Pengertian Hukum Administrasi Negara

Pengertian Hukum Administrasi Negara

Apa tujuan Hukum administrasi negara bagi masyarakat dan bagi pemerintah dan Apa pengertian administrasi dan apa pula pengertian Hukum Administrasi Negara...​

Daftar Isi

1. Apa tujuan Hukum administrasi negara bagi masyarakat dan bagi pemerintah dan Apa pengertian administrasi dan apa pula pengertian Hukum Administrasi Negara...​


Jawaban:

administrasi adalah sebuah manajemen keuangan suatu negara agar masyarakat mematuhi dan pemerrintah melaksanakan tugasnya


2. Apa pengertian administrasi dan apa pula pengertian Hukum Administrasi Negara?​


Jawaban:

Open Hein Mengatakan " Hukum administrasi negara adalah sebagai suatu gabungan ketentuan-ketentuan yang mengikat badan-badan yang tinggi maupun rendah apabila badan-badan itu menggunakan wewenang nya yang telah diberikan kepadanya Oleh Hukum Tata Negara."

3. Pengertian hukum administrasi negara


hukum administrasi negara adalah seperangkat peraturan hukum yang mengatur dan mengikat tentang bagaimana cara bekerjanya lembaga-lembaga atau alat-alat administrasi Negara dalam memenuhi tugas, fungsi, wewenang masing-masing.

4. Jelaskan bahwa makna administrasi dalam hukum administrasi negara adalah tidak sama dengan administrasi dalam ilmu administrasi negara


Jawaban:

maknanya adalah baik digunakan

Penjelasan:

baik digunakan


5. jelaskan pengertian hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, dan hukum administrasi negara!!​


Jawaban:

pengertian hukum perdata

hukum perdata (burgerlijkrecht) adalah rangkaian peraturan-peraturan hokum yang mengatur hubungan hokum antara orang yang satu dengan orang yang lain dengan menitik beratkan pada kepentingan perseorangan.

Hukum pidana adalah hukum yang mengatur tentang pelanggaran-pelanggaran dan kejahatan terhadap kepentingan umum , perbuatan mana di ancam dengan hukuman yang merupakan suatu penderitaan atau siksaan

Hokum pidana adalah hokum yang mengatur tentang pelanggaran dankejahatan yang merugikan kepentingan umum

Hukum administrasi negara adalah peraturan hukum adedidikirawanyang mengatur administrasi, yaitu hubungan antara warga negara dan pemerintahnya yang menjadi sebab hingga negara itu berfungsi. (R. Abdoel Djamali).

Hukum perdata ialah aturan-aturan hukum yang mengatur tingkah laku setiap orang terhadap orang lain yang berkaitan dengan hak dan kewajiban yang timbul dalam pergaulan masyarakat maupun pergaulan keluarga.

hope this will help you


6. pengertian hukum administrasi negara​


Jawaban:

Hukum administrasi negara adalah sebuah cabang dari ilmu hukum yang mempelajari mengenai tindakan-tindakan dalam menyelenggarakan sebuah negara. Hukum ini juga dikenal sebagai hukum tata usaha negara atau hukum tata pemerintahan.


7. apa pengertian negara hukum dan hukum administrasi menurut Philipus M. Hadjon


pengertian negara hukum adalah negara yg susunannya diatur dengan sebaik baiknya dalam undang undang sehingga segala kekuasaan dari alat pemerintahan didasarkan pada hukum.

Klo menurut Philipus M. Hadjon,Obyek hukum administrasi adalah kekuasaan pemerintahan

ini aja jawaban dari saya

Klo salah maepkeun ( ~UwU) ~♡


8. perbedaan dari hukum administrasi dengan hukum administrasi negara?


Pengertian Hukum Administrasi Negara adalah seperangkat peraturan hukum yang mengatur dan mengikat tentang bagaimana cara bekerjanya lembaga-lembaga atau alat-alat administrasi negara dalam memenuhi tugas, fungsi, wewenang masing-masing, dan hubungan dengan lembaga atau alat perlengkapan negara lain serta hubungan dengan masyarakat dalam melayani warga negara. Sedangkan hukum administrasi (pemerintah daerah) dapat diartikan dalam 2 hal yaitu administrasi dalam arti sempit dan administrasi dalam arti luas.

9. Jelaskan hubungan antara Hukum Administrasi Negara dengan Hukum Tata Negara.Terangkan 3 unsur pengertian administrasi negara menurut Kansil.Terangkan 3 bentuk negara yang memberikan peranan dan fungsi yang berbeda bagi pemerintah. ​


1.Hukum tata negara memiliki hubungan yang sangat erat dengan hukum administrasi negara. Hukum tata negara memeberi tugas dan wewenang, jabatan pada badan pemerintahan ketika di jalankan. Tugas dan wewenang secara ornanisatoris yang diperbolehkan dari hukum tata negara akan dijalankan, aka hukum administrasi negara mengaturnya.

Hukum administrasi negara merupakan tindak lanjut dari hukum tata negara, artinya tugas dan wewenang, fungsi, jabatan badan administrasi di jalankan diatur dalamm hukum administrasi negara. Sebagaimana di katakan oleh Ten Berge, bahwa hukum administrasi negara adalah sebagai perpanjangan dari hukum tata negara atau hukum sekunder dari hukum tata negara. Walaupun hukum tata negara dan hukum administrasi negara meupakan jenis hukum yang berbeda, namun tidak dapat dipisahkan secara tegas, karena keduanya mempunyai keterkaitan yang sangat erat.

Hubungan mendasar antara hukum administrasi negara dan hukum tata negara melalui pendekatan isi dan objeknya, maka dapat digambarkan bahwa hukum tata negara sebagai suatu gabungan peraturan-peraturan yang mengadakan badan-badan hukum, yang memberi kekuasaan kepada badan-badan yang tinggi dan rendah.

Hukum tata negara memeperhatikan negara dalam keadaan tidak bergerak (staat in rust) masih terbatas pada struktur dan kewenangannya. Sedangkan hukum administrasi negara sebagai gabungan peraturan-peraturan yang mengikat badan-badan yang tinggi maupun yang rendah bila badan-badan tersebut menggunakan kekuasaannya yang telah diberikan oleh hukum tata negara, oleh karena itu hukum administrasi negara dikatakan memperhatikan negara dalam keadaan bergerak (staat in beweging)

2.Menurut C.S.T Kansil ada 3 pengertian administrasi yaitu (Marbun, 2000:8):

1.Sebagai aparatur negara, aparatur pemerintah, atau instansi politik (kenegaraan) artinya meliputi organ yang berada di bawah pemerintah, mulai dari Presiden, Menteri (termasuk Sekjen, Irjen, Gubernur, Bupati dan sebagainya) pokoknya semua organ yang menjalankan administrasi negara ;

2.Sebagai fungsi atau sebagai aktifitas yaitu sebagai kegiatan pemerintahan artinya sebagai kegiatan mengurus kepentingan negara ;

3.Sebagai proses teknis penyelenggaraan Undang-Undang meliputi tindakan aparatur negara dalam menjalankan Undang-Undang.

3.Tiga bentuk negara yang memberikan peranan dan fungsi yang berbeda bagi pemerintah, yaitu :

1. Bentuk political state (semua kekuasaan dipegang oleh raja sebagai pemerintah)

Political State adalah suatu bentuk Negara dimana semua kekuasaan dipegang oleh Raja sebagai Pemerintah. Bentuk Negara ini terdapat di Eropa barat pada zaman pertengangan (sekitar abad IV sampai XV).

2. Bentuk Legal state (pemerintah hanya sebagai pelaksana peraturan)

Legal State adalah konsep dimana Negara diatur oleh hukum. Kekuasaan-kekuasaan dalam Negara tersebut dibagi secara tegas menjadi 3 macam yaitu Eksekutif, Legislatif, Yudikatif. .

3. Bentuk Welfare state (tugas pemerintah diperluas untuk menjamin kesejahteraan umum)

Welfare State adalah konsep Negara yang yang bertujuan untuk mensejahterakan warganya.

Semoga jawaban ini dapat membantumu ya..


10. jelaskan pengertian hukum pidana, hukum perdata, dan hukum administrasi negara, beserta contohnya masing-masing


hukum pidana hukum yang dilakukan secara pidana

11. Komentar anda tentang pengertian administrasi, perkembangan istilah administrasi, pengertian hukum administrasi, istilah HAN dan kedudukannya


Jawaban:

administrasi keuangan adalah pengelolaan yang meliputi seluruh aktifitas yang berkaitan dengan keuangan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi ataupun perusahaan tertentu.


12. jelaskan pengertian teori dan konsep dalam hukum administrasi negara​


Jawaban:

PENGERTIAN TEORI:

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antarvariabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

PENGERTIAN KONSEP DALAM HUKUM ADMINISTRASI NEGARA:

Pengertian HAN tidak identik dengan pengertian “hukum yang mengatur pekerjaan administrasi negara”. Hukum Administrasi Negara adalah hukum yang mengatur kegiatan administrasi Negara,yaitu hukum yang mengatur tata pelaksanaan pemerintahan dalam menjalankan tugasnya.

Penjelasan:

Maaf kalau salah


13. pengertian administrasi negara demokratisn dan pengertian administrasi negara kediktatoran ?


Jawaban: maaf saya tidak tahu

Penjelasan: ya gatau lah bodo


14. jelaskan pengertian hukum pidana, hukum perdata, dan hukum administrasi negara, beserta contohnya masing-masing


hukum pidana adalah hukum yg mengatur suatu pelanggaran terhadap undang2 yg telah ditetapkan.
maaf kalalu salah dan maaf juga cuma kasih 1 jawaban dan tidak ada contohnya

15. Jelaskan bahwa makna administrasi dalam hukum administrasi negara adalah tidak sama dengan administrasi dalam ilmu administrasi negara?


Jawaban:

Karena hukum dan ilmu administrasi

berbeda jurusan dan ilmu yang didapat


16. kesimpulan dari pengertian hukum administrasi negara menurut para ahli​


Jawaban:

Penjelasan:tiang pertolongan pada lapangan kasti berjarak 5 meter dari


17. pengertian dari hukum administrasi


Hukum administrasi negara adalah peraturan hukum yang mengaturadministrasi, yaitu hubungan antara warga negara dan pemerintahnya yang menjadi sebab hingga negara itu berfungsi. 

18. apa hubungan negara hukum dengan hukum administrasi negara​


Jawaban:

hubungannya sama sama utk menetapkan hukum yg di buat negara


19. jelaskan relasi hukum pidana dengan hukum administrasi negara , dalam penegakan hukum administrasi negara sebagai tujuan dari sistem administrasi negara !


Berita · Pusat Data · Jurnal · Klinik · Events · Produk · Pro

Makna Asas Legalitas dalam Hukum Administrasi Negara

https://images.hukumonline.com/frontend/lt4b4589488b718/lt5166b7f1159b7.jpg

Muhammad Yasin, S.H., M.H.

Ilmu Hukum

Bung Pokrol

Selasa, 04 April 2017

Pertanyaan

Selain dalam hukum pidana, asas legalitas dikenal pula dalam Hukum Administrasi Negara (HAN). Apa makna asas ini dalam HAN dan apa dasar hukumnya?

Punya pertanyaan lain ?

Silakan Login, atau Daftar ID anda.

Kirim Pertanyaan

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Percayakan masalah hukum Anda ke ahlinya. Hubungi konsultan hukum profesional, hanya Rp299.000,- per 30 menit.

Konsultasikan Masalah Anda

Powered by: Justika Logo

Ulasan Lengkap

Intisari:

Ulasan:

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Asas Legalitas

Asas legalitas mengandung makna yang luas. Asas ini selalu dijunjung tinggi oleh setiap negara yang menyebut dirinya sebagai negara hukum. Legalitas adalah asas pokok dalam negara hukum, selain asas perlindungan kebebasan dan hak asasi manusia. Di Indonesia, asas legalitas bersandar pada Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan:

Negara Indonesia adalah negara hukum.

Selama ini asas legalitas memang lebih dikenal dalam hukum pidana, yang ditarik dari rumusan Pasal 1 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang berbunyi:

Tiada suatu perbuatan yang dapat dihukum kecuali berdasarkan ketentuan pidana menurut undang-undang yang telah ada terlebih dahulu daripada perbuatannya itu sendiri.

Namun, asas legalitas juga dikenal dalam Hukum Administrasi Negara (“HAN”). Untuk penjelasan lebih lanjut Anda bisa baca artikel Apakah Asas Legalitas Hanya Berlaku di Hukum Pidana?. Artikel ini sudah menyebutkan secara tegas bagaimana asas legalitas dikenal dalam lapangan HAN dan Hukum Tata Negara (“HTN”).

Asas Legalitas dalam HAN

Di lapangan HAN/HTN asas ini dikenal dengan istilah wetmatigheid van het berstuur, yang mengandung arti setiap tindakan pemerintahan itu harus ada dasar hukumnya dalam suatu peraturan perundang-undangan.

Asas ini bisa ditarik dari Pasal 1 angka 8 Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara yang menyebutkan:

Badan atau Pejabat Tata Usaha Negara adalah badan atau pejabat yang melaksanakan urusan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


20. mengapa Hukum Administrasi Negara diklasifikasikan Hukum Administrasi Negara Heteronom dan Otonom?


Jawaban:

• Hukum Administrasi Negara Otonom adalah hukum operasional yang diciptakan oleh Pemerintah dan Administrasi Negara itu sendiri. Hubungan Hukum Administrasi Negara dengan Hukum Privat dan Hukum Pidana, Hukum Administrasi materiil terletak diantara hukum privat dan hukum pidana.

• Heteronomi adalah sikap manusia dalam bertindak dengan hanya sekadar mengikuti atural moral yang bersifat eksternal

penjelasan :

folow


Kategori ppkn