Pengertian Internal Rate Of Return Irr

Pengertian Internal Rate Of Return Irr

pengertian rate of return?

Daftar Isi

1. pengertian rate of return?


Rate Of Return adalah tingkat pengembalian atau tingkat bunga yang diterima investor atas investasi yang tidak diamortisasikan.

Maaf klau slh
Smoga membantu
LikeAndFollowMe Rate and return adalah tingkat pengembalian atau tingkat bunga yang diiterima investor atas investasi yang tidak diamortisasikan, (untukmenghitung tingkat pengembalian investasi)


2. Jelaskan kesamaan net present valentine, internal rate of return dan profitability index


net adlh pembatas lawan dan kawn
valentine adlh pembalap dari spanyol

3. Jelaskan kesamaan antara metode net present value, internal rate of return dan profitability index


- NET PRESENT VALUE (NPV)
NPV merupakan selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang telah didiskon dengan menggunakan social opportunity cost of capital sebagai diskon faktor, atau dengan kata lain merupakan arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskontokan pada saat ini.

- Profitability Index (PI) atau Indeks Profitabilitas adalah metode penghitungan kelayakan proyek dengan membandingkan antara jumlah present value nilai arus kas dengan nilai investasi dari proyek.

- INTERNAL RATE OF RETURN (IRR)
Metode ini untuk membuat peringkat usulan investasi dengan menggunakan tingkat pengembalian atas investasi yang dihitung dengan mencari tingkat diskonto yang menyamakan nilai sekarang dari arus kas masuk proyek yang diharapkan terhadap nilai sekarang biaya proyek atau sama dengan tingkat diskonto yang membuat NPV sama dengan nol.

4. 1. jelaskan apa yang anda ketahui mengenai metode payback period, internal rate of return, net present value dan profitability indeks!2. kemanfaatan suatu proyek terhadap ekonomi nasional haruslah dianalisis, jelaskan dari aspek yang perlu di analisis!


Jawaban:

1. Metode Net Present Value (NPV)

Metode penilaian investasi net present value (NPV) adalah selisih antara nilai sekarang dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan uang kas bersih dimasa mendatang.

Keputusan dengan mengguanakan analisa NPV ini ada dua kemungkinan.

1.Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih besar yang berarti nilai NPV positif. Maka investasi tersebut layak untuk dijalankan.

2.Apabila selisih antara nilai sekarang dari arus kas lebih kecil yang berarti nilai NPV negatif. Maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.

2. Metode Payback Period (PP)

Analisa metode penilaian investasi payback period adalah sebuah metode untuk mengetahui kapan waktu kembalinya dana investasi yang telah dikeluarkan. Payback period mengukur lamanya dana investasi yang dikeluarkan perusahaan akan kembali seluruhnya seperti awal mula.

Dengan analisa metode payback period akan diketahui berapa lama sebuah investasi bisa dikembalikan ketika terjadi kondisi BEP (break even point) atau titik impas.

Metode Profitability Index (PI)

Analisa metode penilaian investasi profitability index (PI) membandingkan antara nilai arus kas dimasa mendatang dengan nilai pengeluaran investasi yang sekarang.

Profitability index dikenal juga dengan nama profit investment ratio (rasio laba investasi) dan value investment ratio (rasio investasi nilai).

4. Metode Average Rate of Return (ARR)

Metode penilaian investasi average rate of return ini menilai seberapa besar keuntungan dari sebuah investasi. Keuntungan yang dimaksud adalah laba bersih setelah pajak yang dibandingkan dengan nilai rata-rata dari investasi.Apabila hasil perhitungan angka ARR lebih besar daripada tingkat return yang diisyaratkan. Maka investasi ini layak untuk lakukan. Namun apabila yang terjadi sebaliknya, maka investasi tersebut tidak layak untuk dijalankan.

5. Metode Internal Rate of Return (IRR)

Analisa metode penilaian Internal Rate of Return (IRR) adalah metode analisa investasi dengan menghitung tingkat suku bunga yang menyamakan present value (nilai sekarang) investasi saat ini dengan present value dari penerimaan arus kas dimasa yang akan datang.

2.Manfaat SKB

1. Manfaat bagi investor

Dalam hal ini investor bisa suatu lembaga domestik atau asing bisa pula individu-individu pemilik modal baik domestik maupun asing, baik pemilik bisnis atau proyek maupun diluat bisnis/proyek. Pengertian investor disini adalah seseorang atau lembaga yang memiliki sejumlah dana dan menanamkan dananya langsung dalam proyek investasi dengan mendapatkan kompensasi berupa deviden.

Para investor dalam menanamkan dananya menggunakan prinsip bahwa proyek yang akan dibiayai harus benar-benar dipersiapkan dan harus layak dari segi teknis, ekonomi, dan keuangan. Hal ini diinginkan oleh para investor karena tidak ingin proyeknya gagal. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu studi yang serius dalam merencanakan suatu proyek yang disebut studi kelayakan bisnis/proyek. Studi kelayakan bisnis tersebut bisa dibuat oleh investor itu sendiri, pemilik proyek yang masih membutuhkan penanam modal lain, atau pihak ketiga misalnya konsultan.

a. Studi kelayakan bisnis bagi investor itu sendiri

Fungsinya adalah untuk meyakinkan dirinya sendiri bahwa keputusan investasi yang akan dilakukannya adalah keputusan yang telah diperhitungkan dengan matang dan proyeknya akan menghasilkan keuntungan yang lain.

b. Studi kelayakan bisnis bagi pemilik proyek

Fungsinya adalah untuk menarik minat penanam modal lainnya terhadap proyek dan meyakinkan para calon penanam modal tersebut bahwa proyek memiliki prospek keuntungan yang baik.

c. Studi kelayakan bisnis bagi konsultan

Fungsinya adalah untuk berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut antara lain ketidakmampuan pemilik proyek melakukan studi kelayakan, misalnya kkarena proyek berskala besar membutuhkan orang-orang yang pengalaman dalam melakukan studi proyek atau agar penilaian proyek bisa dilakukan seobjektif mungkin karena dilakukan oleh pihak ketiga.


5. bagaimana cara menimplementasikan rate of return ?


Jawaban:

SAY CHEESE !

Rate of Return

roziauliaalam

5 tahun yang lalu

Iklan

Pendahuluan

Salah satu cara keuntungan yang diraih oleh investor yaitu laba atau bunga.Namun semua investor juga harus menghitung berapa besar bunga atau laba yang di dapat untung menghitung keuntungan yang di terima.

Dalam hal ini di perlukan ilmu tentang Rate of Return dimana ilmu ini membahas bunga rata-rata yang dibayarkan kepada saldo yang belum lunas dalam suatu pinjaman sehingga saldo yang belum dibayarkan tersebut secara berkala sama dengan nol pada akhir pembayaran.

Sehingga investor bisa memberikan gambaran keuntungan yang di dapat dalam suatu investasi

Pengertian

Rate of return adalah tingkat pengembalian atau tingkat bunga yang diterima investor atas investasi yang tidak di amortisasikan.

Namun ada juga yang mendefinisikan sebagai bunga rata-rata yang dibayarkan kepada saldo yang belum lunas dalam suatu pinjaman sehingga saldo yang belum dibayarkan tersebut secara berkala sama dengan nol pada akhir pembayaran.

Dalam perhitungan Rate of Return,kita dapat menggunakan persamaan-persamaan berikut:

e

Pengertian rate of return dapat dilihat dari 2 sisi. Dari pihak investor, tinggi rendahnya tingkat laba yang disyaratkan merupakan pencerminan oleh tingkat resiko aktiva yang dimiliki dan struktur modal serta faktor lain seperti manajemen. Sedangkan di pihak perusahaan, tingkat laba yang diminta. Merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan modal dari pemegang saham secara umum bahwa resiko perusahaan yang tinggi berakibat bahwa tingkat keuntungan yang diminta oleh investor juga tinggi dan biaya modal / juga tinggi. Tinggi rendahnya tingkat keuntungan yang diminta dipengaruhi oleh tingkat keuntungan bebas resiko (risk free rate) (Rf) dan risk premium untuk mengkompensasikan resiko yang melekat pada surat berharga itu. Rp = Rf + risk premium.

Dalam menghitung rate of return dapat digunakan rumus sebagai berikut :

ROR = Capital gain (loss) +Yield

= ( Pt – Pt-1 / Pt-1 ) + Dt / Pt-1

= ( Pt – Pt-1+ Dt / Pt-1 ) x 100%

Keterangan :

Pt = Harga saham sekarang

Pt – 1 = Harga saham periode lalu

Dt – 1 = Deviden yang dibayarkan sekarang

Penggunaannya

IRR digunakan dalam menentukan apakah investasi dilaksanakan atau tidak, untuk itu biasanya digunakan acuan bahwa investasi yang dilakukan harus lebih tinggi dari Minimum acceptable rate of return atau Minimum atractive rate of return. Minimum acceptable rate of return adalah laju pengembalian minimum dari suatu investasi yang berani dilakukan oleh seorang investor.

Macam – macam Rate of Return

1.Average Rate of Return

Average Rate of Return disebut juga accounting rate of return atau accounting return to investment adalah metofe penilaian investasi yang berusaha menunjukkan ratio atau perbandingan antara keuntungan neto tahunan terhadap nilai investasi yang diperlukan untuk memperoleh laba/keuntungan tersebut baik diperhitungkan dengan nilai investasi ( initial investment ) atau rata – rata investasi (average investment ).Jadi average rate of return dapat dihitung dengan keuntungan neto tahunan / nilai investasi awal = nett income / initial investment

Metode ARR mempunyai kelemahan – kelemahan antara lain :

-Perhitungan ARR tidak memperhatikan time value of money

-Menitikberatkan pada perhitungan accounting dan bukan pada cash flow dari investasi yang bersangkutan, sehingga suatu investasi yang mempunyai umur penyusutan lebih cepat akan mengakibatkan keuntungan neto yang lebih rendah dan di satu pihak meninggikan cash flow, oleh karena penyusutan bukan merupakan pengeluaran kas.

-ARR dapat dianalisa dengan beberapa cara, sehingga diperlukan standar perbandingan yang sesuai dengan cara – cara tersebut dan dimungkinkan dapat terjadi kesalahan memperbandingkan.

2.Internal Rate of Return

internal Rate of Return dalah tingkat diskonto ( discount rate ) yang menjadikan sama antara present value dari penerimaan cash dan present value dari nilai investasi discount rate/tingkat diskonto yang menunjukkan net present value atau sama besarnya dengan nol.

Oleh karena itu, IRR adalah merupakan tingkat diskonto dari persamaan di bawah ini :

IO = [ P1 / ( 1 + i )1 ] + [ P2 / ( 1 + i )2 ] + [ P3 / ( 1 + i )3 ] + ,.,.,.,[ Pn / ( 1 + i )n ]

dimana :

IO = Initial Outlays ( Nilai Investasi mula – mula )

Pt = Net Cash Flow ( Proceed ) pada tahun ke – t

i = Tingkat diskonto

n = Lama waktu / periode umur investasi

Kelemahan – kelemahan pada metode IRR adalah :

1.Tingkat diskonto yang dihitung akan merupakan nilai yang sama untuk setipa tahun ekonomisnya. Metode IRR tidak memungkinkan menghitung IRR yang mungkin berbeda stiap tahunnya. Padahal secara toritis dimungkinkan terjadi tingkat bunga yang berbeda setiap tahun.

2.Bisa diperoleh i yang lebihdari satu angka ( multiple IRR ). Dengan demikian timbul masalah, yaitu i mana yang akan kita pergunakan.


6. 2. jelaskan perbedaan antara tarif kembalian investasi(rate of return investment) dengan tarif biaya modal(cost of capital).​


Jawaban:

Biaya modal berbeda dengan kembalian investasi. Tarif biaya modal terdiri dari bunga dan laba . bunga merupakan biaya uang (cost of money) sedangkan kembalian investasi menunjukkan hasil yang diperoleh karena resiko dan ketidakpastian yang ditanggung oleh investor


7. Contoh Soal ekonomi teknik tentang multiple rate of return​


Jawaban:

memutar balik

Penjelasan:

dimana mengutamakan siklus perputaran uang


8. kesamaan metode net present value, internal of return, dan profitability index


Bila engak salasih metodenet

9. u bantu jawab Soal Dari Gambar ini a. Payback Period? b. Net Present Value? c. Internal Rate of Return?


Jawaban:

maaf maksud nya apa ya saya tidak tahu


10. APA PENGERTIAN DARI IRR DAN NPV


Jawaban:

IRR atau internal rate of return merupakan instrumet evaluasi yang digunakan untuk memutuskan apakah suatu pemilik modal ingin melakukan investasi atu tidak .


11. Apakah metode net present value, profitability index, dan internal rate of return?? Tolong bantu ya


- NET PRESENT VALUE (NPV)
NPV merupakan selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang telah didiskon dengan menggunakan social opportunity cost of capital sebagai diskon faktor, atau dengan kata lain merupakan arus kas yang diperkirakan pada masa yang akan datang yang didiskontokan pada saat ini.

- Profitability Index (PI) atau Indeks Profitabilitas adalah metode penghitungan kelayakan proyek dengan membandingkan antara jumlah present value nilai arus kas dengan nilai investasi dari proyek.

- INTERNAL RATE OF RETURN (IRR)
Metode ini untuk membuat peringkat usulan investasi dengan menggunakan tingkat pengembalian atas investasi yang dihitung dengan mencari tingkat diskonto yang menyamakan nilai sekarang dari arus kas masuk proyek yang diharapkan terhadap nilai  sekarang biaya proyek atau sama dengan tingkat diskonto yang membuat NPV sama dengan nol.

12. PT. Indah akan melakukan investasi sebesar Rp 225.000.000 usia ekonomis 5 tahun. Hasil pendapatan selama 5 tahun sbb: Thn I Rp 55 jt. Thn II. 55 jt. Thn III Rp 50 jt. Thn IV Rp 55 jt dan Thn V Rp 50 jt. Biaya tunai setiap tahunnya rata-rata Rp 10 jt. Depresiasi dengan nilai sisa sebesar Rp. 110 jt. Anda diminta menghitung: a. Avarage Rate of Return (ARR) b. Payback period (PP) c. Net Present Value (NPV) d. Internal Rate Of return (IRR) e. Indeks Profitabilitas​


Jawaban:

C. NPV

Penjelasan:


13. Apa yang membedakan metode accounting rate of return dengan present value??tolong bantu dongg


kalau metode rate of return memakai saldo awal pada jurnal umum awal periode sedangkan present value menggunakan saldo akhir setiap akun pada buku besar yg lalu di posting ke jurnal penyesuaian,terima kasih

14. Pengertian timing of return


waktu pengembalian
tenggat waktu pengembalian

15. Apabila seorang investor menginginkan mendapat return per bulan sebesar Rp. 30 juta selama 18 bulan, berapa modal yang harus dia keluarkan, apabila tingkat return yang dia inginkan adalah 18% simple rate? a. 18% simple rate b. 18% effective rate


Jawaban:

A

Penjelasan:

karenaa A mwnurut ku Cocok dengan soalnya


16. The Law of Diminishing return mengandung pengertian ?


pengertian dari the law of diminishing return adalah sebuah hukum dalam ekonomi yg menjelaskan tentang proporsi input yg tepat untuk mendapatkan output maksimalLaw of diminishing return
saat dimana output yg kita hasilkan semakin menurun akibat penggunaan input yg berlebihan..

17. What is the present value of a constant perpetuity of 25 per year where the required rate of return is 5%


Jawaban:

ㅗㅠㅎ보뮿뮤ㅗ모

ㅕ범솜ㄹㅁㅎ쥬ㅛ

Penjelasan:

ㅓ녀쥿점셔더요범6매뷰볖모뮤


18. Seorang Investor dengan modal 10 juta dijanjikan penghasilan sbbTahun Return (juta)1 32 43 44 3Hitung Internal Rate of Return yang memberikan hasil NPV = 0


Jawaban:

g tau karna aku tidak tauuuuuuuuu


19. pengertian dari the law of diminishing return adalah


 sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal. The Law Of Diminishing Return adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal

20. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai metode payback period, Internal Rate of Return, net present value dan profitability indeks!


Jawaban:

Metode Penilaian Investasi

Layak atau tidaknya sebuah keputusan investasi dilakukan bisa dianalisis dengan berbagai kriteria. Penilaian investasi yang "layak" bisa diberikan dengan membandingkan dengan kecenderungan rata-rata industri sejenis.

Ditinjau dari sudut pandang keuangan, ada beberapa metode penilaian investasi yang bisa dipakai untuk menentukan apakah suatu investasi layak atau tidak layak dilakukan sebuah perusahaan.

Masing-masing metode mempunyai kelebihan dan kelemahan. Metode yang dipakai tergangung dari kebutuhan tiap-tiap perusahaan. Metode yang mana yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan.

Dalam mengukur sebuah investasi sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu metode saja, menggunakan beberapa metode sekaligus lebih baik. Semakin banyak metode yang dipakai, maka akan semakin banyak gambaran yang lebih lengkap. Informasi yang didapat lebih banyak. Sehingga keputusan investasi bisa lebih tertarget dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.


Kategori bahasa_lain