat produk.

Rumus untuk menghitung biaya total rata-rata adalah:

(Total biaya tetap + total biaya variabel) / jumlah unit yang diproduksi = biaya total rata-rata


18. Jelaskan pengertian biaya tetap dan biaya variabel


Jawaban:

- Biaya Tetap adalah biaya yang benar-benar harus di bayar.

-Biaya Variabel adalah biaya yang tidak tetap.


19. biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah produksi, jadi sifatnya tidak tetap adalah pengertian dari


Biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah produksi, Jadi, sifatnya Tidak Tetap adalah pengertian dari Biaya Variabel.

Pembahasan:

Biaya Tidak Tetap atau Variable Cost adalah biaya variabel yang jumlahnya berubah-ubah dan bisa naik atau turun tergantung ramai atau sepinya suatu penjualan.

Biaya Tidak Tetap atau Variable Cost dipengaruhi oleh tingkat Kegiatan usaha. Biaya Tidak Tetap bervariasi dengan Variasi jumlah produksi, yaitu jika terjadi peningkatan produksi maka biaya ini akan meningkat, dan jika tidak ada produksi maka tidak akan ada Kenaikan Biaya tersebut. Biaya Variabel tergantung pada output yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Contoh Biaya Variabel adalah Biaya Tenaga Kerja Langsung dalam bentuk upah Kepada Karyawan dan juga Biaya Pengemasan Produk.

-

Pelajari lebih lanjut

Biaya Tetap dan Biaya Variabel =

https://brainly.co.id/tugas/2881319

Faktor Produksi =

https://brainly.co.id/tugas/803698

Kemampuan Produsen Memilih Faktor Produksi Untuk Memproduksi Barang =

https://brainly.co.id/tugas/16223164

Detail JawabanKelas = 11 SMAMapel = WirausahaMateri = Biaya ProduksiKode = 11.23

20. biaya tetap , apakah sama atau tidak pengertiannya Ya atau tidak?​


Jawaban:

biaya tetap merupakan sebuah biaya yang di keluarkan secara tetap dan sah untuk menjual sebuah produk usaha tersebut menurutku sama sebab biaya tetap merupakan suati biaya yang di tetapkan oleh paprik


Kategori ujian_nasional