Pengertian Ikatan Ion

Pengertian Ikatan Ion

apa pengertian dari ikatan ion dan ikatan kovalen

1. apa pengertian dari ikatan ion dan ikatan kovalen


- ikatan ion adalah ikatan yang saling menerima dan memberi elektron
- ikatan kovalen adalah ikatan yang hanya meminjamkan satu elektron Kalo lebh mudahnya: Ikatan ion itu suatu ikatan antara ion logam dan ion non logamSedangkan ikatan kovalen adalah suatu ikatan antara ion non logam dan ion non logam.

2. pengertian ikatan ion​


Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan elektron (logam) dengan atom yang menangkap elektron (bukan logam). Atom logam, setelah melepaskan elektron berubah menjadi ion positif.

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain (James E. Brady, 1990). Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan electron (logam) dengan atom yang menangkap elektron (bukan logam). Atom logam, setelah melepaskan elektron berubah menjadi ion positif.

Sedangkan atom bukan logam, setelah menerima elektron berubah menjadi ionnegatif. Antara ion-ion yang berlawanan muatan ini terjadi tarik-menarik (gaya elektrostastis) yang disebut ikatan ion (ikatan elektrovalen).


3. Pengertian ikatan ion ?


Ikatan yang terbentuk oleh gaya elektrostatis antara atom2 yg mudah melepas elektron (logam) dengan atom2 yg cenderung menerima elektron (nonlogam)

4. jelaskan pengertian ikatan ion


ikatan ion adalah jenis ikatan kimia yang dapat terbentuk antara ion-ion logam dengan non-logam melalui gaya tarik-menarik elektrostatiksekumpulan atom yg bermuatan listrik

5. Pengertian Ikatan ion adalah


ikatan ion adalah ikatan kimia yang terjadi akibat gaya tarik-menarik elektrostatis antara atom bermuatan positif (kation) dengan atom bermuatan negatif (anion).

6. jelaskan pengertian ikatan ion


ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara logam ( golongan 1-3 A ) dengan golongan non logam ( golongan 4-7 A ). ikatan ion adalah ikatan antara ion positif dan ion negatif melalu perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain

7. Jelaskan apa pengertian ikatan ion


 adalah ikatan kimia yang terjadi akibat gaya tarik-menarik elektrostatis antara atom bermuatan positif (kation) dengan atom bermuatan negatif (anion), atau akibat adanya serah terima elektron dari satu atom ke atom lain.

8. 1.) Tuliskan pengertian dari a. Ikatan kimia b. ikatan kovalen c.ikatan ion​


Jawaban:

A. Ikatan kimia adalah sebuah ronde fisika yang bertanggung jawab dalam interaksi gaya tarik menarik selang dua atom atau molekul yang menyebabkan suatu senyawa diatomik atau poliatomik dijadikan stabil. Penjelasan mengenai gaya tarik menarik ini sangatlah berlibat dan dijelaskan oleh elektrodinamika kuantum.

B. Ikatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi di antara atom-atom yang berikatan. Singkatnya, stabilitas tarikan dan tolakan yang terbentuk di antara atom-atom ketika mempergunakan bersama elektron dikenal sebagai ikatan kovalen.

C. Pada ikatan ionik, terjadi transfer elektron dari satu atom ke atom lainnya. Oleh karena berpindahnya elektron, maka atom yang mendapatkan elektron menjadi bermuatan negatif, sedangkan atom yang kehilangan elektron akan bermuatan positif.


9. JELASKAN PENGERTIAN IKATAN ION


ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antar unsur logam dan unsur non logamikatan ion adalah gaya tarik menarik antara kation dan ainon

10. jelaskan pengertian ikatan ion beserta contoh


Ikatan ion adalah tidak lain hanyalah jenis pembentukan ikatan kimia yang melibatkan transfer lengkap elektron dari satu atom ke yang lain. Ketika atom akan kehilangan atau bertambah elektron, mereka menjadi ion yang bermuatan berbeda atau ion bermuatan berlawanan. Ion yang diisi kemudian tertarik terhadap satu sama lain karena gaya elektrostatik, yang membawa ion bermuatan sebaliknya bersama-sama, sehingga membentuk ikatan ion. Contoh yang paling umum dari ikatan ion adalah pembentukan natrium klorida di mana sebuah atom natrium menggabungkan dengan atom klorin.

11. Jelaskan pengertian dari ikatan ion ikatan kovalen ikatan kovalen koordinasi ikatan logam masing-masing beri contoh​


Jawaban:

1.ikatan ion adalah ikatan yg terjadi karena adanya gaya tarik menarik elektrotatis antara ion negatif dan ion positif.

2.ikatan kovalen adalah ikatan yg terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron.

3.ikatan logam adalah ikatan yg terjadi karena gaya tarikan atom2 logam dengan larutan elektron

Penjelasan:

smoga mmembantu kk


12. Pengertian ikatan ion adalah


Jawaban:

Ikatan ion adalah suatu ikatan yang terjadi pada atom yang mempunyai muatan yang besarnya sama namun memiliki muatan yang berlawanan tanda. Ikatan ion terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dan ion negatif.

Jawaban:

ikatan ion adalah ikatan yg terjadi pada atom yg mempunyai muatan yg besarnya sama

mohon maaf klau slh


13. 1. Pengertian dan contoh ikatan ion atau ikatan elektrovalen ?


Jawaban:

suatu ikatan yg terjadi pada atom yg mempunyai muatan yg besarnya sama namun memiliki muatan yg berlawanan tanda.

cotoh : ikatan yg terjadi pada ikatan garam yaitu ikatan antara atom sodium dan chlor

Penjelasan:


14. A.XY,ikatan ionB.X2Y3,ikatan kovalenC.X2Y3,ikatan ionD.X3Y2,ion kovalenE.X3Y2,ikatan ion​


Jawaban:

B. X2Y3

Penjelasan:

unsur X memiliki nomor atom 7 sehingga memiliki valensi 5 yang cenderung mengikat 3 elektron kemudian menjadi X3-

Unsur Y memiliki nomor atom 8 sehingga memiliki valensi 6 Cenderung mengikat 2 elektron kemudian menjadi Y2-

karena dua duanya memiliki muatan negatif jadi ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen

reaksi pembentukan senyawanya sebagai berikut

X + 3e- >>> X3- |×2

Y + 2e- >>> Y2- |×3

2X + 3Y >>> X2Y3

jadi jawabannya B


15. a. pengertian ikatan ion! b. pengertian ikatan kovalen! c. pengertian molekul polar dan nonpolar!


Ion : Ikatan yang terjadi antara atom non-logam dengan atom logam
Kovalen : Ikatan yang tejadi antara atom non-logam dengan atom non-logam
Kovalen Polar : ikatan kovalen yang memiliki dua kutub (Positif dan Negatif) karena ada perbedaan elektronegatifitas
Kobalen Non-polar : Ikatan Kovalen yang tidak memiliki kubut karena tarikan eletkron kedua atom sama besarikatan ion adalah ikatan yang terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positi dan ion negatif
ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara unsur nonlogam yang lain dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron.
molekul polar terjadi jika pasangan elektron yang dipakai bersama tertarik lebih kuat ke salah satu atom berkaitan. molekul nonpolar terjadi jika pasangan elektron yg dipakai bersama tertarik ke semua atom berkaitan

16. jelaskan pengertian ikatan ion?


adalah hubungan antar ion yg membentuk satu kesatuan yg lebih besar
Ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lainnya

17. tuliskan pengertian ikatan ion dan jelaskan terjadi nya ikatan ion pada senyawa CaCl2(nomor atom Ca=20 dan Cl=17)


Ikatan ion terjadi karena adanya serah terima elektron sehingga membentuk ion positif dan ion negatif yang konfigurasi elektronnya sama dengan gas mulia.


20Ca = 2 8 8 2

17Cl = 2 8 7


Atom Ca akan melepaskan 2 elektronnya menjadi ion [tex]Ca^{2+}[/tex] kemudian atom Cl akan menangkap 1 elektron dari Ca membentuk ion [tex]Cl^{-}[/tex] sehingga dibutuhkan 2 ion [tex]Cl^{-}[/tex] agar senyawa yang dibentuknya menjadi netral.


18. jelaskan pengertian ikatan ion...


Mata pelajaran : Kimia
Kelas : X
Kategori : ikatan kimia
Kata kunci : ikatan ion
Jawaban :
Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi karena serah terima elektron dari atom yang kelebihan elektron ke atom yang kekurangan elektron. Atom yang kelebihan elektron akan melepaskan elektronnya membentuk ion positif. Sedangkan atom yang kekurangan elektron akan menangkap elektron membentuk ion negatif. Contohnya : NaCl, K2S, MgF2 dll.

Penjelasan :
Unsur-unsur di alam akan mencapai kestabilan apabila konfigurasi elektronnya sama dengan konfigurasi elektron gas mulia. Gas mulia golongan VIIIA memiliki 8 elektron valensi (kecuali He = 2 elektron) yang disebut aturan oktet. Unsur-unsur logam seperti golongan IA, IIA dan transisi cenderung melepaskan elektron terluarnya untuk membentuk keadaan stabil. Unsur-unsur yang melepaskan elektron akan bermuatan positif (kation). Unsur-unsur non logam seperti golongan VIIA, VIA dan VA yang memiliki energi ionisasi besar, cenderung akan menangkap elektron agar elektron terluarnya sesuai aturan oktet. Unsur-unsur tersebut akan membentuk muatan negatif atau anion.

Keadaan stabil suatu unsur atau atom juga dapat dicapai jika unsur atau atom membentuk ikatan. Ikatan kimia dibagi menjadi dua yaitu ikatan ion dan ikatan kovalen. Ikatan ion terjadi antara ion positif dan ion negatif karena terjadi transfer elektron dari ion positif ke ion negatif. Ikatan ion ini biasa terjadi pada atom golongan logam dan non logam. Sebagai contoh ikatan ion dari senyawa CaF2. Kalsium (Ca) merupakan golongan IIA yang memiliki 20 elektron dan fluorin (F) golongan VIIA yang memiliki 9 elektron. Konfigurasi elektronnya yaitu :
Ca : 2 8 8 2
F : 2 7
Untuk mencapai kestabilan maka atom Ca akan melepaskan 2 elektron sedangkan atom F akan menangkap 1 elektron. Karena Ca melepaskan 2 elektron, maka harus ada 2 atom F yang menerima elektron dari Ca.

19. Apa pengertian ikatan ion


Jawaban:

Ikatan ion adalah suatu ikatan yang terjadi pada atom yang mempunyai muatan yang besarnya sama namun memiliki muatan yang berlawanan tanda. Ikatan ion terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dan ion negatif.

Jawaban:

Pengertian Ikatan Ion. Ikatan ion adalah suatu ikatan yang terjadi pada atom yang mempunyai muatan yang besarnya sama namun memiliki muatan yang berlawanan tanda. Ikatan ion terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dan ion negatif. Ion positif terbentuk karena unsure logam melepaskan elektronnya, sedangkan ion negatif terbentuk karena unsur nonlogam menerima elektron.


20. tuliskan pengertian ikatan ion dan berikan contoh


ikatan ion merupakan ikatan yang terjadi karena adanya serah terima elektron. unsur penyusunnya adalah logam dengan non logam.
contoh: NaCl, MgO

Kategori kimia