Pengertian Directing

Pengertian Directing

pengertian Directing

1. pengertian Directing


Directing / commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

semoga membantu :)
jdikan jawaban terbaik ya, mksi

2. apa pengertian directing


Directing / commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

3. pengertian fungsi pengarahan/directing adalah​


Fungsi pengarahan  adalah fungsi pokok manajemen yang  dijalankan setelah fungsi perencanaan dan fungsi organisasi sudah terlaksana. Pengertian fungsi pengarahan (directing) adalah kegiatan MEMBERIKAN SUATU PERINTAH ATAU PETUNJUK KEPEDA ORANG LAIN


4. ubah ke simple present tensedirecting (be) one function of management​


Jawaban:

Directing is one function of management

Penjelasan:

Semoga membantu


5. apa yang dimaksud directing dan influencing ?


●directing
fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

●ifluencing
fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.directing adalah suatu kegiatan dalam manajemen untuk memberi saran atau pun masukan kepada para karyawan terhadap pekerjaan yang karyawan lakukan.
sedangkan influencing adalah suatu transaksi sosial dimana seseorang atau kelompok di bujuk oleh seorang atau kelompok lain untuk melakukan kegiatan sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi

6. Jelaskan perbedaan fungsi leading dengan commanding/directing.


Leading adalah mengambil keputusan, Mengadakan komunikasi agar saling ada pengertian antara pemimpin dan karyawan. Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada karyawan. 
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

7. Fungsi manajemen pengarahan (directing) perusahaan tempe


Jawaban:

Dalam struktur manajemen, manajemen puncak akan memberikan pengarahan kepada manajemen pada tingkat dibawahnya. Manajemen ditingkat menengah akan memberikan pengarahan kepada manajemen ditingkat yang lebih bawah lagi.

Begitu seterusnya....

Sampai kepada orang yang mempunyai wewenang terakhir. Seperti mandor yang akan memberikan pengarahan terhadap para pekerja dilapangan

Semoga Bermanfaat


8. dalam ilmu manajemen meliputi planningorganizingactuating/directingcontrollingjelaskan masing-masing tahapan tersebut​


Planning

Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di dalam planning, manajer memperhatikan masa depan, mengatakan “Ini adalah apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita akan melakukannya”.

Membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Planning penting karena banyak berperan dalam menggerakkan fungsi manajemen yang lain. Contohnya, setiap manajer harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam kepegawaian organisasi.

Dalam perencanaan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Yaitu harus SMART :

Specific artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis.

Measurable artinya program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.

Achievable artinya dapat dicapai. Jadi bukan anggan-angan.

Realistic artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada tantangan.

Time artinya ada batas waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwulan, semesteran atau tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.

Organizing

Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.

Aspek utama lain dari organizing adalah pengelompokan kegiatan ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya. Misalnya kepegawaian, untuk memastikan bahwa sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Mempekerjakan orang untuk pekerjaan merupakan aktifitas kepegawaian yang khas. Kepegawaian adalah suatu aktifitas utama yang terkadang diklasifikasikan sebagai fungsi yang terpisah dari organizing.

Agar tujuan tercapai maka dibutuhkan pengorganisasian. Dalam organisasi biasanya diwujudkan dalam bentuk bagan organisasi. Yang kemudian dipecah menjadi berbagai jabatan. Pada setiap jabatan biasanya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (Job Description).

Semakin tinggi suatu jabatan biasanya semakin tinggi tugas, tanggung jawab dan wewenangnya. Biasanya juga semakin besar penghasilannya. Dengan pembagian tugas tersebut maka pekerjaan menjadi ringan. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Disinilah salah satu prinsip dari manajemen. Yaitu membagi-bagi tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Actuating

Perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus sehingga perlu dilakukan penyesuian.

Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan.

Controlling

Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.


9. apa yang dimaksud directing dan influencing ?


directing adalah fungsi manajmen yang berhubungan dengan usah memberi bimbingan,saran, perintah2,agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar

10. contoh penerapan fungsi directing dalam manajemen usaha adalah


Fungsi memberi Bimbingan Saran Saran Atau Perintah Pada Suatu Manajemen Usaha

11. apa yg dimaksud dengan planning,organaizing,directing dan controllling​


planning=Perencanaan Merencanan Suatu usaha

organaizing= pengorganisasian Atau Suatu Organisasi

directing= mengarahkan Atau Mengarahkan suatu usaha

controlling= mengontrol atau pengontrolan dalam usaha


12. Jelaskan yang dimaksud dengan orientasi dalam fungsi manajemen directing


Maksud dari orientasi dalam fungsi manajemen adalah sebuah pengenalan terhadap pekerjaan yang akan dilakukan oleh karyawan. Selain pengenalan terhadap pekerjaan, pengenalan lainnya adalah seputar lingkungan kerja, tempat kerja dan lainnya.

Pembahasan

Manajemen merupakan salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengatur perusahaan dapat bekerja dengan baik dan benar. Salah satu fungsi dari manajemen adalah fungsi directing. Fungsi directing bisa diartikan sebagai fungsi untuk mengarahkan bawahan atau karyawan agar bisa memberikan kinerja terbaiknya untuk perusahaan tempat dia bekerja. Fungsi dari manajemen directing adalah

Memberikan orientasi atau pengenalanMemberikan perintah, baik secara lisan maupun tertulis,menggunakan bahasa formal maupun tidakMemberikan kewenangan atau pemberian delegasi

Dari fungsi manajemen directing di atas, kita bisa mengetahui bahwa supervisor atau atasan bisa memberikan wewenang terhadap bawahannya dalam mengambil keputusan yaitu pada fungsi pemberian delegasi.

Pelajari lebih lanjut

Demikian pembahasan mengenai orientasi dalam fungsi manajemen directing. Fungsi orientasi dapat diartikan sebagai pengenalan terhadap karyawan mengenai lingkungan kerja hingga pekerjaan yang harus dilakukan oleh keryawan tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai manajemen dapat dibaca pada link berikut

1. Fungsi manajemen menurut G R Terry https://brainly.co.id/tugas/9842675

2. Fungsi manajemen menurut Sondang P Siagian https://brainly.co.id/tugas/5004476

3. Fungsi manajemen dalam usaha https://brainly.co.id/tugas/4069501

Detil jawaban

Kelas: 8 SMP

Mapel: Wirausaha

Bab:Pengertian orientasi dalam fungsi manajemen

Kata Kunci: Pengertian orientasi dalam fungsi manajemen



13. Terangkan kegiatan directing manajemen


Directing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.

14. Jelaskan pengertian dan arti penting fungsi Directing?


direcring/commanding adlah fungsi manajemen yg berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah-perintah,agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.Makasih ya

15. Arti penting fungsi directing?


direksi yang sama halnya seperti manager pimpinan dalam sebuah perusahaan

16. planning,organizing,staffing,directing,controlling adalah fungsi menejemen yg dikemukakan oleh​


Jawaban:

planning,organizing,staffing,directing,controlling adalah fungsi menejemen yg dikemukakan oleh Luther Gullick

SEMOGA MEMBANTU❣️


17. seorang pemimpin harus menjadi seorang motivator Leading dan directing disebut fungsi ​


Jawaban:

Fungsi Pergerakan

Penjelasan:

Fungsi penggerakan dalam suatu organisasi adalah usaha atau tindakan dari pimpinan dalam rangka menimbulkan kemauam dan membuat bawahan tahu pekerjaannya sehingga dengan sadar menjalankan tugasnya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.


18. planning, organizing, directing Dan controling adalah...


planning adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. 
Pengorganisasian (organizing) adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Directing / commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju yang telah ditetapkan semula.
Controlling
Pengawasan, Pengendalian atau Controlling adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.



19. Pengertian :1) perencanaan (plannning)2) pengorganisasian (organizing)3) pembimbing (directing)4) penyempurnaan (improving)5) pengawasan (controlling)


perencanaan ===>suatu rangkaian persiapan tindakan untuk mencapai tujuan
pengorganisasian ===>Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen
pembimbing ===>seseorang yang sudah melakukan apa yang ingin anda lakukan

20. Jelaskan perbedaan fungsi leading dengan commanding/directing


Fungsi Leading Adalah Memimpin
Commanding Adalah Menyuruh


Kategori wirausaha