Pengertian Erupsi Campuran

Pengertian Erupsi Campuran

rangkuman tentang pengertian erupsi efusif,erupsi eksplosif,erupsi campuran?

1. rangkuman tentang pengertian erupsi efusif,erupsi eksplosif,erupsi campuran?


Erupsi efusif : magma keluar kepermukaan bumi berupa lelehan. Menghasilkan vulkan perisai/tameng.
Erupsi eksplosif : magma keluar kepermukaan bumi lewat letusan/meletus. Menghasilkan kaldera/vulkan corong. Contoh gunung kelud
Erupsi campuran : magma keluar secara bergantian efusif dan eksplosif. Menghasilkan bentuk vulkan kerucut atau strato. Biasanya gunung-gunung di Indonesia.

2. bahan bahan apa saja yang di keluarkan oleh erupsi eksplosif , erupsi efusif , dan erupsi campuran ?


erupsi eksplosif yaitu magma dari gunung berapi,erupsi efusif yaitu lava dan lahar panas,erupsi campuran lava bercampur pasir panas dan batu2an

3. apakah pengertian dari erupsi​


Pengikisan tanah yang disebabkan oleh penebangan hutan secara sembarangan dan banjir

Jawaban:

Erupsi adalah pelepasan magma, gas, abu, dll ke atmosfer atau ke permukaan bumi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Erupsi di definisikan sebagai letusan gunung berapi atau semburan sumber minyak dan uap panas dari dalam bumi.


4. pengertian erupsi linear, areal dan sentral


erupsi linear, tempat keluarnya magma berbentuk garis
erupsi areal. tempat keluarnya magma berbentuk lubang yg besar
erupsi sentral, tempat keluarnya magma berbentuk lubang yg kecil


5. erupsi yang terjadi karena sifat tekanan gas magma yang lemah,dengan material yang dikeluarkan berupa lelehan lava disebut...... A. erupsi efusif B. erupsi eksplosif C. erupsi campuran D. erupsi vulkanik tolong ya kak soalnya buat besok. makasih ya.


jawaban :

A. erupsi efusif

.

penjelasan.

erupsi efusis yaitu peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi tanpa di sertai ledakan karena gasnya kurang kuat.


6. Jelaskan pengertian dari erupsi dan penyebabnya


erupsi adlh peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi kemudian membentuk gunung api
erupsi linear menjadi cikal bakal terbentuknya gunung berapi
hasilnya yaitu
1.efflata=material padat yg dihasilkan gunung berapi pada saat erupsi
2.material cair yaitu lava,lahar panas dan lahar dingin

itu saja
semoga membantu

7. apa perbedaan erupsi eksplosif , efusif, dan campuran


Secara umum, erupsi di bedakan menjadi 2, yaitu Erupsi eksplosif dan Erupsi efusif. Erupsi Eksplosif adalah proses keluarnya magma, gas atau abu disertai tekanan yang sangat kuat sehingga melontarkan material padat dan gas yang berasal dari magma maupun tubuh gunung api ke angkasa. Erupsi eskplosif inilah yang terkenal sebagai letusan gunung berapi. Letusan ini terjadi akibat tekanan gas yang teramat kuat. Contoh erupsi eksplosif adalah letusan gunung krakatau, letusan gunung merapi,dll. Erupsi Efusif (Non Eksplosif) yaitu peristiwa keluarnya magma dalam bentuk lelehan lava. Erupsi elusif terjadi karena tekanan gas magmatiknya tidak seberapa kuat, sehingga magma kental dan pijar dari lubang kepundan hanya tumpah mengalir ke lereng-lereng puncak gunung itu. Contoh erupsi efusif adalah erupsi gunung semeru, erupsi gunung merapi, dll.

8. gunung api yang terjadi dari hasil erupsi campuran atara efusif dan erupsi eksplosif yang berulang kali ?


gunung api strato
.....。。

9. Jelaskan pengertian erupsi sentral


Erupsi sentral adalah  erupsi yang terjadi karena magma keluar melalui sebuah lubang  dan membentuk gunung-gunung yang letaknya terpisah.Gunung yang merupakan  hasil erupsi adalah gunung Muria dan gunung Krakatau.Berdasarkan sifatnya erupsi sentral dibagi 3 yaitu :
1.Erupsi Eksplosif  (Letusan)
2.Erupsi Efusif (Lelehan)
3.Erupsi campuran

Semoga membantu

10. pengertian vulkanik seismik abrasi erupsi​


- Erupsi adalah pelepasan magma,gas,abu ke atmosfer/kepermukaan bumi.

- Abrasi adalah pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut dan bersifat merusak.

- Vulkanik dapat diartikan segala aktivitas magma dari perut bumi mencapai lapisan yang lebih atas (permukaan bumi).

- Seismik (gempa), yaitu getaran permukaan bumi sebagai akibat tenaga tektonik atau letusan vulkanik.

Semoga membantu:)


11. apa pengertian lava, erupsi, kawah, dan gunung berapi


Lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.

Erupsi adalah fenomena keluarnya magma dari dalam bumi. Erupsi dapat dibedakan menjadi erupsi letusan (explosive erupstion) dan erupsi non-letusan (non-explosive eruption). ... Pada erupsi non-letusan, magma keluar dalam bentuk lelehan lava atau pancuran lava (lava fountain), gas atau uap air.

kawah adalah lubang di permukaan bumi tempat keluarnya magma. bisa berada di puncak gunung (pada gunungapi tipe strato), bisa di samping tubuh gunung (kawah parasiter pada gunungapi strato), bisa hanya berupa rekahan (pada gunungapi yang lavanya sangat encer (gunung Kilauwea).

Gunungapi adalah lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Material yang dierupsikan ke permukaan bumi umumnya membentuk kerucut terpancung.

12. Gunung api strato atau kerucut adalah hasil campuran dari hasil erupsi efusif dan ???


Jawaban:

hasil erupsi efusif dan erupsi eksplosif.

Penjelasan:

Gunung berapi kerucut adalah gunung merapi


13. Jelaskan pengertian dari erupsi dan penyebabnya


Erupsi linear adalah proses keluarnya magma melalui retakan, celah atau patahan yang memanjang. Tempat keluarnya magma akan terlihat seperti garis memanjang, sehingga disebut linear. Erupsi linear akan membentuk deretan gunung api. Peristiwa erupsi linear sangat berhubungan dengan aktivitas yang terjadi kamar magma (magma chamber). Kamar magma berada jauh di bawah permukaan bumi.

Kolam magma yang ada di dalam kamar magma berlapis-lapis. Magma paling pterpadat mengendap ke lapisan paling bawah kamar magma. Sementara yang masih mendekati bentuk asli bergerak bebas ke lapisan atas. Selama jutaan tahun, hanya terjadi intrusi magma (pergerakan tak sampai ke permukaan bumi) yang menghasilkan batuan beku di kamar-kamar magma.

Namun jika kamar magma mendapat tekanan yang lebih besar, akan terbentuk patahan pada lapisan kerak bumi. Patahan yang berbentuk celah-celah panjang itu mengeluarkan lelehan magma yang berbentuk lava. Celah-celah akibat erupsi linear ini juga menjadi cikal bakal barisan gunung berapi. Contohnya adalah Gunung api lakky di Pulau Eslandia yang panjangnya mencapai kurang lebih 30 km. Selain itu bisa juga dilihat pada deretan gunung api yanga da di Jawa Tengah dan Jawa Timur Indonesia.


14. pengertian erupsi linier


Erupsi linier adalah letusan yg melalui celah2 / retakan2.

Semoga membantu

15. pengertian magmnitudo,seismogram,tsunami,kawah,lava erupsi


magmnitudo adalah skala kecerahan
seismograf adalah alat pengukur gempa
tsunami adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukan laut secara vertikal dengan tiba tiba
kawah adalah depresi melingkar dipermukaan tanah yang disebabkan oleh aktifitas vulkanik
lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi1.Magnitudo atau kadang disebut skala kecerahan, skala magnitudo bermakna semakin besar angka magnitudo maka kecerahan bintang tersebut akan semakin besar. Semakin kecil nilai magnitudo maka tingkat energi yang diterima kita di Bumi akan semakin besar.

2.Seismogram atau rekaman gerakan tanah, atau grafik aktivitas gempa bumi sebagai fungsi waktu yang dihasilkan oleh seismometer. Rekaman ini dapat dipergunakan salah satunya untuk menentukan magnitudo gempa tersebut. Selain itu dari beberapa seismogram yang direkam di tempat lain, kita dapat menentukan pusat gempa atau posisi di mana gempa tersebut terjadi.

3.Tsunami (bahasa Jepang: 津波; tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar di pelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebakan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba.

4.Kawah adalah bagian puncak gunung berapi berbentuk lekukan besar yang dilewati bahan letusan

5.Lava adalah suatu cairan larutan magma yang mengalir kearah luar dan dalam perut bumi melalui kawah gunung berapi atau juga celah (patahan) yang lalu membeku menjadi batuan yang bentuknya beraneka macam.

16. jelaskan pengertian erupsi linier beserta contohnya


erupsi linier adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi melalui retakan, celah, atau patahan yang memanjang. Tempat keluarnya magma akan terlihat seperti garis panjang. Erupsi linier akan membentuk deretan gunung api, contohnya adalah deretan gunung api di jawa tengah dan jawa timur.

17. Gunung api yang memiliki jenis erupsi gabungan/campuran adalah?


gunung api strato atau kerucut yang memiliki jnis erupsi efusif dan eksploif. cntohnya gnung berapi yang berada di sumatra, jawa, bali, ntt, maluku

18. pengertian material erupsi​


Jawaban:

Wujud material letusan gung apai mencakup 3 yaitu material berwujud padat/eflata, berwujud cair dan dan berwujud gas. Berupa material letusan gunung api berwujud padat. ... Material padat hasil letusan meliputi: a) Bom, merupakan metrial padat berupa bongkahan batu-batu yang besar.


19. Jelaskan pengertian erupsi gunung berapi


Erupsi gunung berapi adalah:aktivitas magma yang terjadi melewati permukaan bumi

20. Apa pengertian dari erupsi??? [email protected]_.boo :)) terimakasih bagi yang sudah menjawab


Erupsi Adalah proses keluarnya Magma dari dalam perut bumi
erupsi dapat dibedakan menjadi erupsi letusan(prosew keluarnya magma disertai teksnan yg sangat kuat, sehingga melontarkan material padat yang berasal dari magma maupun tubuh gunung api ke angkasa) dan erupsi non letusan(magma keluar berupa lelehan atau pancuran lava, gas, atau uap air.
semoga membantu^^
Kategori geografi