Pengertian Kartel

Pengertian Kartel

Pengertian kartel produksi dan kartel daerah

Daftar Isi

1. Pengertian kartel produksi dan kartel daerah


kartel itu bentuk kerjasama antara beberapa badan usaha atas nama masing2
kartel produksi artinya kerjasama dalam hal produksi barang agar dapat mengendalikan harga jual barang
kartel daerah adalah kerjasama/kesepakatan antara badan usaha dalam hal pendiatribusian barang untuk wilayah tertentu

2. apakah pengertian kartel itu?


Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan  untuk menetapkan sebuah  harga,

3. Pengertian kartel dan sebutkan macam - macamnya


kartel adalah kelompok produsen independen yg bertujuan untuk menetapkan harga, untuk membatasi supli dan kompetensi.
macam macam kartel :
1. Kartel Daerah (pembagian daerah pemasaran)
2. Kartel Produksi (Penentuan luas produksi)
3. Kartel Harga (Penentuan Harga minimal)
mav klo slah

4. Jelaskan pengertian kartel dan Trust


Jawaban:

*Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga,membatasi suplai dan kompetisi.

*Trust adalah peleburan beberapa badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru, sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli.

Semoga membantu:)


5. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi, dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut.....


Jawaban:

Trust,sindikat,monopoli semoga berhasil


6. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut


trust
trust adalah merupakan gabungan beberapa perusahhan yang menyerahkan saham-sahamnya dengan jaminan tertentu kepada beberapa orang tertentu yang di percaya


semoga membantu
jadikan jawaban ter Brainly


7. jelaskan pengertian kartel dan trust serta bentuknya


a. TrustTrust adalah peleburan beberapa badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru, sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli.
b. KartelKartel adalah bentuk kerja sama antara beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan, memperkecil kondisi persaingan, dan memperluas atau menguasai pasar.



8. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi, dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut ….


Jawaban:

Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi, dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut trust.

Penjelasan:

Kartel didirikan untuk mengendalikan harga, kartel ini biasanya terdiri dari beberapa perusahaan yang mempunyai jenis kegiatan yang sama, dan mampu menguasai pasar, contoh kartel yang dapat kita lihat adalah OPEC atau organisasi negara-negara pengekspor minyak.

Pelajari lebih lanjut materi tentang kartel, trust dan konglomerasi brainly.co.id/tugas/972441

#BelajarBersamaBrainly


9. Apa pengertian kartel, merger, dan waralaba


Merger adalah proses difusi atau penggabungan dua perseroan dengan salah satu di antaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.

Kartel adalah bentuk kerja sama antara beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan, memperkecil kondisi persaingan, dan memperluas atau menguasai pasa

Waralaba merupakan sistem usaha yang tidak memakai modal sendiri, artinya untuk membuka gerai waralaba cukup menggunakan modal milik investor lain.


10. pengertian kartel,holding company,joint venture,concern


Kartel
sering terbentuk oleh peserta tender bertujuan untuk memanipulasi pemenang tender.

Holding Company
perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam 1 perusahaan. tujuannya adalah meningkatkan atau menciptakan nilai pasar (market-value creation)

Concern
Gabungan dari badan atau perusahaan untuk sementara waktu dengan mengadakan persetujuan dari para pemegang saham

Joint Venture
bergabungnya satu perusahaan dengan perusahaan lainnya untuk menjalankan aktivitas ekonomi secara bersama sama

11. apabila suatu kartel bersifat kartel harga kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut


Trust,,,maaf kalau salah

12. Jelaskan pengertian Trust,Kartel holding company, concorn


Pengertian Holding company, concern,Trust, Kartel, Asosiasi perdagangan, Joint venture, Gentlement agreement, Franchise, Lisensi, Hybrid , merger. Perusahaan induk atau HoldingCompany adalah perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan.

13. Jelaskan pengertian kartel,trust,dan konglomerasi.


Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi.

Trust adalah peleburan beberapa badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru, sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli.

konglomerasi  adalah perusahaan yang punya bisnis beragam dan bisa-bisa tidak ada kaitan antara satu sama lain.




14. **Jelaskan pengertian kartel,trust,dan konglomerasi.


Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Trust adalah peleburan beberapa badan usaha menjadi sebuah perusahaan yang baru, sehingga diperoleh kekuasaan yang besar dan monopoli. konglomerasi adalah perusahaan yang punya bisnis beragam dan bisa-bisa tidak ada kaitan antara satu sama lain.

15. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut ….


Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut  Trust.

Alasan : Adanya pelarangan bentuk kartel maka pada tahun 1887 bentuk kartel menjadi Trust. Trust adalah merupakan gabungan beberapa perusahaan yang menyerahkan saham-sahamnya dengan jaminan tertentu kepada beberapa orang tertentu yang dipercaya.  


16. jelaskan pengertian kartel dan sebutkan macam-macamnya?


Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi.macam macam kartel : 1. Kartel Daerah (pembagian daerah pemasaran) 2. Kartel Produksi (Penentuan luas produksi) 3. Kartel Harga (Penentuan Harga minimal) mav klo slahKartel merupakan persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis dalam sebuah perjanjian tertentu. Masing-masing perusahaan tetap berdiri sendiri tetapi mempunyai kedudukan yang sama. Selain itu, mereka sewaktu-waktu dapat membatalkan perjanjian yang telah disepakati apabila mereka menginginkannya. Mereka terikat pada semua poin yang tercantum pada perjanjian. Di luar itu, mereka bebas bertindak.

macam"nya

Kalau dilihat dari macam perjanjiannya, model kartel ini dibagi menjadi 5, yaitu :1. Kartel Daerah
Jika anda terlibat perjanjian dengan model kartel daerah, perusahaan anda tidak diperbolehkan menjual barang ke daerah lain yang dikuasai oleh anggota kartel yang lainnya. Dalam kartel daerah, daerah pemasarannya dibagi berdasarkan kesepakatan perjanjian. Jadi intinya, anda hanya boleh memasarkan barang anda di daerah “kekuasaan” anda saja.

2. Kartel Produksi
Dalam model kartel produksi, perusahaan-perusahaan yang terlibat mengadakan perjanjian untuk menentukan luas produksinya masing-masing.


3. Kartel Kondisi
Dikatakan model kartel kondisi karena perjanjiannya dibentuk atas dasar syarat-syarat penjualan. Termasuk diantaranya adalah syarat penyerahan barang, tempat penjualan, penjualan tunai atau kredit, pemberian potongan dan sebagainya.


17. kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut ...?


bentuk gabungan disebut monopoli

18. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut dengan ….


Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut kartel, dengan alasan pelarangan bentuk kartel maka pada tahun 1887 bentuk kartel menjadi Trust. Trust adalah merupakan gabungan beberapa perusahaan yang menyerahkan saham-sahamnya dengan jaminan tertentu kepada beberapa orang tertentu yang dipercaya


19. Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut ….


Apabila suatu kartel bersifat kartel harga, kartel produksi dan kartel keuntungan maka bentuk gabungan ini disebut Sindikat.

-Umaku ikeba benridesu

20. jelaskan pengertian kartel dan sebutkan macam macamnya


Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisikartel adalah kelompok produsen independen yg bertujuan untuk menetapkan harga, untuk membatasi supli dan kompetensi.
macam macam kartel :
1. Kartel Daerah (pembagian daerah pemasaran)
2. Kartel Produksi (Penentuan luas produksi)
3. Kartel kondisi (pengaturan syarat2 penjualan, penyerahan barang, pemberian diskon, dsb)
4. Kartel Pembagian Laba (Penentuan cara pembagian dan besarnya laba)
5. Kartel Harga (Penentuan Harga minimal)
Kategori akuntansi