Pengertian Erupsi Efusif

Pengertian Erupsi Efusif

rangkuman tentang pengertian erupsi efusif,erupsi eksplosif,erupsi campuran?

Daftar Isi

1. rangkuman tentang pengertian erupsi efusif,erupsi eksplosif,erupsi campuran?


Erupsi efusif : magma keluar kepermukaan bumi berupa lelehan. Menghasilkan vulkan perisai/tameng.
Erupsi eksplosif : magma keluar kepermukaan bumi lewat letusan/meletus. Menghasilkan kaldera/vulkan corong. Contoh gunung kelud
Erupsi campuran : magma keluar secara bergantian efusif dan eksplosif. Menghasilkan bentuk vulkan kerucut atau strato. Biasanya gunung-gunung di Indonesia.

2. apa perbedaan antara erupsi efusif dan erupsi ekslosif


erupsi efusif adalah erupsi atau letusan yang tidak menimbulkan ledakan, karena tekanan gas kurang kuat, sedangkan erupsi eksplosif adalah erupsi atau letusan yang menyebabkan ledakan akibat tekanan gas magmatis yang sangat kuat

3. Jelaskan perbedaan antara erupsi eksplosif dengan erupsi efusif


Erupsi Eksplosif, yaitu erupsi berupa ledakan yang memuntahkan bahan-bahan piroklastik di samping leleran lava. Terjadi jika sifat magma kental dengan kandungan gas yang tinggi sehingga tekanannya kuat. (Ledakan)

Erupsi Efusif, yaitu erupsi berupa leleran lava melalui retakan-retakan. Terjadi jika sifat magma encer dan kandungan gas relatif sedikit. (Leleran)

Semoga membantu

4. ciri ciri erupsi efusif


erupsi efusif, ditandai oleh desakan magma yang membentuk kubah baru lalu diikuti guguran/ luncuran lava disertai awan panas.

5. jelaskan perbedaan erupsi eksplosif dengan erupsi efusif


Jawaban:

Erupsi Eksplosif adalah letusan gunung api yang menyemburkan material vulkanik ke udara, baik itu berupa lava pijar, batu kerikil, sampai pasir dan debu vulkanik. Erupsi Efusif adalah letusan gunung api yang terjadi secara perlahan dalam mengeluarkan meterial vulkanik dari perut bumi.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU:)

☆Tolong beri JAWABAN TERBAIK


6. Berdasarkan sifat erupsi dan material yang keluar, pernyataan yang benar dari bentuk gunung api di atas adalah….Select one:a. Maar terjadi karena peristiwa erupsi efusif dan eksplosifb. Perisai terjadi karena peristiwa erupsi eksplosif yang terjadi terus-menerusc. Strato terjadi karena peristiwa erupsi efusif dan dapur magma yang dalamd. Perisai terjadi karena peristiwa erupsi efusif, dengan lava yang encere. Maar terjadi karena peristiwa erupsi efusif, dengan lava yang kental​


Jawaban:

Berdasarkan sifat erupsi dan material yang keluar, pernyataan yang benar dari bentuk gunung api seperti pada gambar adalah (D). Perisai, terjadi karena peristiwa erupsi efusif dengan lava yang encer. Gunung api perisai terbentuk dari erupsi yang bersifat lelehan atau erupsi efusif.

Penjelasan:

Erupsi adalah peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi. Tipe erupsi dapat mempengaruhi bentuk gunung api nya, yaitu :

Gunung api Maar terbentuk dari erupsi eksplosif (ledakan)Gunung api Perisai terbentuk dari erupsi efusif (lelehan)Gunung api Strato terbentuk dari erupsi campuran (eksplosif + efusif).

Pelajari lebih lanjut tentang materi material erupsi gunung api, pada https://brainly.co.id/tugas/27072880

#BelajarBersamaBrainly


7. Jelaskan perbedaan erupsi efusif dan erufsi eksplosif?


Erupsi Eksplosif adalah letusan gunung api yang menyemburkan material vulkanik ke udara, baik itu berupa lava pijar, batu kerikil, sampai pasir dan debu vulkanik.

Erupsi Efusif adalah letusan gunung api yang terjadi secara perlahan dalam mengeluarkan meterial vulkanik dari perut bumi. Erupsi eksplosif yaitu bila magma yang keluar ke permukaan bumi secara eksplosif atau berupa letusan sedangkan efusif adalah dimana magma yang keluar dari permukaan bumi berupa lelehan.

8. erupsi efusif menyebabkan bentuk gunung


erupsi efusif menyebabkan bentuk gunung seperti perisai

9. apa perbedaan erupsi eksplosif , efusif, dan campuran


Secara umum, erupsi di bedakan menjadi 2, yaitu Erupsi eksplosif dan Erupsi efusif. Erupsi Eksplosif adalah proses keluarnya magma, gas atau abu disertai tekanan yang sangat kuat sehingga melontarkan material padat dan gas yang berasal dari magma maupun tubuh gunung api ke angkasa. Erupsi eskplosif inilah yang terkenal sebagai letusan gunung berapi. Letusan ini terjadi akibat tekanan gas yang teramat kuat. Contoh erupsi eksplosif adalah letusan gunung krakatau, letusan gunung merapi,dll. Erupsi Efusif (Non Eksplosif) yaitu peristiwa keluarnya magma dalam bentuk lelehan lava. Erupsi elusif terjadi karena tekanan gas magmatiknya tidak seberapa kuat, sehingga magma kental dan pijar dari lubang kepundan hanya tumpah mengalir ke lereng-lereng puncak gunung itu. Contoh erupsi efusif adalah erupsi gunung semeru, erupsi gunung merapi, dll.

10. bahan bahan apa saja yang di keluarkan oleh erupsi eksplosif , erupsi efusif , dan erupsi campuran ?


erupsi eksplosif yaitu magma dari gunung berapi,erupsi efusif yaitu lava dan lahar panas,erupsi campuran lava bercampur pasir panas dan batu2an

11. jelaskan perbedaan erupsi efusif dan erufsi ekslosif


Erupsi letusan atau eksplosif

Erupsi eksplosif atau erupsi letusan ini merupakan erupsi yang terjadi apabila letak dapur magma yang dalam, kemudian terdapat volume gas yang besar, dan juga magma yang bersifat masam. Erupsi jenis ini akan memuntahkan isi Bumi yang terdiri dari piroklastik yang mengandung kandungan S1O2  tinggi yang berupa bongkah, bom, lapili, pasir, debu, dan juga abu. Bentuk volkan yang akan dihasilkan adalah sharp dan cone.

Erupsi lelehan atau effusif

Erupsi efusif atau lelehan merupakan erupsi yang terjadi karena letak dapur magma yang dangkal, wolume gas yang kecil, dan juga magma yang bersifat basa. Material yang akan dikeluarkan dari erupsi ini adalah lava yang mengandung S1O2 yang rendah. Bentuk volkan yang akan dihasilkan berbentuk rounded cone.

Erupsi efusif yaitu dimana magma yang keluar dari bumi berupa lelehan. Erupsi ekslosif bila magma yang keluar ke permukaan bumi secara eksplosif atau berupa letusan

12. efusif yaitu proses erupsi berupa​


Efusif yaitu proses erupsi yang berupa lelehan magma tanpa mengeluarkan ledakan


13. Jelaskan perbedaan antara erupsi eksplosif dan erupsi efusif!


Erupsi eksplosif adalah letusan gunung api yang menyemburkan material vulkanik ke udara, baik itu berupa lava pijar, batu kerikil, sampai pasir dan debu vulkanik.

Erupsi efusif adalah letusan gunung api yang terjadi secara perlahan dalam mengeluarkan material vulkanik dari perut bumi.

14. apa yang dimaksud dengan erupsi efusif?


Erupsi efusif adalah peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi yang tidak disertai dengan terjadinya ledakan karena gasnya kurang kuat. Jenis material yang dikeluarkan oleh erupsi efusif adalah material cair (lava) dengan sedikit material padat dengan ukuran kecil.

15. gunung yang terbentuk dari erupsi efusif atau cair akan terbentuk


gunung tipe hawaiian

16. Jelaskan yang di maksud dengan erupsi eksplosif dan erupsi efusif


Jawaban:

Yang di maksud dengan erupsi eksplosif dan erupsi efusif adalah sebagai berikut :

Erupsi Eksplosif adalah erupsi dari gunung api dengan disertai ledakan.Erupsi Efusif adalah erupsi dari gunung api tanpa disertai ledakan.Penjelasan:

Halo, BrainlyLovers!

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah kajian dari pelajaran geografi dengan tema erupsi dari gunung berapi.

Erupsi merupakan sebuah peristiwa keluarnya magma dari perut bumi. Tempat keluarnya perut bumi biasanya akan menjadi gunung api. Terdapat beberapa jenis erupsi yang kita ketahui yaitu erupsi eksplosif dan erupsi efusif.Erupsi eksplosif merupakan peristiwa keluarnya magma keluar lapisan bumi dengan disertai ledakan. Ledakan ini terjadi karena adanya tekanan yang kuat dari dalam perut bumi. Gunung yang mempunyai tipe eksplosif contohnya adalah gunung Merapi di Yogyakarta, gunung Agung di Bali, gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan masih banyak lagi. Bahkan kebanyakan gunung api yang ada di Indonesia bertipe Eksplosif. Bahkan karena terlalu kuatnya hingga menimbulkan bencana internasional seperti Gunung Tambora dan KrakatauErupsi efusif merupakan peristiwa keluarnya magma dengan tanpa disertai ledakan. Erupsi efusif disebut juga dengan lelehan. Tidak adanya ledakan ini dikarenakan tidak adanya tekanan yang besar dan letak dapur magmanya dangkal. Contoh dari gunung api tipe ini adalah gunung Kilauea di Hawaii.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang erupsi dan semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa jadikan sebagai jawaban yang terbaik.

Pelajari Lebih LanjutKajian tentang danau tapal kuda bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/5038022Kajian tentang siklus hidrologi bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/9553606Kajian tentang pengaruh tingkat kelembaban tanah terhadap daya infiltrasi bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/9785522Detail jawaban  

Kelas : 10

Mapel : Geografi

Bab 4 : Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Kode : 10.8.2004  

Kata Kunci : Erupsi, Erupsi Eksplosif, Erupsi Efusif

#optitimcompetition


17. Apa yg di maksud dengan erupsi efusif


erupsi efusif (lelehan)

18. jelaskan tentang erupsi eksplosif dan efusif


Erupsi Efusif (Lelehan) adalah peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi yang tidak disertai dengan terjadinya ledakan karena gasnya kurang kuat.


Erupsi eksplosif atau erupsi letusan ini merupakan erupsi yang terjadi apabila letak dapur magma yang dalam, kemudian terdapat volume gas yang besar, dan juga magma yang bersifat masam. Erupsi jenis ini akan memuntahkan isi Bumi yang terdiri dari piroklastik yang mengandung kandungan S1O2  tinggi yang berupa bongkah, bom, lapili, pasir, debu, dan juga abu. Bentuk volkan yang akan dihasilkan adalah sharp dan cone.

maaf klo salah

19. Perbedaan tipe erupsi efusif dan eksplosif


Erupsi Eksplosif adalah letusan gunung api yang menyemburkan material vulkanik ke udara, baik itu berupa lava pijar, batu kerikil, sampai pasir dan debu vulkanik.

Erupsi Efusif adalah letusan gunung api yang terjadi secara perlahan dalam mengeluarkan meterial vulkanik dari perut bumi. 

20. ciri ciri erupsi efusif


Erupsi gunung secara perlahan/melalui lelehan
erupsi gunung secara perlahan / melalui lelehan
maaf klu slh
Kategori geografi