Pengertian Dhcp

Pengertian Dhcp

jelaskan pengertian dhcp server dan dhcp client

1. jelaskan pengertian dhcp server dan dhcp client


DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.

2. Tuliskn pengertian dari DHCP server dan DHCP client​


DHCP Server adalah perangkat atau instrument komputer yang mampu mendistribusikan alamat IP Server ke seluruh DHCP client/perangkat bawah yang masih dalam satu jaringan network

Sedangkan DHCP Client adalah service yang memungkinkan perangkat dapat mendistribusikan/assign IP Address secara otomatis pada host dalam sebuah jaringan


3. jelaskan pengertian DHCP?


DCHP itu singkatan dari DynamicHost Configuration Protocol,fungsinya sebagai penghubung kita ke server melalui cloud ,cara kerja nya DCHP akan mengambil Ip kita secara otomatis ke server.
semoga membantu.

4. jelaskan pengertian,fungsi, dan cara kerja DHCP!​


Jawaban:

PENGERTIAN FUNGSI

Fungsi dalam istilah matematika merupakan pemetaan setiap anggota sebuah himpunan kepada anggota himpunan yang lain. Istilah ini berbeda pengertiannya dengan kata yang sama yang dipakai sehari-hari, seperti “alatnya berfungsi dengan baik.”

cara kerja DHCP

DHCP Servis memiliki tahapan cara kerja sebagai berikut: IP Least Request: yaitu proses saat client meminta nomor IP ke server (broadcast mencari DHCP Server). IP Least Offer: DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP.


5. jelaskan pengertian dhcp server daan cara kerja nya


DHCP server (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah paramenter yang berfungsi sebagai penyedia IP address secara dynamic atau otomatis.

cara kerja :

1. DHCP Discovery

DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.

2.DHCP Offer

Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.

3.DHCP Request

Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan.

4. DHCP Pack / Acknowledge

DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasiTCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya.


6. Siapa yang menciptakan DHCP?..Bagaimana mereka menciptakan DHCP?​


Jawaban:

DHCP dibuat oleh Kelompok Kerja Konfigurasi Host Dinamis di Internet Engineering Task Force (IETF) sebuah organisasi sukarela yang mendefinisikan protokol untuk digunakan di Internet).


7. Perbedaan menggunakan dhcp server dan dhcp client


Jawaban & Penjelasan:

Klien DHCP adalah segala sesuatu yang membutuhkan alamat IP yang tidak dikonfigurasi sebagai statis. Misalnya, telepon, komputer, Smart TV, dll., semuanya memerlukan alamat IP.

Server DHCP ialah yang bertanggung jawab untuk membagikan IP ini kepada klien. Server melacak berapa banyak alamat yang tersedia dalam pool-nya dan siapa yang telah diberikannya melalui MAC sehingga tidak memberikan duplikat.


8. apa kepanjangan dan pengertian dari : 1. DNS 2. DHCP 3. proxy


1.Pengertian Mail Server

Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.

2.Pengertian DHCP Server

DHCP merupakan singkatan dari Dinamyc Host Configuration Protocol adalah sebuah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. komputer yang memberikan nomor IP inilah yang disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut DHCP Client.

fungsi DHCP

Seperti yang sudah diterangkan. fungsi DHCP ini adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.

3.Pengertian Web Server

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Salah satu server web yang terkenal di linux adalah

Apache. Apache merupakan server web antar platform yang dapat berjalan di beberapa platform seperti linux dan windows. Web Server juga merupakan sebuah komputer yang menyediakan layanan untuk internet. Server disebut juga dengan host. Agar anda dapat memasukkan web yang anda rancang ke dalam

internet, maka anda harus memiliki ruangan terlebih dahulu dalam internet, dan ruangan ini disediakan oleh server. Itulah yang disebut Web Server..

4.Pengertian DNS Server

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

5.Pengertian FTP Server

FtP adalah File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :

• Untuk tujuan sharing data

• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer

• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user

• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

6.Pengertian Proxy Server

Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

Proxy – Teknik proxy & Proxy Server adalah teknik yang standar untuk akses Internet secara bersama-sama oleh

beberapa komputer sekaligus dalam sebuah Local Area Network (LAN) melalui sebuah modem atau sebuah saluran

komunikasi. Istilah Proxy sendiri banyak dikenal / digunakan terutama di dunia / kalangan diplomatik. Secara sederhana

proxy adalah seseorang / lembaga yang bertindak sebagai perantara atau atas nama dari orang lain / lembaga / negara

1.DNS (Domain Name Sistem ) adalah hasil pengembangan dari metode pencarian host name trhadap IP address di intrnet.
2. DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) yaitu protocol yg berbasis arsitektur client/server yg digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.
3. proxy yaitu sebuah komputer server yg bertindak sebagai komputer laiinya untuk menerima /melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet/intranet

9. jelaskan definisi dan pengertian DHCP (lengkap)


Pengertian DHCP – Didalam dunia jaringan komputer tentunya anda sudah sering mendengar tentang istilah DHCP, mungkin saja dari anda ada yang sudah mengerti apa itu pengertian DHCP atau mungkin juga ada yang masih bingung tentang apa sih sebenarnya DHCP itu. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengupasnya tuntas tentang pengertian DHCP tersebut. Pengertian DHCP DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan sebuah server untuk memberikan IP Address secara dinamik kepada client. Server yang melakukan tugas memberikan IP address kepada client disebut dengan DHCP server, sedangkan komputer yang menerima IP address secara dinamik dari DHCP server disebut client.


Sebelum memulai tugasnya membagikan IP address kepada client, sebelumnya DHCP server terlebih dahulu harus memiliki sekumpulan IP address yang akan dibagikan kepada client, kumpulan IP address yang dimiliki oleh DHCP server untuk didistribusikan kepada client ini disebut dengan DHCP pool. Sebuah DHCP pool memiliki masa waktu sewa atau masa waktu pakai yang disebut dengan lease. Sehingga client diharuskan mengajukan permintaan IP address kembali kepada DHCP server begitu masa sewa IP address yang didapat sebelumnya sudah habis. Jika IP address yang digunakan sebelumnya belum terpakai oleh client lain maka client tersebut akan mendapatkan IP address baru yang sama dengan sebelumnya, tetapi jika IP address tersebut sudah terpakai oleh client lain maka DHCP server akan memberikan IP address baru kepada client sesuai dengan DHCP pool yang ada. Fungsi DHCP DHCP memiliki fungsi utama mendistribusikan IP address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputerDHCP akan memberikan kemudahan bagi seorang network administrator dalam mengelola jaringan komputer, karena alokasi IP address dapat ditentukan secara otomatis dan dalam satu kali kerjaDHCP server selain bisa memberikan IP address secara dinamik, juga bisa memberikan IP address secara statis kepada client yang terhubung ke jaringan komputerDHCP memberikan kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer Semoga bermanfaat untuk anda semua dan salam..

10. Sebutkan fungsi DHCP Lease pada DHCP Server


Jawaban:

periode waktu alamat IP address oleh DHCP client ke DHCP server


11. DHCPAck b. DHCP Discover c. DHCP Pool d. DHCP Request e. DHCP Offer


Jawaban:

Jawaban nya adalah

D.DHCP Request

Penjelasan:

Karena bertanya

★?

12. 1. apakah tugas dari DHCP ?2. apa keyntungan dari DHCP ?


1.Tugas yaitu memberikan alamat ip secara otomatis ke claen . ip yang diberikan berasal dari ip serve.

2.keuntungannya kita sebagai pengguna dati jaringan tersebut tidak perlu memberikan ip secara manual . ip dari serve juga dapat mudah dikontrol.

13. bagaimana cara DHCP server dan DHCP client bekerja.?


cara kerja  dhcp Dynamic Host Configuration Protocol atau yang biasa dikenal dengan DHCP adalah layanan pemberian nomor IP secara otomatis yang diberikan kepada komputer-komputer yang membutuhkan.
dan cara kerja
Domain Name System (DNS) merupakan sistem berbentuk database terdistribusi yang akan memetakan/mengkonversikan nama host/mesin/domain ke alamat IP (Internet Protocol) dan sebaliknya.




14. Apa yang dimaksud dengan DHCP client dan DHCP server


Jawaban:

1. DHCP client

DHCP client adalah komputer yang memberikan nomor IP.

2. DHCP server

DHCP server adalah komputer yang melakukan request.

Tambahan:

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

Smoga bermanfaat :)


15. Pengertian DHCP serta Apa itu Firewall dan Apa Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer Dan Voip


Jawaban:

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan.

Firewall adalah Tembok api, tembok pelindung atau dinding api adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer. Firewall berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir pada jaringan. Selain itu, fungsi firewall juga mencakup modifikasi paket data yang datang sehingga mampu menyembunyikan sebuah IP address

semoga membantu


16. Jelaskan hubungan antara dhcp relay dan dhcp request


Jawaban:

DHCP (Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

- DHCP CLIENT

Pada saat kedua DHCP client dihidupkan , maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP-Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP-Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.

Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP Client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP Server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada Client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya. Jangka waktu disebut leased period.

Fungsi DHCP : Seperti yang sudah diterangkan. fungsi DHCP ini adalah dapat memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.

- DHCP RELAY

DHCP Relay adalah proxy yang mampu menerima dan mengirim ulang permintaan DHCP ke DHCP server yang sebenarnya. Pada jaringan besar umumnya terdiri dari banyak segmen (umumnya VLAN) dan ratusan atau bahkan ribuan komputer. Tentu sulit sekali untuk me-manage IP untuk sekian banyaknya PC itu.

Kelebihan DHCP

1. Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.

2. DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.

3. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).

4. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server.

5. DHCP akan memberikan satu alamat IP dan parameter-parameter kofigurasi lainnya kepada client


17. Apakah DHCP Server dan DHCP Client dapat dijalankan pada interface yang sama.? Kenapa.?​


Jawaban:

tidak bisa karena masing masing client berbeda ip adresnya


18. pengertian DHCP POOL adalah ?


Adalah salah satu fitur untuk menentukan range IP Address yang dapat digunakan pada DHCP server maupun koneksi point-to-point.

19. pengertian dhcp server adalah


protokol yg berbasis arsitektur client yg di pakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam 1 jaringan

20. Pengertian dari DHCP server


DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IPdalam satu jaringan.


Semoga Membantu
Kategori ti