Pengertian Elektron Valensi

Pengertian Elektron Valensi

pengertian konfigurasi elektron dan elektron valensi

Daftar Isi

1. pengertian konfigurasi elektron dan elektron valensi


Kongigurasi elektron adalah susunan elektron pada masing masing kulit

Elektron valensi adalah elektron pada kulit terluar yang menyatakan golongan suatu unsur


2. pengertian dari konfigurasi elektron dan elektron valensi


Konfigurasi elektron adalah susunan elektron pada kulit atom.

Elektron valensi adalah jumlah elektron pada kulit terakhir.

Pembahasan

[tex]\boxed{\boxed{\bold{Konfigurasi~Elektron~Kulit~(Neils~Bohr)}}}[/tex]

Berdasarkan teori Neils Bohr bahwa setiap elektron terdiri atas inti atom yang dikelilingi oleh beberapa kulit atom. Elektron yang mengelilingi inti atom menempati lintasan-lintasan tertentu. Lintasan elektron ini disebut dengan kulit atom. Setiap kulit atom terdapat jumlah elektron maksimal yang dapat ditempati. Menurut Bohr, jumlah elektron maksimal yang dapat menempati setiap kulit atom dapat dihitung dengan rumus 2[tex]n^{2}[/tex].

Kulit K (n = 1) maksimum 2 . 1 = 2 elektron

Kulit L (n = 2) maksimum 2 . 4 = 8 elektron

Kulit M (n = 3) maksimum 2 . 9 = 18 elektron

Kulit N (n = 4) maksimum 2 . 16 = 32 elektron, dan seterusnya

Penyusunan elektron pada kulit atom disebut dengan konfigurasi elektron. Konfigurasi suatu elektron dapat digunakan untuk menetukan posisi atom dalam tabel periodik unsur. Jumlah elektron pada kulit terakhir atau disebut dengan elektron valensi menentukan sifat kimia suatu atom.

Nomor golongan = elektron pada kulit terakhir = elektron valensi

Nomor periode = jumlah kulit

Untuk unsur-unsur segololngan maka akan memiliki elektronvalensi yang sama, begitu juga untuk unsur yang satu periode memiliki jumlah kulit yang sama.

Contoh :

_____K_L_M

₁₁Na = 2. 8. 1

elektron valensi = 1

_____K_L_M

₁₈Ar = 2. 8. 8

elektron valensi = 8

_____K_L_M_N

₃₅Br = 2. 8. 18. 7

elektron valensi = 7

[tex]\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }[/tex]  

Konfigurasi dan elektron valensi https://brainly.co.id/tugas/6800914#, https://brainly.co.id/tugas/3221714# Elektron valensi tertinggi https://brainly.co.id/tugas/16779761 Elektron valensi sama https://brainly.co.id/tugas/19369492

 

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{Semoga~Membantu}}\boxed{\bigstar}[/tex]              

              [tex]\boxed{\bigstar}\boxed{\bold{ionkovalen}}\boxed{\bigstar}[/tex]

[tex]\mathbf{Detil~Jawaban }[/tex]  

Mapel : Kimia

Bab : Struktur Atom

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.2


3. apakah pengertian elektron valensi


Elektron valensi adalah jumlat elektron pada kulit terluar dari suatu atom netralElektron valensi adalah elektron elektron sebuah atom yang dapat ikut membentuk ikatan kimia dengan atom lainnya




4. menjelaskan pengertian elektron valensi


Elektro valensi adalah elektro pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh. Dalam ikatan kovalen tunggal, kedua atom yang berikatan menymbangkan satu elektro valensi untuk membentuk pasangan bersama.

maaf kalo salah

5. pengertian elektron valensi?


jumlah kulit terluar suatu atomElektron Valensi adalah elektron di tingkat energi terluar atom yang dapat berpartisipasi dalam interaksi dengan atom lain

6. elektron valensi unsur₁₉³⁹K memiliki elektron valensi sebanyak..?


nomor atom K = 19
K L M N
2 8 8 1
jadi elektron valensi dari unsur K=1
semoga membantuelektron valensinya = 1

7. Pengertian dari Konfigurasi elektron, isoton, isotop, isobar dan elektron valensi


Konfigurasi Elektron adalah susunan elektron-elektron pada sebuah atom.
1. Isotop
Atom yang mempunyai nomor atom yang sama tetapi memiliki nomor massa yang berbeda disebut dengan isotop.
Contoh:
Nomor atom 7 Nomor atom 7
Nomor massa 14 Nomor massa 15

2. Isoton
Isoton ialah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda),tetapi mempunyai jumlah neutron yang sama.Karena nomor atomnya berbeda maka sifat-sifatnya juga berbeda.

3. Isobar
Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda) tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang sama. Karena nomor atomnya berbeda maka sifat-sifatnya juga berbeda.

Elektron valensi ialah jumlah elektron pada kulit terluar suatu atom netralIsotop yaitu unsur sejenis dg jmlh proton sama dan neutron beda Isoton yaitu unsur yg memiliki jmlh neutron sama proton beda Isobar unsur yg mmiliki nomor masa sama tpi nmr atom beda Elektron valensi yaitu kulit terluar atom

8. pengertian elektron valensi beserta contoh soal !mohon bantuannya


Elektron valensi adalah elektron dalam atom yang berperan dalam pembentukan ikatan kimia. Pada unsur-unsur golongan utama (IA, IIA, IIIA, hingga VIIIA), elektron valensi adalah elektron yang berada pada kulit elektron terluar.

Oleh karena itu, kulit elektron terluar sering disebut sebagai kulit valensi. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua elektron valensi hanya berada pada kulit terluar. Elektron valensi unsur-unsur golongan transisi dapat berada pada kulit elektron yang lebih dalam dari kulit terluar.


Contoh soal:

Tentukan konfigurasi elektron dari atom dan ion unsur-unsur berikut.

a. Ca (Z = 20)
b. Cs (Z = 55)

Jawab:

a. Ca (Z = 20) menunjukkan bahwa atom Ca memiliki 20 proton dan 20 elektron.

20 elektron atom Ca akan mengisi penuh kulit K (2 e−) dan kulit L (8 e−) sehingga tersisa 20 − (2 + 8) = 10 elektron.

Karena jumlah elektron tersisa < 18, maka kulit selanjutnya, yakni kulit M, akan diisi oleh 8 e−. Dengan demikian, tersisa 20 − (2 + 8 + 8) = 2 elektron.

Karena jumlah elektron tersisa ≤ 8, maka kulit selanjutnya, yakni kulit N, akan diisi oleh semua elektron yang masih tersisa, yaitu sejumlah 2 elektron.

Jadi, konfigurasi elektron atom Ca adalah 20Ca :  2   8   8   2


semoga membantu

Semoga dapat membantu... ^^

9. Apa pengertian dari elektron valensi


Mapel : Kimia

Elektron Valensi adalah jumlah elejtron paling luar yang ada dalam atom.elektron valensi adalah elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh.
semoga membantu.
EightyStruch

10. Jelaskan pengertian dari elektron valensi


Jawaban:

Dalam ilmu kimia, elektron valensi adalah elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh

semoga membantu:))))

Jawaban:

Dalam ilmu kimia, elektron valensi adalah elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh.

semoga membantu

Penjelasan:

Dalam ikatan kovalen tunggal, kedua atom yang berikatan menyeimbangkan satu elektron valensi untuk membentuk pasangan bersama. Kehadiran elektron valensi dapat menentukan sifat kimia unsur, seperti valensinya—yang menentukan apakah dapat berikatan dengan unsur lain dan, jika dapat, seberapa cepat dan seberapa banyak ia dapat berikatan. Untuk unsur golongan utama, elektron valensi hanya dapat ada di kelopak elektron terluar; pada logam transisi, elektron valensi dapat juga berada di kelopak dalam.


11. pengertian energi ionisasi dan elektron valensi


energi ionisasi adalah energi yang di perlukan untuk melepas kulit terluar atau elektron valensi paling luar dari suatu atom
elektron valensi adalah elektron-elekron sebuah atom yang dapat ikut membentuk ikatan kimia dengan atom lainnya. 
energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk mengeluarkan elektron dari tiap mol spesies dalam keadaan gas
elektron valensi adalah elektron-elektron sebuah atom yang dapat ikut membentuk ikatan kimia dngan atom lainnya

12. Jelaska pengertian dan persamaan antara golongan dan elektron valensi


Dalam ilmu kimia, elektron valensi adalah elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh. Dalam ikatan kovalentunggal, kedua atom yang berikatan menymbangkan satu elektron valensi untuk membentuk pasangan bersama. Kehadiran elektron valensi dapat menentukan sifat kimiaunsur, seperti valensinya—yang menentukan apakah dapat berikatan dengan unsur lain dan, jika dapat, seberapa cepat dan seberapa banyak ia dapat berikatan. Untuk unsur golongan utama, elektron valensi hanya dapat ada di kelopak elektron terluar; pada logam transisi, elektron valensi dapat juga berada di kelopak dalam.

Sebuah atom dengan kelopak elektron valensi tertutup (sesuai dengan konfigurasi elektrons2p6) cenderung bersifat lembam secara kimia. Atom dengan satu atau dua elektron valensi lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk kelopak "tertutup" sangat reaktif karena alasan berikut:

ia memerlukan energi yang relatif rendah (dibandingkan energi kisi (en)) untuk menghilangkan elektron valensi membentuk ion positif.

karena kecenderungannya untuk mendapatkan maupun menghilangkan elektron valensi (sehingga membentuk ion negatif), atau untuk berbagi elektron valensi (membentuk ikatan kovalen).

Serupa dengan elektron pada kelopak bagian dalam, elektron valensi memiliki kemampuan untuk menyerap maupun melepaskan energi dalam bentuk foton. Penyerapan energi dapat memicu elektron untuk berpindah (melompat) ke kelopak yang lebih luar; hal ini dikenal sebagai eksitasi atom. Atau elektron dapat terlepas dari kelopak valensinya meninggalkan atom; ini yang disebut sebagai ionisasi membentuk ion positif. Ketika elektron kehilangan energinya (yang menyebabkan emisi foton), ia dapat berpindah ke kelopak bagian dalam yang belum terisi penuh.

Tingkat energi valensi sesuai dengan bilangan kuantum utama (n = 1, 2, 3, 4, 5, ...) atau diberi label alfabetis dengan huruf yang digunakan dalam notasi sinar-X (K, L, M, ...).



13. jelaskan pengertian ikatan kovalen , valensi, dan konfigurasi elektron


Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian pasangan elektron secara bersama oleh 2 atom yang Berikatan.

elektron valensi adalah
elektron-elekron sebuah atom yang dapat ikut membentuk ikatan kimia dengan atom lainnya.

elektron valensi adalah
elektron-elekron sebuah atom yang dapat ikut membentuk ikatan kimia dengan atom lainnya.

Konfigurasi elektron adalah susunan elektron suatu atom berdasarkan kulit-kulit atom tersebut.

Semoga Membantu

14. pengertian dan cara menghitung/menentukan konvigurasi elektron dan elektron valensi! berikan contohnya!


contohnya 8O= 1s2 2s2 2p4
evnya adalah jumlah elektron dr kulit dan sub-kulit terluar dimulai dari sub kulis s yaitu 6konvigurasi elektron yt jumlah sub kulit. elektron valensi ditentukan dengan jumlah kulit terluar. misal x nomor atomnya 5 konv elk : 2 , 3 . E V : 3

15. Kulit valensi dan jumlah elektron valensi yang terdapat pada atom 23v adalah a. kulit valensi 3d dan jumlah elektron valensi 3 b. kulit valensi 3d dan jumlah elektron valensi 5 c. kulit valensi 3d, 4s dan jumlah elektron valensi 3 d. kulit valensi 3d, 4s dan jumlah elektron valensi 5 e. kulit valensi 3d, 4s dan jumlah elektron valensi 7


Jawaban:

₂₃V = 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁶ 4s² 3d³

kulit valensi = 4s, 3d

jumlah elektron valensi = 2 + 3 = 5

(D)

Penjelasan:

Konfigurasi Elektron Subkulit

Penyusunan elektron pada subkulit atom disebut dengan konfigurasi elektron. Terdapat tiga aturan yang digunakan dalam penulisan konfigurasi elektron yaitu prinsip Aufbau, asas larangan Pauli, dan kaidah Hund.

1. Prinsip Aufbau

Berdasarkan aturan Aufbau, pengisian elektron dimulai dari sub kulit yang memiliki tingkat energi rendah menuju tingkat energi yang tinggi.  

1s < 2s < 2p < 3s < 3p < 4s < 3d < 4p < 5s < 4d < 5p < 6s < 4f < 5d < 6p < 7s < 5f < 6d < 7p

2. Kaidah Hund

Pengisisan elektron dalam orbital cenderung untuk tidak berpasangan lebih dahulu, kemudian apabila tidak ada lagi orbital yang kosong maka barulah elektron akan berpasangan.

3. Larangan Pauli

Bahwa dalam satu atom maka tidak diperbolehkan terdapat dua elektron yang memiliki empat bilangan kuantum yang sama.  

Pelajari lebih lanjut materi Konfigurasi elektron berdasarkan subkulit https://brainly.co.id/tugas/10303795, https://brainly.co.id/tugas/1120600#

#BelajarBersamaBrainly


16. Besi dengan nomor atom 26 mempunyai kulit valensi dan elektron valensi berturut-turut... A. Kulit valensi 3d, elektron valensi 6 B. Kulit valensi 4p, elektron valensi 5 C. Kulit valensi 4s, elektron valensi 2 D. Kulit valensi 4s dan 3d , elektron valensi 8 E. Kulit valensi 4s dan 4p, elektron valensi 7


nomor atom 26 = (18Ar)4s2 3d6
kulit valensi 4s dan 3d dan elektron valensi 2+6 = 8atom26= 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d6
kulit valensinya 4s dan elektron valensinya 2 (c)

semoga jawabannya benar

17. Pengertian golongan,periode,dan elektron valensi


golongan adalah lajur tegak
priode adalah lajur mendatar
elektron valensi adalah jumlah kulit elektron

18. Pengertian dari elektron valensi dan beserta contohnya?


elekton valensi adlah elektron terakhir dri suatu unsur ketika telah di konfigurasikan menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat mempermudah untuk kita menentukan letak periode dan golongan unsur tersebut dalam tabel periodik.contohnya konfigurasi elektron dari 5Br:1s2 2s2 2p1 ,n terbesarnya 2 berarti terdapat dalam periode 2 ;kulit valensi 2s & 2p,ev:2+1:3 berarti terdpat dalam golongan 3A

19. Jelaskan pengertian dan persamaan antara golongan dan elektron valensi


Dalam ilmu kimia, elektron valensi adalah elektron pada kelopak terluar yang terhubung dengan suatu atom, dan dapat berpartisipasi dalam pembentukan ikatan kimia jika kelopak terluar belum penuh.Dalam ikatan kovalentunggal, kedua atom yang berikatan menymbangkan satu elektron valensi untuk membentuk pasangan bersama. Kehadiran elektron valensi dapat menentukan sifat kimiaunsur, seperti valensinya—yang menentukan apakah dapat berikatan dengan unsur lain dan, jika dapat, seberapa cepat dan seberapa banyak ia dapat berikatan. Untuk unsur golongan utama, elektron valensi hanya dapat ada di kelopak elektron terluar; pada logam transisi, elektron valensi dapat juga berada di kelopak dalam.

Sebuah atom dengan kelopak elektron valensi tertutup (sesuai dengan konfigurasi elektrons2p6) cenderung bersifat lembam secara kimia.

Tingkat energi valensi sesuai dengan bilangan kuantum utama (n = 1, 2, 3, 4, 5, ...) atau diberi label alfabetis dengan huruf yang digunakan dalam notasi sinar-X (K, L, M, ...).



20. sebutkan atom yang elektron valensinya sama dengan elektron valensi 20Ca adalah


Nomor atom Ca = 20
Konfigurasi elektron : 1s2, 2s2, 2p6, 3s2, 2p6, 4s2
Elektron valensi : 2
Golongan : II A
Atom yg elektron valensinya sama dengan elektron valensi 20Ca yaitu 2 dan terdapat pada golongan II A pada sistem periodik adalah 4Be, 12Mg, 38Sr, 56Ba, 88Ra20Ca : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2
Kategori kimia