Pengertian Hukum Privat Perdata

Pengertian Hukum Privat Perdata

mengapa hukum perdata/hukum sipil termasuk dalam ranah hukum privat dan hukum privat dan hukum pidata

Daftar Isi

1. mengapa hukum perdata/hukum sipil termasuk dalam ranah hukum privat dan hukum privat dan hukum pidata


Saya kurang mengerti maksud dari pertanyaan agan bagian terakhir (dan hukum privat dan hukum pidata), tapi akan saya coba berbagi sedikit tentang hukum.

Hukum perdata adalah hukum yang mengatur tentang hubungan seseorang dengan orang lainnya dalam lingkup kecil atau pribadi. Contohnya jual beli, sewa menyewa, pinjam meminjam, perkawinan, waris, dll. Karena itulah hukum perdata termasuk dalam hukum privat.

Sedangkan hukum pidana (tidak ada hukum pidata), adalah hukum yang mengatur dalam lingkup umum / luas yang dapat mengakibatkan keresahan masyarakat, atau yang mengatur tentang hubungan seseorang dengan negara. Contohnya pembunuhan, pencurian, penipuan, dsb. Untuk itulah hukum pidana termasuk dalam hukum publik.

CMIIW.

2. Pengertian hukum privat


Jawaban:

hukum privat adalah hukum yang mengatur hubungan antara individu satu dengan individu lain, termasuk negara sebagai pribadi.

semoga membantu:)


3. Mengapa hukum perdata di katakan sebagai hukum privat?


Hukum Perdata adalah ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat. Tradisi hukum di daratan Eropa mengenal pembagian hukum menjadi dua yakni hukum publik dan hukum privat atau hukum perdata.


4. Jelaskan mengenai perbedaan a. Hukum privat dan hukum publik b. Dwingenrecht dan Aanvullendrecht C. Sistematika hukum perdata menurut doktrin dan KUH Perdata


Menjelaskan perbedaan dari:

1. Hukum privat yakni hukum yang mengatur hubungan dari sesama manusia, antara satu individu dengan indivdiu yang lain dengan menitikberatkan kepentingan indivdiu atau perseorangan. Sedangkan hukum publik yakni suatu hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan warganegaranya atau hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan alat-alat perlengkapan.

2. Dwingend Recht yakni, hukum benda yang sifatnya memaksa. Sedangkan Aanvullend Recht yakni, hukum hukum yang bersifat pelengkap.

3. Sistematika hukum perdata menurut doktrin dan KUH Perdata yakni terdiri dari hukum pribadi atau perorangan, hukum kekayaan, hukum keluarga, dan juga hukum waris.

Pembahasan

Berikut ini penjelasannya.

1. Hukum publik dan hukum privat.

Hukum publik, yakni suatu hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan warganegaranya atau hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan alat-alat perlengkapan. Dimana hukum ini terdiri dari hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum pidana, dan juga hukum internasional.Hukum privat, yakni hukum yang mengatur hubungan dari sesama manusia, antara satu individu dengan indivdiu yang lain dengan menitikberatkan kepentingan indivdiu atau perseorangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Di mana, hukum privat mengatur hubungan yang ada di dalam masyarakat yang berhubungan dengan kekayaan dan kekayaan para warga atau individu, hubungan antara perseorangan/individu dengan alat-alat negara ataupun hubungan antarwarga atau individu. Dimana hukum ini terdiri dari hukum perdata, hukum dadang, hukum perdata internasional, hukum acara perdata, dan hukum acara peradilan agama.

2. Dwingend Recht dan Aanvullend Recht

Dwingend Recht, yakni hukum benda yang sifatnya memaksa yang mana artinya bahwa hukum harus dipatuhi serta hukum tidak boleh dikesampingkan, termasuk dalam membuat peraturan baru yang menyimpang dari yang sudah ditetapkan.Aanvullend Recht, yakni hukum yang bersifat pelengkap dimana peraturan-peraturan hukum yang tidak harus selalu dipatuhi atau boleh dikesampingkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, dimana peraturan-peraturan hukum mana yang hanyalah berlaku sepanjang pihak-pihak yang mempunyai kepentingan tidak mengatur sendiri kepentingan-kepentingannya.

3. Sistematika hukum perdata menurut Doktrin dan KUH Perdata yakni terdiri dari hukum pribadi atau perorangan, hukum kekayaan, hukum keluarga, dan juga hukum waris.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi KUHP brainly.co.id/tugas/51174302

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4


5. perbedaan hukum publik dengan hukum privat(perdata) terletak pada


1. Dalam hukum public salah satu pihak adalah penguasa, sedangkan dalam hokum perdata kedua belah pihak adalah perorangan tanpa menutup kemungkinan bahwa dalam hokum perdata pun penguasa dapat menjadi pihak juga.
2. Sifat hokum public adalah memaksa, sedangkan hokum perdata pada umumnya bersifat melengkapi meskipun ada juga yang memaksa.
3. Tujuan hokum public adalah melindungi kepentingan umum, sedangkan hokum perdata melindungi kepentingan individu/perorangan.
4. Hokum public mengatur hubungan hokum antara Negara dengan individu, sedangkan hokum perdata mengatur hubungan hokum antara individu.
Perbedaan-perbedaan tersebut, sekarang tidak bersifat mutlak lagi, karena sudah mengalami perkembangan. Oleh karena itu menyebutkan bahwa hokum perdata adalah hokum yang mengatur hubungan hokum antara dua subyek hokum atau lebih mempunyai kedudukan yang sederajat, sedangkan hokum public adalah hokum yang mengatur hubungan hokum antara dua subjek hokum atau lebih yang kedudukannya tidak sederajat. Jadi dalam hokum public ada atasan dan bawahan.
CONTOH HUKUM PUBLIK
1. Berhubungan dengan kepentingan masyarakat
2. Berupa hokum Negara
3. Berupa instansi-instansi Negara
CONTOH HUKUM PRIVAT/PERDATA
1. hukum sipil
2. hukum dagang
3. hokum perdata
Perbedaan antara badan hukum publik dengan badan hukum perdata, terletak pada bagaimana cara pendiriannya badan hukum tersebut, seperti yang diatur di dalam Pasal 1653 KUHPerdata yaitu ada tiga macam, yakni :
1. badan hukum yang diadakan oleh kekuasaan umum (Pemerintah atau Negara).
2. badan hukum yang diakui oleh kekuasaan umum.
3. badan hukum yang diperkenankan dan yang didirikan dengan tujuan tertentu yang tidak bertentangan dengan undang-undang atau kesusilaan (badan hukum dengan konstruksi keperdataan).

6. Hukum privat atau hukum sipil contohnya adalah hukum perdata.Yang termasuk dalam cakupan hukum perdata di antaranya adalah


Hukum privat atau hukum sipil contohnya adalah hukum perdata. Yang termasuk dalam cakupan hukum perdata di antaranya adalah Perceraian.

7. 41. Hukum dapat dikelompokan kedalam beberapa golongan antara lain berdasarkan isinya meliputi hukum privat dan publik.Hukum privat meliputi hukum perdata dan hukum dagang. Berilah 3 (tiga) contoh kasus-kasus pelanggaran hukum dagang!.


Contoh Kasus Pelanggaran Hukum Dagang

1. Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa kedua merek tersebut sebenarnya berasal dari perusahaan yang berbeda. Sekilas produk tersebut memang sama, dilihat dari corak dan warna hurufnya pun hampir sama, tetapi setelah diamati terdapat perbedaan penulisan pada kata “sedap” di mana yang satu menuliskan dengan “aa” dan satunya lagi “aaa”.
Produk Mie Sedaap yang pertama, dibawahi oleh perusahaan WINGSFOOD merupakan  produk dengan merk “mi sedap” yang lebih dahulu muncul. 
Sedangkan pesaingnya, yaitu Mi Sedaaap atau lebih tepatnya Supermi Sedaaap, adalah merk yang kedua (merk tiruan) yang diproduksi oleh INDOFOOD. 
Jika di pasaran, konsumen yang kurang teliti akan menganggap kedua produk tersebut sama karena sebenarnya kata-kata “sedap” lah yang biasa didengar dan muncul di benak konsumen. Oleh karena itu saat mereka melihat tulisan “sedap” yang tertera di kemasan, tanpa sempat memperhatikan jumlah huruf “a”nya, mereka langsung membeli produk tersebut. Beberapa konsumen menganggap ”Mie Sedaap” dan ”Supermi Sedaaap” adalah satu produsen, apalagi Supermi bisa dikatakan sebagai induk dari semua mi instant di Indonesia, jadi bukan suatu hal yang mustahil jika masyarakat akhirnya lebih memilih ”Supermi” yang lebih punya nama dibandingkan dengan ”Mie Sedaap” yang asli. Hal ini tentunya sangat merugikan WINGSFOOD karena adanya persamaan pada pokoknya tersebut dapat berdampak pada merosotnya omzet penjualan produk “Mie Sedaap” itu sendiri. Selain itu, juga merugikan konsumen yang memang menggemari “Mie Sedaap” karena mereka merasa tertipu apabilamereka salah membeli produk hanya karena tidak memperhatikan jumlah huruf “a” pada merek.

2. Salah satu komputer tablet buatan china bermerek “IPad” yang secara jelas meniru komputer tablet buatan Apple “iPad” yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan masyarakat. Dengan meniru design dan logo merek Apple, barang buatan negara China ini memiliki spesifikasi yang sama di berbagai bagian.
Dengan harga yang jauh berada dibawah harga “iPad” Apple, hal ini tentu dapat menimbulkan kerugian bagi pihak Apple yang telah mendapatkan hak Merek atas perangkat mereka.
Walaupun pada merek, “iPad” dan “IPad” memiliki perbedaan penggunaan huruf kapital, tetapi menurut UU nomor 15 pasal 91 mengenai merek.

3. Merek toko iStore pernah diperebutkan di pengadilan. Pemilik sah iStore Indonesia, Juliana Tjandra mendapati nama tokonya dipakai di ITC Ambasador, Kuningan, Jakarta Selatan yang belakangan diketahui dimiliki oleh PT BIG Global Indonesia. Juliana pun kaget dan menggugat 'iStore' ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Gugatannya dikabulkan dan menyatakan Juliana sebagai pemilik sah merek iStore.

4. Bagi penyuka masakan Jepang, perebutan merek Resto Itasuki juga masuk ke meja hijau. PT Damai Berkat Bersaudara ini menggugat pengusaha lokal Lie Jayanto Lokanatha, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyedia makanan dan minuman. Namun gugatan PT Damai Berkat Bersaudara kandas di tingkat pertama maupun ditinkat kasasi.

5. Penggemar masakan padang juga sempat diramaikan dengan perebutan merek restoran padang ternama, RM Sederhana. Pemilik RM Sederhana gerah dengan munculnya RM Sederhana Bintaro. Kata 'Bintaro" dinilai mendompleng ketenaran RM Sederhana. Kasus ini dimenangkan oleh RM Sederhana, tetapi saat akan melakukan eksekusi, RM Sederhana Bintaro melakukan perlawanan. Kasus ini masih menggantung.

8. sebutkan yang termasuk hukum privat/ perdata !


hukum privat/perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara orang yanng satu dengan yang lain.

tolong jadikan jawaban terbaik yaa.
v Hukum Perdata adalah ketentuan yang mengatur hak-hak dan kepentingan antara individu-individu dalam masyarakat. Dalam tradisi hukum di daratan Eropa (civil law) dikenal pembagian hukum menjadi dua yaknihukum publik dan hukum privat atau hukum perdata. Dalam sistem Anglo-Saxon)


9. kemukakan pengertian hukum privat ( hukum sipil ) !


hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dengan yang lain yang menitikberatkan kepentingan perseorangan

10. secara garis besar ruang lingkup hukum internasional dapat menjadi dua yaitua. hukum perdata internasional dan hukum privat internasionalb. hukum perdata internasional dan hukum publik internasionalc. hukum pidana internasional dan hukum publik internasionald. hukum privat internasional dan hukum publik internasional e. hukum perdata internasional dan hukum pidana internasional ​


Jawaban:

E. Hukum perdata internasional dan

Hukum perdana internasional.

Penjelasan:

Secara garis besar ruang lingkup hukum internasional dapat menjadi dua yaitu Hukum perdata internasional dan

Hukum perdana internasional.

Jangan Lupa kasih jawaban terbaik yah kak

Jawaban:

E. hukum perdata internasional dan hukum pidana internasional

Penjelasan:

hukum perdata internasional dan hukum pidana internasional merupakan garis besar ruang lingkup hukum internasional dapat menjadi dua

Semoga Bermanfaat


11. Salah satu contoh hukum Privat di bawah ini kecuali…..A) hukum PerdaganganB) hukum WarisC) hukum PidanaD) hukum Perdata


A.hukum perdagangan
#maaf klo salah

12. jelaskan pengertian hukum privat dan hukum publik


Hukum Privat merupakan hukum—baik material ataupun prosesnya—didasarkan atas kepentingan pribadi-pribadi.
Sedangkan Hukum Publik merupakan hukum yang didasarkan pada kepentingan publik, materi dan prosesnya atas dasar otoritas publik. Publik di sini diwakili oleh Negara.

13. Contoh hukum privat selain contoh hukum sipil,dagang,perdata


korupsi pembunuhan pelecehan sosialhukum waris ,prkawinan

14. jelaskan perbedaan sekaligus hubungan hukum privat, hukum perdata dan hukum dagang?


Yaitu hukum yang bisa mnjadikan suatu bisnis dengan tiga pola yang saling mnguntungkan dalam berbisnis


15. hukum dapat di kelompokan kedalam beberapa golongan antara lain berdasarkan isinya meliputi hukum privat dan publik. hukum privat meliputi hukum perdata dan hukum dagang. berilah 3 contoh kasus kasus pelanggaran hukum dagang


-penyelundupan barang-barang ilegal
-tidak membayar pajak penjualan barang
-barang yg diperdagangkan tidak memiliki izin edar yang sah

16. 1.Apa pengertian hukum? 2.apa yang dimaksud dengan hukum privat dan hukum publik?


Jawaban:

1.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hukum adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Pengertian lain dalam KBBI, hukum adalah undang-undang, peraturan dan sebagainya untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat.

2.Hukum publik/ hukum negara adalah Hukum yang di buat untuk masyarakat negara itu sendiri atau bisa dibilang hukum yang mengatur kepentingan masyarakat secara umum Sedangkan, Hukum privat/Hukum sipil ialah hukum yang mengatur setiap individu atau fokus kepada perorangan yang condong pada masalah pribadi.


17. Hukum dapat dikelompokan kedalam beberapa golongan antara lain berdasarkan isinya meliputi hukum privat dan publik.Hukum privat meliputi hukum perdata dan hukum dagang. Berilah 3 (tiga) contoh kasuskasus pelanggaran hukum dagang


- distribusi shabu
- ------+------ ganja
- ------+------ narxobbha

18. Apa yang dimaksud dengan hukum pidana, hukum perdata, hukum privat, dan hukum publik


Jawaban:

-Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya.

-Hukum Perdata adalah ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat.

-Hukum privat adalah hukum yang mengatur hubungan antara sesama manusia, antar satu orang dengan orang yang lain dengan menitikberatkan pada kepentingan perorangan.

-Hukum publik merupakan sederet aturan yang mengatur bagaimana hubungan warga negara dengan negaranya yang menyangkut kepentingan umum.

Jawaban:

karna hukum adalah tanggung jawab yang kita sampai kan


19. hukum privat yaitu hukum yang mengatur hubungan antara individu dengan individu lainnya. hukum privat terbagi?


- hukum perdata
- hukum perniagaan / dagang


Semoga bermanfaat, tapi maaf jika salah ya..

20. Secara garis besar, ruang lingkup hukum internasional dibagi menjadi dua, yaitu a.Hukum pidana internasional dan hukum publik internasional b.Hukum perdata internasional dan hukum publik internasional c.Hukum perdata internasional dan hukum pidana internasional d.Hukum privat internasional dan hukum publik internasional e.Hukum perdata internasional dan hukum privat internasional


Jawaban:

d.hukum privat internasional dan hukum publik internasional

Penjelasan:

maaf klo salah


Kategori ppkn