Pengertian Fundamentalisme

Pengertian Fundamentalisme

pengertian fundamentalisme

1. pengertian fundamentalisme


Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental).Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas.

2. apa itu fundamentalisme


Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental).Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Karenanya, kelompok-kelompok yang mengikuti paham ini seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri. Mereka menganggap diri sendiri lebih murni dan dengan demikian juga lebih benar daripada lawan-lawan mereka yang iman atau ajaran agamanya telah "tercemar".Kelompok fundamentalis mengajak seluruh masyarakat luas agar taat terhadap teks-teks Kitab Suci yang otentik dan tanpa kesalahan. Mereka juga mencoba meraih kekuasaan politik demi mendesakkan kejayaan kembali ke tradisi mereka.

3. kata lain dari fundamentalisme


Kata “fundamental” bisa diartikan sebagai nilai-nilai religus yang melekat pada doktrin utama. 
Fundamentalisme secara resmi lahir di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, oleh orang-orang Kristen Konservatif— seperti John Nelson Darby, Dwight L. Moody, B. B. Warfield, Billy Sunday, dan lainnya—yang sangat prihatin melihat nilai-nilai moral yang sedang memudar karena disebabkan modernisme.
Modernisme sendiri adalah sebuah paham yang percaya kalau umat manusia (bukannya Allah) yang menciptakan, memajukan, dan mengembangkan lingkungan sekitar mereka dengan bantuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan eksperimen.

4. Sebutkan contoh kasus fundamentalisme di Indonesia!


Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Karenanya, kelompok-kelompok yang mengikuti paham ini seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri.

Mereka menganggap diri sendiri lebih murni dan dengan demikian juga lebih benar daripada lawan-lawan mereka yang iman atau ajaran agamanya telah "tercemar". Menurut kamus Oxford, fundamentalisme berarti taat terhadap ajaran tradisional ortodoks. Pada awalnya fundamentalisme merupakan sebuah gerakan konservatif di kalangan Protestan (Amerika) yang menolak liberalisme (dalam teologi) dan modernisme.

Contoh Kasusnya Adalah:

Fundamentalisme PasarDan Fundamentalisme Agama

Semoga Membantu

5. contoh kasus Fundamentalisme dan radikalisme


Tragedi Norwegia (22 Juni 2011)Penembakan membabi-buta terhadap ratusan orang di Utoeya, Norwegia

Tragedi Bom Mariot (5 Agustus 2003)Pada 5 Agustus 2003, terjadi tragedi kemanusiaan dengan pengeboman di hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta.

6. mengapa fundamentalisme agama bisa membahayakan hidup bernegara?​


Jawaban:

karena tidak aman bagi negara


7. peristiwa yang berkaitan dengan fundamentalisme


Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Karenanya, kelompok-kelompok yang mengikuti paham ini seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri. Mereka menganggap diri sendiri lebih murni dan dengan demikian juga lebih benar daripada lawan-lawan mereka yang iman atau ajaran agamanya telah "tercemar".Kelompok fundamentalis mengajak seluruh masyarakat luas agar taat terhadap teks-teks Kitab Suci yang otentik dan tanpa kesalahan. Mereka juga mencoba meraih kekuasaan politik demi mendesakkan kejayaan kembali ke tradisi mereka.

8. negara yang menganut ideologi fundamentalisme


- Arab Saudi , islam
- Vatikan , Kristen
- Tibet, Budha
- India, Hindu
- Jepang, Shinto
- cina, Taoisme dan Kong hu chu
- Israel, Yahudi

9. perbedaan Teokrasi dan Fundamentalisme?


tulislah ayat al-qur'an yg menjelaskan anjuran utk berinfak.

10. Jelaskan pengertian dari :a. Fundamentalisme, b. Radikalisme,c. Terorime,d. Patriotisme,e. Nasionalisme,f. Chauvinisme,d. Sukuisme.


Kelas : 11
Pelajaran : PPKn
Kategori : Pengertian Paham-paham

1. Fundamentalisme adalah : suatu aliran atau paham yang bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk meyakini asas-asas fundamental atau taat thd suatu Kitab otentik dan memandang kesalahan tertentu.

2. Radikalisme adalah : suatu aliran atau paham yang yakin bahwa jika suatu wilayah ingin mengalami perubahan besar thd wilayah tsb maka mereka harus melakukan perubahan thd keadaan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau radikal.

3. Terorisme adalah : suatu aliran atau paham yang melawan hukum serta mengandung ancaman berupa teror thd suatu kelompok atau ras tertentu yang ingin menciptakan ketakutan kpd mereka ataupun pemerintah dengan tujuan politik, agama, idiologi, dll.

4. Patriotisme adalah : sikap dan perilaku bela negara seperti pantang menyerah, rela berkorban, dan berani untuk menolak paham-paham yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan suatu negara.

5. Nasionalisme adalah : suatu sikap politik bangsa memiliki kesamaan cita-cita dan tujuan dalam menciptakan serta mempertahankan kedaulatan negaranya.

6. Chauvinisme adalah : kesetiaan dan kepercayaan seseorang thd keyakinan yang dimilikinya tanpa memandang paham-paham lain sebagai alternatif.

7. Sukuisme adalah : suatu aliran atau paham yang memandang secara berlebihan bahwa ras atau sku yang dianutnya lebih baik dibanding suku atau ras lainnya.

11. Apa perbedaan fundamentalisme agama dengan moderasi agama


Penjelasan:

Fundamentalisme merupakan paham dan gerakan dalam agama yang berupaya kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas agama. Sedangkan Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara,


12. apa artinya berfundamentalisme agama​


Jawaban:

Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas (fundamental). Karenanya, kelompok-kelompok yang mengikuti paham ini seringkali berbenturan dengan kelompok-kelompok lain bahkan yang ada di lingkungan agamanya sendiri. Mereka menganggap diri sendiri lebih murni dan dengan demikian juga lebih benar daripada lawan-lawan mereka yang iman atau ajaran agamanya telah "tercemar".Kelompok fundamentalis mengajak seluruh masyarakat luas agar taat terhadap teks-teks Kitab Suci yang otentik dan tanpa kesalahan. Mereka juga mencoba meraih kekuasaan politik demi mendesakkan kejayaan kembali ke tradisi mereka.[1]

Biasanya hal ini didasarkan pada tafsir atau interpretasi secara harfiah semua ajaran yang terkandung dalam Kitab Suci atau buku pedoman lainnya.

Maaf kalau salah : )


13. contoh fundamentalisme beragama​


Fundamentalisme keagamaan sebenarnya merupakan potret kekuasaan patriarki yang beroperasi dengan menggunakan doktrin-doktrin agama. Di antara doktrin yang mereka bangun adalah kepemimpinan laki-laki, ketaatan mutlak seorang istri pada suami, kebolehan laki-laki berpoligami. Bagi mereka yang tak sepaham, mereka seringkali melakukan klaim ‘sesat’ pada orang lain, bahkan melakukan cara-cara kekerasan seperti sweeping, penyegelan rumah ibadah, dan sebagainya.


14. Jelaskan karakteristik fundamentalisme islam


karakteristik fundamentalisme islam keyakinan terhadap kitab suci yang diturunkan allah yang digunakan sebagai pedoman kehidupan umat muslim

15. perbedaan pancasila dgn fundamentalisme


Seperti kita ketahui , pancasila adalah ideologi bangsa indonesia yang tidak memandang perbedaan adalah sebuah ancaman melainkan sebuah perbedaan yang harus kita bangun kebersamaannya . Sedangkan fundamentalisme adalah melihat perbedaan sebagai halangan dan ancaman , yang oleh karenanya muncul agresivitas untuk menghapus kebersamaan , bila perlu dengan kekerasan dan paksaan .

pancasila sebagai dasar negara atau nilai bangsa
sedangkan fundamentalis mampu menyesuaikan diri pada zaman tanpa harus ada mengubah nilai dasarnya

16. contoh kasus fundamentalisme dan fanatisme agama ?


kasus bom bunuh diri dan terorisme
kasus isis dan ajaran jihadnya
kasus perang atas nama agama seperti di israel vs arab-palestina
kasus yg sering diprovokatori oleh sejumlah ormas garis keras di dalam negeri

17. contoh contoh fundamentalisme


Istilah yang merujuk perilaku orang yang berperilaku sangat fundamental

18. contoh kasus Fundamentalisme dan radikalisme


Radikalisme : 1. kasus kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah aktivis FPI (Front Pembela Islam), salah satu paham radikalisme Islam, dalam peristiwa "1 Juni" di lapangan Monas Jakarta 2.peristiwa besar hancurnya gedung World Trade Center di New York 11 September 2001 akibat serangan teroris merupakan catatan sejarah kekerasan yang dituding berbasis agama.

Fundamentalisme :
Bom Bali I dan II, Bom Hotel JW Mariot

semoga bisa membantu

19. Fundamentalisme daalam mengembangkan sikap keterbukaan


untuk mengembangkan sikap keterbukan
fundalismea adala aliran atu keterbukaan atas dasar dasar agam

20. apa yang dimaksud dengan fundamentalisme


Fundamentalisme adalah sebuah gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada apa yang diyakini sebagai dasar-dasar atau asas-asas Fundamentalisme itu adalah suatu gerakan dalam sebuah aliran, paham atau agama yang berupaya untuk kembali kepada hal yang diyakini sebagai dasar (maaf kalau salah)
Kategori sbmptn