Pengertian Forecasting

Pengertian Forecasting

pengertian dan penjelasan forecasting dan bagaimana hubungan forecasting dengan perencanaan​

1. pengertian dan penjelasan forecasting dan bagaimana hubungan forecasting dengan perencanaan​


Penjelasan:

teknik dari analisa perhitungan yang dilakukan dengan sebuah pendekatan kualitatif maupun kuantitatif untuk bisa memperkirakan kejadian dimasa depan dengan menggunakan referensi data-data di masa lalu.


2. Jelaskan pengertian business forecasting!


Business forecasting didefinisikan sebagai suatu metode yang digunakan untuk memprediksi keberlangsungan bisnis di masa depan dengan menggunakan data yang sudah dirangkum sebelumnnya. Tujuan dari adanya metode ini yakni untuk memprediksi seberapa jauh suatu proyek dapat berkembang di pasar yang akan dimasuki.

Pembahasan

Business forecasting didefinisikan sebagai suatu metode yang digunakan untuk memprediksi keberlangsungan bisnis di masa depan dengan menggunakan data yang sudah dirangkum sebelumnnya. Tujuan dari adanya metode ini yakni untuk memprediksi seberapa jauh suatu proyek dapat berkembang di pasar yang akan dimasuki. Business forecasting sangat lah penting didunia bisnis dikarenakan dapat membantu manajemen dalam menggambarkan secara umu hal-hal yang dapat diprediksi di masa depan. Dengan adanya metode ini dapat menentukan arah yang lebih baik agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi metode forecasting, diantaranya:

Sifat produk.Metode distribusi.Persaingan di dalam pasar.Data historis.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang business forecasting https://brainly.co.id/tugas/15745628

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


3. Apa itu Forecasting ?


Jawaban:

Forecasting atau perkiraan adalah kegiatan yang bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi segala hal yang terkait dengan produksi, penawaran, permintaan ,dan penggunaan teknologi dalam sebuah industri atau usaha.

Penjelasan:

Semoga Membantu☺

Jawaban:

Forecasting adalah kegiatan memperkirakan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang dengan waktu yang relatif lama.

Penjelasan:

semoga membantu


4. Jelaskan perbedaan estimasi dan forecasting


Jawaban:

Prediksi adalah penggunaan fungsi regresi sampel untuk memperkirakan nilai untuk variabel dependen yang dikondisikan pada beberapa nilai yang tidak teramati dari variabel independen. Estimasi adalah proses atau teknik penghitungan parameter atau jumlah populasi yang tidak diketahui.

Penjelasan:

Jawaban:

Estimasi adalah proses atau teknik penghitungan parameter atau jumlah populasi yang tidak diketahui.

Forecasting atau perkiraan adalah kegiatan yang bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi segala hal yang terkait dengan produksi, penawaran, permintaan ,dan penggunaan teknologi dalam sebuah industri atau usaha.


5. Jelaskan perbedaan estimasi dan forecasting


Estimasi adalah proses atau teknik penghitungan parameter sebagai jumlah populasi yang tidak diketahui. Forecasting adalah kegiatan yang bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi segala hal yang terkait dengan produksi, penawaran, permintaan dan penggunaan teknologi dalam sebuah industri atau usaha.

Pembahasan

Prediksi adalah penggunaan fungsi regresi sampel untuk memperkirakan nilai untuk variabel dependen yang dikondisikan pada  nilai-nilai  yang tidak teramati dari variabel independen. Estimasi adalah proses atau teknik penghitungan parameter atau jumlah populasi yang tidak diketahui yang kurang mendasar.

Contohnya adalah Saat kita melakukan sebuah kegiatan yang membutuhkan anggaran dana. Proyek yang di kerjakan dengan batasan waktu tertentu.

Dalam hal itu rencana perkiraan atau estimasi, menjadi tolak ukur dan gambaran umum dana atau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Forecasting adalah suatu teknik analisa perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ataupun kuantitatif untuk melakukan perkiraan peristiwa pada masa depan dengan penggunaan referensi data data pada masa lalu.

Contohnya adalah peramalan dalam keterkaitannya dengan merencanakan pembelian material, membuat jadwal kerja dan menugaskan karyawan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang perlunya forecasting https://brainly.co.id/tugas/15745628Materi tentang teknik strategi pemasaran https://brainly.co.id/tugas/2835495Materi tentang manfaat strategi pemasaran https://brainly.co.id/tugas/1750876Detail jawaban

Kelas : 11 SMA

Mapel : Wirausaha

Materi : Tekni pemasaran

Kode : 11.2.7

#AyoBelajar#SPJ2


6. Apa bedanya spekulasi dan forecasting?​


Jawaban:

Spekulasi adalah memiliki risiko yang lebih tinggi. Sementara itu, investasi memiliki risiko yang lebih rendah. Pada dasarnya, setiap tindakan seseorang untuk menghabiskan uang dengan harapan usahanya akan mendatangkan laba, mereka berinvestasi.


7. Apa perbedaan antara demand forecasting dengan demand management


Penjelasan:

demand planning adalah REACTIVE, sementara demand management adalah PROACTIVE terhadap permintaan pelanggan.


8. mengapa perusahaan harus melakukan forecasting


Mengapa perusahaan harus melakukan forecasting, forecasting dapat diartikan sebagai memprediksi atau memperkirakan bagaimana kelangsungan usahanya di masa depan. Teknik forecasting merupakan hal yang wajib dilakukan, namun melakukan forecasting juga tidak bisa dilakukan sembarangan, kegiatan forecasting harus dilakukan dengan dasar data yang kuat.

Beberapa jenis forecasting dapat dibagi berdasarkan jangka waktu dari forecasting itu sendiri, yaitu forecasting jangka pendek, forecasting jangka menengah dan yang terakhir adalah jangka panjang.

Dengan forecasting ada beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain adalah untuk mengevaluasi suatu aturan atau keputusan perusahaan yang sudah diambil.

Demikian pembahasan mengenai perlunya adanya forecasting, diharapkan setelah melakukan forecasting perusahaan dapat mendapatkan gambaran bagaimana atau langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai target perusahaan.

Untuk membaca materi lebih lanjut tentang forecasting dapat dibaca pada link berikut

Kelemahan dan kelebihan forecasting brainly.co.id/tugas/8979451

Detil tambahan
Kelas : 3 SMP
Materi : Tujuan forecasting
Kata kunci : Forecasting, tujuan forecasting


9. Apakah bisa sebuah perusahaan hanya memilih salah satu dari teknik pengukuran forecasting?


Jawaban:

tidak

Penjelasan:

tidak mungkin jika dengan satu teknik

maap jika salah。◕‿◕。


10. Kelebihan metode forecasting menggunakan tren?


kelebihannya yaitu metode ini dapat meramalkan suatu kejadian.

Misalnya

Ada pembangunan jalan raya dari sabang sampai Makasar

Maka dengan metode ini kita dapat meramalkan banyaknya bahan, pekerja dan lama pembuatannya.

Mapel : Akuntansi
Kelas : 10
Materi : Metode Forecasting

Kode Kategorisasi : [ Kelas 10 Akuntansi (SMA) Mtode Forecasting ]

11. Apa kegunaan dari forecasting budget dan contohnya​


Forecasting atau perkiraan adalah kegiatan yang bertujuan untuk meramalkan atau memprediksi segala hal yang terkait dengan produksi, penawaran, permintaan ,dan penggunaan teknologi dalam sebuah industri atau usaha.

contoh:

Jenis-jenis Perkiraan (Forecasting)a. Perkiraan Berdasarkan Waktu Berdasarkan waktu, perkiraan atau forecasting dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu (Herjanto, 2008:78):– Perkiraan jangka panjang, mencakup waktu lebih dari 18 Bulan. Misalnya, perkiraan yang diperlukan dalam kaitannya dengan penanaman modal, perencanaan fasilitas, dan perencanaan untuk kegiatan litbang (penelitaian dan pengembangan).– Perkiraan jangka menengah, mencakup waktu antara 3-18 Bulan. Misalnya, perkiraan perencanaan penjualan, perencanaan produksi, dan perencanaan tenaga kerja tidak tetap.– Perkiraan jangka pendekMencakup jangka waktu kurang dari 3 Bulan. Misalnya, perkiraan yang berhubungan dengan perencanaan pembelian material, penjadwalan kerja, dan penugasan karyawan

maap kalo salah :V


12. Jelaskan perbedaan forecasting dan klasifikasi​


Jawaban:

Forecasting Adalah Suatu Metode Dimana Kita Dapat Memperkirakan Nilai Dari Suatu Populasi Dengan Menggunakan Nilai Dari Sambel.

Sedangkan,Klasifikasi Adalah Metode Penganalisaan Data Yang Sering Dimasukkan Sebagai Salah Satu Metode Data Mining.


13. perbedaan forecasting​


Penjelasan:

FORECASTING

Pengertian Peramalan (Forecasting)

Peramalan (Bahasa Inggris = Forecasting) adalah suatu teknik analisa perhitungan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif untuk memperkirakan kejadian dimasa depan dengan menggunakan referensi data-data di masa lalu. Peramalan bertujuan untuk memperkirakan prospek ekonomi dan kegiatan usaha serta pengaruh lingkungan terhadap prospek tersebut.

•MAAF KALO SALAH

•JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YA GUYS


14. apa yang dimaksud dengan forecasting​


Jawaban:

forecasting adalah metode untuk memperkirakan informasi yang bersifat prediktif dalam menentukan arah di masa depan dengan menggunakan data historis sebagai acuan

Jawaban:

forecasting atau peramalan merupakan metode untuk memperkirakan informasi yang bersifat prediktif dalam menentukan arah di masa depan dengan menggunakan data historis sebagai acuan


15. untuk apa forecasting budget dibuat?


Fungsi perkiraan atau forecasting terlihat pada saat pengambilan keputusan. Keputusan yang baik adalah keputusan yang didasarkan atas pertimbangan apa yang akan terjadi pada waktu keputusan itu dilaksanakan (Ginting, 2007). Menurut Heizer dan Render (2009:47), perkiraan atau forecasting memiliki tujuan sebagai berikut:

a. Mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan di masa lalu, serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang.

b. Perkiraan diperlukan karena adanya time lag atau delay antara saat suatu kebijakan perusahaan ditetapkan dengan saat implementasi.

c. Perkiraan merupakan dasar penyusunan bisnis pada suatu perusahaan sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.

Forecasting budget adalah budget yang berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang, serta berisi taksiran-taksiran tentang keadaan atau posisi financial perusahaan pada suatu saat yang akan datang.

Fungsi atau Tujuannya Adalah :
a. Mengkaji kebijakan perusahaan yang berlaku saat ini dan di masa lalu, serta melihat sejauh mana pengaruh di masa datang.

b. Perkiraan diperlukan karena adanya time lag atau delay antara saat suatu kebijakan perusahaan ditetapkan dengan saat implementasi.

c. Perkiraan merupakan dasar penyusunan bisnis pada suatu perusahaan sehingga dapat meningkatkan efektivitas suatu rencana bisnis.


16. Apakah bisa sebuah perusahaan hanya memilih salah satu dari teknik pengukuran forecasting?


jawaban:

semangat untuk menjadi pemenang semakin banyak ditemui dalam bahasa Arab


17. Sebutkan ada berapa forecasting metode kulitatif​


Jawaban:

Metode Forecasting Kuantitatif

Berikut merupakan beberapa metode peramalan yang sering digunakan. Adapun yang berikut merupakan kelompok metode peramalan kuantitatif:

1. Time Series

Metode time series atau deret waktu merupakan metode peramalan yang menghubungkan keterkaitan antara variabel dependen (variabel yang dicari) dengan variabel independen atau variabel yang mempengaruhinya kemudian dihubungkan dengan waktu, mingguan, bulan atau tahun. Jadi di dalam metode deret waktu, variabel yang dicari berupa waktu. Untuk menggunakan metode peramalan ini, Anda dapat menghitungnya menggunakan metode smoothing, metode box jenkins, atau metode proyeksi trend dengan regresi.

2. Metode Kasual (Sebab Akibat)

Metode peramalan kuantitatif yang kedua yaitu metode kasual (casual methods) atau metode sebab akibat. Metode ini didasarkan pada keterkaitan antara variabel yang diperkirakan dengan variabel lain yang mempengaruhinya. Namun, variabel nya bukan dalam bentuk waktu. Untuk menghitung atau meramalnya, Anda dapat menggunakan metode regresi dan korelase, metode input output, atau metode ekonometri

Penjelasan:

semoga membantu


18. Bagaimana hubungan forecasting dengan perencanaan?


hubungan meramalan dengan perencanaan itu saling berhubungan karna meramalkan dan merencanakan kegiatan

19. perlu atau tidak forecasting budget bagi perusahaan atau organisasi​


Jawaban:

perlu

Penjelasan:

Untuk mencapai tujuannya, sebuah bisnis harus merencanakan dan menerapkan strateginya dengan cara yang terukur. Bisnis harus menentukan apakah suatu proyek layak secara finansial, kemudian mengaitkan tujuan perusahaan dengan sumber daya yang tersedia.


20. kelemahan dan kelebihan forecasting?


Menurut Alan Greenspan, Mantan gubernur The Fed, forecasting terutama dalam hal ekonomi dilakukan atas dasar istilah "Animal Spirit"..
Jadi istilah ini berisi beberapa kebiasaan manusia dalam melakukan forecasting yang berdasar pada self-interest
berikut contoh kebiasaan manusia yg dijabarkan Greenspan:
1. Fear and Euphoria
2. Risk Aversion
3. Time Preference
4. Herd Behavior
5. Inertia
6. Dependency
7. The Interaction
8. Home Bias
9. Competition
10. Code of Values
11. Optimism
12. Bias to Value relatives
13. Self-Interest
14. Self - Esteem

14 hal diatas itu sangat mempengaruhi forecast seseorang utk masa yang akan datang. Menurut Greenspan, jika perilaku-perilaku diatas tidak diimbangi dengan pemikiran yang rasional, maka akan menyebabkan hal negatif. Karena kebiasaan diatas cenderung membuat manusia melakukan forecasting yang salah dan memalsukan keadaan yang sebenarnya..
Oleh sebab itu, forecasting sendiri memiliki banyak kelemahan yang disebabkan oleh 14 perilaku tsb, seperti contohnya forecasting yang memihak pihak tertentu (bias) atau adanya dugaan sendiri tanpa disertakan bukti (self-esteem), dan lain lain..
namun kelebihannya, dengan adanya forecasting yang tepat, manusia dapat menentukan "choice and judgement" mereka dengan baik untuk masa yang akan datang.

Buku referensi:
Greenspan, Alan. 2013. The Map and The Territory 2.0 : Risk, Human Nature and The Future of Forecasting. Penguin: London
Kategori ekonomi