Pengertian Importir

Pengertian Importir

Jelaskan pengertian importir terbatasJelaskan pengertian importir terbatas

1. Jelaskan pengertian importir terbatasJelaskan pengertian importir terbatas


importir adalah orang yang mengirim barang.sedangkan importir terbatas adalah orang yang mengirim barang secara terbatas

2. pengertian importir adalah ?


penyaluran barang ke luar negeri
orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang diimpor tersebut bisa digunakan sebagai produksi atau untuk tujuan konsumsi. Pengertian lain Importir yaitu orang atau lembaga yang melakukan kegiatan Impor.

3. pengertian emportir dan importir


Pengertian Dasar Eksportir dan Importir (Basic Understanding of Exporter and Importer) Eksportiradalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan penjualan, pengiriman dan/atau pengeluaran barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara yang lain.

Eksportir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan penjualan, pengiriman atau pengeluaran barang dari suatu negara ke negara lain.

Importir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan pembelian, penerimaan dan pemasukan barang dari negara lain ke negara penerima.


4. pengertian eksportir dan importir


Importir adalah orang atau suatu perusahaan yang melakukan pembelian barang atau jasa dari luar negeri.

Sedangkan

Eksportir adalah orang atau suatu perusahaan yang melakukan penjualan barang atau jasa ke luar negeri.

Pembahasan :

Impor merupakan suatu kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri ke dalam negeri nya sendiri, dan orang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan importir.

Ekspor merupakan suatu kegiatan dimana sang penjual menjual barang atau jasa mereka ke luar negeri, dan orang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan eksportir.

Tujuan melakukan ekspor adalah :

1. Menambah keuangan atau devisa negara .

2. Untuk saling menjalin kerja sama yang baik.

3. Untuk saling membagi hasil sumber daya alam.

Tujuan melakukan impor adalah :

1. Untuk memudahkan mendapatkan sumber daya alam yang terbatas dalam negaranya.

2. Untuk saling menjalin kerja sama yang baik antarnegara.

Pelajari Lebih Lanjut :

Pelajari materi serupa :

https://brainly.co.id/tugas/5608431

komoditas impor dan ekspor Singapura : brainly.co.id/tugas/5327579

kebijakan pemerintah mendorong ekspor :

brainly.co.id/tugas/14168049

Detail Jawaban:

Kelas: VI [ Enam ]Mata pelajaran : IPS/Geografi Materi : Bab 6 - Kegiatan Ekspor Impor.Kode Kategori : 6.10.6Kata Kunci : Eksportir, Importir, Tujuan Ekspor Dan Impor.

5. Pengertian importir dan eksportir??


importir adalah orang yang mengimport barang ke negara lain. kalau eksportir adalah orang yang menerima barang import dari negara pengirimEksportir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan penjualan, pengiriman dan/atau pengeluaran barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara yang lain.

Importir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau institusi yang melakukan kegiatan pembelian, penerimaan dan/atau pemasukan barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara penerima.

6. Jelaskan pengertian importir terbatas


importir tersbatas adalah kegiatan mengirim barang ke dalam negri secara terbatas/dibatasi dan harus ada perlindunganImportir Terbatas adalah Perizinan untuk importir atau badan hukum yang telah mendapat pengakuan dari kementerian perdagangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mengimpor barang-barang yang meliputi :
Pakaian Jadi ( IT Pakaian Jadi )
Besi dan Baja ( IT Besi Baja )
Mainan anak-anak ( IT Mainan Anak-anak )
Alas Kaki ( IT Alas Kaki )
Elektronika ( IT Elektronika )
Dll.

#Semoga bisa membantu

7. pengertian import,eksport,importir,eksportir


Impor adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara atau perusahaan untuk mendatangkan produk, baik barang maupun jasa dari luar negeri ke dalam negeri.

Ekspor adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara atau perusahaan untuk menjual dan memperdagangkan produk, baik barang ataupun jasa dalam negeri ke luar negeri.

Importir adalah pihak yang mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Eksportir adalah pihak yang menjual atau memperdagangkan barang dalam negeri ke luar negeri.

Pembahasan

Kegiatan ekspor dan impor adalah bentuk dari perdagangan internasional. Pada dasarnya, ekspor merupakan kegiatan yang menguntungkan karena dengan menjual produk ke luar negeri maka akan meningkatkan pendapatan atau mendapat keuntungan. Pihak yang melakukan kegiatan ekspor ini disebut sebagai eksportir. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan ekspor:

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi; Memperluas pasar dari produk dalam negeri;Meningkatkan produktivitas dari industri dalam negeri;Mengurangi tingkat pengangguran; danMeningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ekspor sendiri bisa dibagi menjadi dua jenis, yang adalah:

Ekspor langsung: kegiatan ekspor yang dilakukan oleh produsen dengan bertransaksi langsung dengan importir yang berada di luar negeri tanpa perantara.Ekspor tidak langsung: kegiatan ekspor yang dilakukan oleh produsen dengan menjual produknya terlebih dahulu ke perusahaan eksportir atau pihak eksportir. Pihak eksportir inilah yang nanti akan mencarikan permintaan dari importir yang berada di luar negeri.

Eksportir sendiri juga bisa dibagi menjadi:

Eksportir produsen: jenis eksportir dimana produsen dari produk tersebut adalah eksporitirnya.Eksporitr non-produsen: jenis eksportir yang mengekspor produk dari perusahaan lain, bukan produknya sendiri.

Selain ekspor, impor juga merupakan kegiatan yang umum dilakukan biasanya dikarenakan keterbatasan teknologi atau dikarenakan tingginya permintaan akan suatu produk. Pihak yang melakukan kegiatan impor akan disebut sebagai importir. Impor sendiri juga memiliki manfaat bagi suatu negara atau perusahaan:

Mendatangkan bahan baku yang sulit didapatkan di dalam negeri;Mendatangkan barang yang belum ada di dalam negeri;Memenuhi permintaan konsumen tanpa perlu menambahkan kapasitas produksi; danMempelajari teknologi baru.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang komoditas impor Indonesia

https://brainly.co.id/tugas/2507747

Materi tentang komoditas ekspor Indonesia

https://brainly.co.id/tugas/36189863

Materi tentang dampak positif dan negatif dari kegiatan ekspor dan impor

https://brainly.co.id/tugas/21032965

Detail jawaban

Kelas: 6

Mapel: Ilmu Sosial

Bab: 6 - Kegiatan Ekspor Impor

Kode: 6.10.6

#TingkatkanPrestasimu


8. apa yang kalian ketahui tentang pengertian importir?​


Jawaban:

Importir adalah orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang diimpor tersebut bisa digunakan sebagai produksi atau untuk tujuan konsumsi. Pengertian lain Importir yaitu orang atau lembaga yang melakukan kegiatan Impor.

Penjelasan:

Sekian terimakasih

Importir adalah perseorangan, firma atau badan hukum yang membawa barang-barang perdagangan dari sumber luar negeri ke pasar domestik. Importir juga dapat dikatakan sebagai seseorang yang melakukan kegiatan import.


9. jelaskan pengertian importir dan beri contoh


Importir adalah seseorang atu sekumpulan orang yang mengimpor barang dari luar negri untuk masuk kedalam negri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan bisnis.
Contohnya :
Importir umum, sole agent importer, importir terbatas, import-merchant

10. Jelaskan pengertian dari importir umum


Importir adalah seseorang atu sekumpulan orang yang mengimpor barang dari luar negri untuk masuk kedalam negri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan bisnis.

11. pengertian modal lancar pengertian importir


importir
adalah orang yg mengirim barang/jasa ke luar negeriImportir adalah orang yg memasukkan barang ke dalam negri (Impor) :)

12. jelaskan pengertian makelar,agen,importir dan eksportir


1. Makelar adalah orang yang bertindak sebagai penghubung antara 2 belah pihak yang berkepentingan.
2. Agen adalah perusahaan perdagangan nasional yang bertindak sebagai perantara untuk dan atas nama prinsipal berdasarkan perjanjian untuk melakukan pemasaran tanpa melakukan pemindahan hak atas fisik barang dan/atau jasa yang dimiliki/dikuasai oleh prinsipal yang menunjuknya.
3. Importir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau institusi yang melakukan kegiatan pembelian, penerimaan dan/atau pemasukan barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara penerima.
4. Eksportir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan penjualan, pengiriman dan/atau pengeluaran barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara yang lain.

13. Jelaskan pengertian importir umum kendaraan bermotor.


Jawaban:

Importir berarti orang yang melakukan kegiatan impor atau membeli barang umum kendaraan bermotor dari luar negeri


14. pengertian importir maupun eksportir dalam kegiatan antarnegara


Jawaban:

importir: seseorang yang melakukan kegiatan impor

eksportir: seseorang yang melakukan kegiatan ekspor

Penjelasan:

s sekedar membantu

maaf jika salah


15. Pengertian importir sebagai distributor


Jawaban:

Pengertian importir sebagai distributor menyalurkan barang dari luar negeri ke negaranya

Penjelasan:

Tindakan ekonomi dapat diartikan sebagai tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran. Suatu tindakan dikatakan sebagai tindakan bentuk ekonomi apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil serta dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan mana yang harus didahulukan dan yang sesuai dengan kemampuannya. Tindakan ini disebut dengan tindakan dalam ekonomi rasional. Tujuan tindakan dalam ekonomi adalah sebagai berikut:

untuk dapat menentukan/pemilihan terhadap benda dan jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan,

dapat membedakan kualitas barang,

dapat menentukan kebutuhan yang harus diutamakan,

dapat memprediksi untung dan rugi.

Contoh-contoh tindakan dalam ekonomi antara lain:

dengan uang yang ada, mendahulukan terpenuhinya kebutuhan pangan daripada dipergunakan untuk rekreasi;

membeli sepatu yang harganya Rp 200.000,00 karena dapat dipakai dua tahun, daripada sepatu yang harganya Rp 50.000,00 tetapi hanya terpakai dua bulan saja;

menggunakan kereta eksekutif dengan alasan lebih nyaman dan aman walaupun harga tiket lebih tinggi;

membeli barang-barang antik walaupun harga tinggi karena memiliki nilai seni yang tinggi sehingga memberi kepuasan bagi pembelinya.

Para pelaku dalam tindakan kegiatan ekonomi ini dibagi lagi dalam golongan pelaku sebagai berikut:

Tindakan dalam ekonomi perorangan; Yaitu tindakan perorangan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk ekonomi tanpa melupakan dirinya sebagai makhluk sosial.

Tindakan dalam ekonomi lembaga masyarakat; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh semua bentuk organisasi masyarakat baik berupa perkumpulan, yayasan, perusahaan atau yg lainnya.

Tindakan dalam ekonomi pemerintah; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh lembaga negara atau pemerintah untuk memenuhi kebutuhan negara dan rakyatnya.

Tindakan dalam ekonomi antarnegara; Yaitu tindakan bentuk ekonomi yg dilakukan oleh dua negara atau lebih guna meningkatkan kemakmuran warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

Pengelompokan tindakan dalam ekonomi

a. Kegiatan produksi

Yaitu kegiatan produksi adalah kegiatan untuk menambah nilai guna suatu barang guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Orang atau lembaga yg melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

Kegiatan produksi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Produksi sektor primer, sekunder, dan tersier

Sektor primer, contohnya: pertanian, pertambangan dan peternakan.

Sektor sekunder, contohnya: pabrik konveksi, pabrik sepatu, pabrik buku.

Sektor tersier, contohnya: guru, salon kecantikan dan designer.

2. Produksi sektor publik dan swasta

Sektor publik, contohnya: PT PLN, PT Pos Indonesia, PT KAI.

Sektor swasta, contohnya:Indosat dan Telkom.

3. Produksi sektor konsumsi dan investasi

Sektor konsumsi, contohnya: percetakan majalah, katering, dokter, penasihat hukum.

Sektor investasi, contohnya: pabrik mesin cetak, pabrik kendaraan dan mobil.

Ada juga beberapa tindakan produsen agar produksi berjalan terus-menerus diantaranya:

Menentukan jenis produk dengan tepat.

Menekan biaya produksi.

Menggunakan tenaga kerja terampil.

Pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien.

Menentukan sistem distribusi dengan tepat.

Melakukan promosi.

b. Kegiatan distribusi

Yaitu suatu proses penyebarluasan hasil produksi agar sampai kepada konsumen. Dengan kata lain, distribusi adalah penyaluran barang/jasa dari produsen ke konsumen. Sedangkan orang atau lembaga yg melakukan kegiatan distribusi disebut distributor. Tujuan distribusi adalah menyeimbangkan antara daerah surplus dengan daerah minus barang atau jasa. Agar kegiatan distribusi sesuai dengan yg diharapkan, maka perlu diperhatikan ketepatan waktu, ketepatan sasaran, dan keutuhan barang atau jasa.

c. Kegiatan konsumsi

Yaitu kegiatan untuk menggunakan, memakai, atau menikmati barang dan jasa secara berangsur-angsur atau habis sekali pakai. Konsumsi dapat diartikan juga sebagai kegiatan mengurangi nilai guna suatu barang/jasa.Orang atau lembaga yg melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Ada beberapa tindakan yg perlu dilakukan konsumen adalah:

Menyusun prioritas pemenuhan kebutuhan.

Membeli barang dengan harga yg sesuai dengan kemampuan.

Menghemat sebagian pendapatan yg diperoleh.

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian rindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/3971115

2. Contoh tindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/4623829

3. Jenis tindakan ekonomi https://brainly.co.id/tugas/10316532

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Kode : 10.12.2

Kata kunci : tindakan Ekonomi


16. jelaskan pengertian eksportir & importir


ekspor keluar impor ke dalameksportir:lembaga perantara dagang yang melakukan kegiatan pengiran barang ke negara lain yang membutuhkan
importir:pedagang yang melakukan aktifitasnya dengan menyalurkan barang dari luar negeri ke dalam negeri

17. pengertian importir,eksportir,pedagang asing


importir : membeli barang dari luar negri
eksportir : menjual barang ke negara yang membutuhkan
pedagang asing : pedagang luar negri yang berjualan di dalam negriimportir adalah orang yang memasukkan barang dari suatu negara ke negara lain.
eksportir adalah orang yang mengeluarkan barang dari suatu negara ke negara lain.
pedagang asing adalah pedagang yang menjual barang dagangannya di suatu negara

18. Pengertian subsidi dan importir


Jawaban:

Subsidi (juga disebut subvensi) adalah bentuk bantuan keuangan yang dibayarkan kepada suatu bisnis atau sektor ekonomi.

Importir adalah suatu orang maupun lembaga dalam melakukan perantara dagang yang akan mendatangkan barang dari luar negeri.

Jawaban:

subsidi adalah adalah bantuan uang dan sebagainya kepada yayasan, perkumpulan, dan sebagainya.

Importir adalah perseorangan, firma atau badan hukum yang membawa barang-barang perdagangan dari sumber luar negeri ke pasar domestik.


19. pengertian impor , ekspor , importir dan eksportir​


impor = kegiatan penerimaan barang dr luar negru ke dalam negri untuk pelakunya bernama importir

ekspor = kegiatan pengiriman barang dr dalam ke luar negri untuk pelakunya atau yang melakukan bernama eksportir

semoga membantu :v

1. Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan.

2. Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir.

3. Importir adalah orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang diimpor tersebut bisa digunakan sebagai produksi atau untuk tujuan konsumsi. Pengertian lain Importir yaitu orang atau lembaga yang melakukan kegiatan Impor.

4. Eksportir adalah seseorang atau badan atau perusahaan atau instansi yang melakukan kegiatan penjualan, pengiriman dan/atau pengeluaran barang atau produk dari batas wilayah suatu negara ke negara yang lain.


20. pengertian dari -konsumen-Produsen-Ekspor-Impor-Eksportir-Importir​


Jawaban:

Konsumen:Pemakai/penikmat barang

Produsen:Penghasil/pembuat barang dari bahan mentah/baku mnjdi barang jadi/stengah jadi

Ekspor:Mngirim(menjual)barang ke Luar negeri

Impor:Membeli/menggunakan barang yg didapat dari luar negeri

Eksportir:org yg melakukan kegiatan ekspor

Importir:org yg melakukan kegiatan mengimpor

jadikan yg tercerdas yh...plisdd


Kategori ips