Pengertian Kreatif

Pengertian Kreatif

Pengertian produk? Pengertian kreatif? Pengertian produk kreatif?

1. Pengertian produk? Pengertian kreatif? Pengertian produk kreatif?


Produk adalah sesuatu yang di hasilkan dari produksi yang mencangkup barang dan jasa

Kreatif adalah hasil ide pemikiran yang berbeda dengan yang lain dan memiliki nilai yang lebih

Dan produk kreatif adalah produk yang di hasilkan dengan ide unik yang memiliki nilai yang lebih dari yang lain


Semoga bermanfaat


2. pengertian dari kreatif


Kreatif adalah memiliki daya cipata, mempunyai kemampuan untuk mencipatakan,atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya

3. pengertian kreatif adalah


kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).kemampuan untuk menciptakan hal hal yang baru

4. Apa pengertian musik kreatif


Jawaban:

musik kreatif adalah musik yang diciptakan oleh hasil pemikiran kita sendiri dengan menggunakan alat yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. contoh seperti botol kosong,botol yang diisi pasir, dan yang lain sebagainya

#backtoschool2019

Jawaban:

Musik kontenporer adalah memainkan musik tanpa menggunakan alat musik aslinya, tetapi alunan musik yang dihasilkan cukup baik seperti menggunakan alat musik aslinya.

Misalnya memaikan musik dengan kaleng, pipa, tong, dll


5. sebutkan beberapa definisi / pengertian dari ekonomi kreatif / industri kreatif.​


Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya

Jawaban:

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.

maap salah


6. Apa pengertian dari kreatif


Jawaban:

kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

Jawaban:

kreatif artinya berimajinasi melalui pikiran untuk menghasilkan/ membuat sesuatu

maaf kalo salah


7. pengertian kreatif dan inovatif?


kreatif = kemampuan mengembangkan/menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari yang sebelumnya

inovatif = melakukan proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan menciptakan hal baru dari yang sebelumnya

8. Pengertian produk kreatif??


produk kreatif adalah suatu produk yang dihasilkan melalui proses kreativitas, dimana produk yang dihasilkan adalah sesuatu yang baru, uunik, dan memiliki manfaat

pembahasan

Ekonomi kreatif adalah suatu konsep ekonomi diera sekarang. Dalam hal ini  kegiatan ekonomi lebih difokuskan pada informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama. Oleh karena itu faktor utama dari ekonomi kreatif adalah adanya gagasan atau ide, dimana gagasan atau ide-ide tersebut dapat digunakan untuk membangun suatu kreativitas. Menurut guru besar Universitas Katolik Parahyangan Bandung terdapat empat faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi kreatif diantaranya akademis, bisnis, pemerintah, dan masyarakat itu sendiri. Jadi tidak hanya dari SDM nya saja, pertumbuhan ekonomi kreatif ini juga memerlukan dukungan dari aparatur pemerintah. Misalkan pemerintah membuat suatu agenda berupa pelatihan UMKM atau pemerintah menekankan kepada masyarakat agar selalu menggunakan produk lokal atau dalam dalam negeri. Di Indonesia terdapat 16 sub sector ekonomi kreatif diantaranya aplikasi pengembangan permainan (games), arsitektur, fashion, desain produk, desain interior, seni pertunjukan, film, animasi, video, dan lain sebagainya.  

Kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi kreatif antara lain :

-Kesulitan dalam memperoleh bahan baku, hal ini dapat terjadi bahan baku yang tersedia di Indonesia jumlahnya sudah sangat terbatas atau adanya kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyulitkan pelaku ekonomi kreatif untuk memperoleh bahan baku tersebut.

-Pemanfaatan penggunaan teknologi, hal ini berkaitan dengan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakan teknologi terbaru. Hal ini dapat dipengaruhi tingkat pendidikan, keterampilan, dan atau pengalaman

-Adanya kendala terhadap modal bagi pelaku usaha, dalam suatu proses menciptakan satu produk pastinya memerlukan modal dengan jumlah yang tdiak sedikit mulai dari tahap design hingga menghasilkan suatu produk jadi.

-Hak cipta terhadap produk yang dihasilkan, namun tidak hanya sampai pada produk jadi saja, kendala yang akan dihadapi oleh pelaku usaha ekonomi kreatif  adalah produk tersebut adalah kesulitan dalam memperoleh hak cipta atau hak paten dari produk tersebut.

-Dukungan ketersediaan ruang public yang masih kurang, dalam hal ini produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha ekonomi kreatif  masih sepi peminat. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya promosi atau sosialisasi terhadap produk yang dihasilkan.

Pelajari lebih lanjut

1.Pengertian Ekonomi Kreatif brainly.co.id/tugas/152484  

2.Contoh Ekonomi Kreatif brainly.co.id/tugas/395605

3.Pengertian ekonomi kreatif dan industri kreatif brainly.co.id/tugas/192046

Detail Jawaban  

Kelas : 10  

Mapel : Ekonomi  

Bab : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegaiatan Ekonomi  

Kode : 10.12.2

Kata Kunci : Ekonomi Kreatif


9. pengertian wahana kreatif


Jawaban:

wahana kreatif adalah wahana yg banyak di kunjungi oleh para pengunjung.

seperti memiliki kreativitas sendiri


10. apa pengertian ekosistem kreatif


Pada 2014, UNESCO Creative Cities Network (UCCN) telah menawarkan kesempatan bagi berbagai kota untuk bergabung dalam jaringan kota kreatif dunia. Indonesia pun tidak ingin ketinggalan, kita mengirimkan daftar lima kota untuk mengikuti seleksi masuk program tersebut. Kota-kota yang mendaftar adalah Yogyakarta, Bandung, Solo, Denpasar, dan Pekalongan. Dan saat ini, dua kota yaitu Bandung dan Pekalongan sudah menjadi bagian dari UCCN. 

Dengan adanya latar belakang tersebut, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggagas terbentuknya Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) berskala nasional. Dan pada 22-25 Oktober ini, Bekraf akan mengadakan perhelatan tersebut untuk pertama kalinya di kota Solo. Pemilihan Solo sebagai lokasi ICCC  sebab ide untuk merintis jejaring kota kreatif Indonesia pertama kali didiskusikan dalam lokakarya ekonomi kreatif di kota Solo  pada 24 September 2014 yang lalu. 

ICCC bertujuan menciptakan jaringan kota dan kabupaten di Indonesia untuk saling berbagi pengalaman, ide, dan praktik terbaik pengembangan sosial, ekonomi, dan budaya. Kerjasama industri kreatif antar kota dan kabupaten di seluruh pelosok Indonesia pasti bisa membuka potensi kreatif di setiap daerah.

Pada ICCC pertama ini, konferensi digelar di Ballroom Bank Indonesia. Selain konferensi, ICCC juga menggelar beberapa acara, seperti creative city market place di Benteng Vastenburg, performance art di halaman Pasar Gede Hardjonagoro, pesta kreatif “Solopolah Rakyat Bungah” di Jalan Slamet Riyadi pada 25 Oktober 2015. Masih ada juga acara creative awarding, deklarasi Indonesia Creative Cities Network di Area Tugu Pamandengan, dan jelajah kota.

Bekraf menginginkan ICCC pertama ini bisa menjadi pondasi untuk program-program jaringan kota kreatif selanjutnya. ICCC  akan mewujudkan suatu konsep dan kriteria sebuah kota kreatif yang lebih jelas, sehingga setiap kota bisa mempunyai panduan dan pegangan untuk mewujudkan dirinya menjadi kota kreatif.
 




11. pengertian keadilan kreatif


keadilan kreatif adalah suatu pikiran yg memuncul kan ide untuk menghasilkan sesuatu dan tidak egois dlm membuat ide tersebut

12. Pengertian musik kreatif


Jawaban:

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama

Penjelasan:

musik krearif adalah musik yang diciptakan oleh hasil pemikiran Kita sendirimusik kreatif dapat disebut juga musik kontenporermusik kontenporer adalah memainkan musik tanpa alat musik aslinya tetapi alunan musik yang diciptakan cukup baik.


13. Pengertian kreatif??


Kreativ=adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru

14. apakah pengertian dari kreatif itu


Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdaya cipta biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan.kreatif juga dapat dikatakan menciptakan tanpa batas

MAAF KALAU SALAH

Jawaban:

Kreatif merupakan Salah Satu Ide yang mengembangkan sesuatu dan Munculnya sesuatu yg tidak disengaja.

Misalnya:

Kamu ingin membuat bunga Dan Kamu Memikirkan Cara itu Dan Akhirnya Muncullah suatu ide

Yaitu kamu membuat bunga tersebut misalnya menggunakan Tisu,Kawat,dan Selotip Dan setelah Kamu rancang Tisu,kawat, Dan Selotip Tersebut Akhirnya Kamu berhasil Membuat Suatu Bunga Dari Barang Barang yang ada disekitarmu Dan Itulah Yang Disebut "Kreatif".

Misalnya Juga Memanfaatkan Barang Barang bekas Untuk Membuat Suatu Barang.

Semoga Mengerti:)

Penjelasan:


15. Pengertian teater kreatif


teater kreatif adalah teater yang dilakukan dengan kreatif

16. jelaskan pengertian ekonomi kreatif dan industri kreatif!


Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas : X
Kategori : Kewirausahaan
Kata Kunci : Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif
Pembahasan :

1. Pengertian Ekonomi Kreatif
Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Konsep ini telah memicu ketertarikan berbagai negara untuk melakukan kajian seputar Ekonomi Kreatif dan menjadikan Ekonomi Kreatif model utama pengembangan ekonomi.

Istilah “Ekonomi Kreatif” mulai dikenal secara global sejak munculnya buku “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas” (2001) oleh John Howkins. Howkins menyadari lahirnya gelombang ekonomi baru berbasis kreativitas setelah melihat pada tahun 1997 Amerika Serikat menghasilkan produk-produk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) senilai 414 Miliar Dollar yang menjadikan HKI ekspor nomor 1 Amerika Serikat. Howkins dengan ringkas mendefinisikan Ekonomi Kreatif, yaitu:

“The creation of value as a result of idea”

Dalam sebuah wawancara oleh Donna Ghelfi dari World Intellectual Property Organization (WIPO) di tahun 2005, John Howkins secara sederhana menjelaskan Ekonomi Kreatif yang disarikan sebagai berikut:

“Kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.”

Studi Ekonomi Kreatif terbaru yang dilakukan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada tahun 2010 mendefinisikan Ekonomi Kreatif sebagai:

“An evolving concept based on creative assets potentially generating economic growth and development.”

Dengan penjabaran lebih lanjut sebagai berikut:

Mendorong peningkatan pendapatan, penciptaan pekerjaan, dan pendapatan ekspor sekaligus mempromosikan kepedulian sosial, keragaman budaya, dan pengembangan manusia.
Menyertakan aspek sosial, budaya, dan ekonomi dalam pengembangan teknologi, Hak Kekayaan Intelektual, dan pariwisata.
Kumpulan aktivitas ekonomi berbasiskan pengetahuan dengan dimensi pengembangan dan keterhubungan lintas sektoral pada level ekonomi mikro dan makro secara keseluruhan.
Suatu pilihan strategi pengembangan yang membutuhkan tindakan lintas kementerian dan kebijakan yang inovatif dan multidisiplin.
Di jantung Ekonomi Kreatif terdapat Industri Kreatif.


Di Indonesia, dalam Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 (2008) Ekonomi Kreatif didefinisikan sebagai berikut:

“Era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.”

2. Pengertian Industri Kreatif
“Industri Kreatif” sudah muncul pada tahun 1994 dalam Laporan “Creative Nation” yang dikeluarkan Australia. Namun istilah ini benar-benar mulai terangkat pada tahun 1997 ketika Department of Culture, Media, and Sport (DCMS) United Kingdom mendirikan Creative Industries Task Force. Definisi Industri Kreatif menurut DCMS Creative Industries Task Force (1998):

“Creative Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill & talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content.”

Definisi Industri Kreatif di Indonesia seperti yang tertulis dalam Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 (2008) adalah:

“Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.“

KESIMPULAN
Ekonomi Kreatif dalam hubungannya dengan Industri Kreatif adalah kegiatan ekonomi yang mencakup industri dengan kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.

17. apa pengertian kreatif ?


memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang ada dipikiran nya

18. Apa Pengertian Kreatif Menurut Anda


mempunyai ide bagus yang bermanfaatKreatif merupakan kemampuan untuk menemukan, menciptakan, atau melakukan suatu hal yang berbeda dari biasanya.

19. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif dan industri kreatif!​


Mata pelajaran : Ekonomi

Kelas : X

Kategori : Kewirausahaan

Kata Kunci : Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Pembahasan :

1. Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi. Konsep ini telah memicu ketertarikan berbagai negara untuk melakukan kajian seputar Ekonomi Kreatif dan menjadikan Ekonomi Kreatif model utama pengembangan ekonomi.

Istilah “Ekonomi Kreatif” mulai dikenal secara global sejak munculnya buku “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas” (2001) oleh John Howkins. Howkins menyadari lahirnya gelombang ekonomi baru berbasis kreativitas setelah melihat pada tahun 1997 Amerika Serikat menghasilkan produk-produk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) senilai 414 Miliar Dollar yang menjadikan HKI ekspor nomor 1 Amerika Serikat. Howkins dengan ringkas mendefinisikan Ekonomi Kreatif, yaitu:

“The creation of value as a result of idea”

Dalam sebuah wawancara oleh Donna Ghelfi dari World Intellectual Property Organization (WIPO) di tahun 2005, John Howkins secara sederhana menjelaskan Ekonomi Kreatif yang disarikan sebagai berikut:

“Kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.”

Studi Ekonomi Kreatif terbaru yang dilakukan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) pada tahun 2010 mendefinisikan Ekonomi Kreatif sebagai:

“An evolving concept based on creative assets potentially generating economic growth and development.”

Dengan penjabaran lebih lanjut sebagai berikut:

Mendorong peningkatan pendapatan, penciptaan pekerjaan, dan pendapatan ekspor sekaligus mempromosikan kepedulian sosial, keragaman budaya, dan pengembangan manusia.

Menyertakan aspek sosial, budaya, dan ekonomi dalam pengembangan teknologi, Hak Kekayaan Intelektual, dan pariwisata.

Kumpulan aktivitas ekonomi berbasiskan pengetahuan dengan dimensi pengembangan dan keterhubungan lintas sektoral pada level ekonomi mikro dan makro secara keseluruhan.

Suatu pilihan strategi pengembangan yang membutuhkan tindakan lintas kementerian dan kebijakan yang inovatif dan multidisiplin.

Di jantung Ekonomi Kreatif terdapat Industri Kreatif.

Di Indonesia, dalam Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 (2008) Ekonomi Kreatif didefinisikan sebagai berikut:

“Era baru ekonomi setelah ekonomi pertanian, ekonomi industri, dan ekonomi informasi, yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.”

2. Pengertian Industri Kreatif

“Industri Kreatif” sudah muncul pada tahun 1994 dalam Laporan “Creative Nation” yang dikeluarkan Australia. Namun istilah ini benar-benar mulai terangkat pada tahun 1997 ketika Department of Culture, Media, and Sport (DCMS) United Kingdom mendirikan Creative Industries Task Force. Definisi Industri Kreatif menurut DCMS Creative Industries Task Force (1998):

“Creative Industries as those industries which have their origin in individual creativity, skill & talent, and which have a potential for wealth and job creation through the generation and exploitation of intellectual property and content.”

Definisi Industri Kreatif di Indonesia seperti yang tertulis dalam Cetak Biru Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 (2008) adalah:

“Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.“

KESIMPULAN

Ekonomi Kreatif dalam hubungannya dengan Industri Kreatif adalah kegiatan ekonomi yang mencakup industri dengan kreativitas sumber daya manusia sebagai aset utama untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut


20. apa pengertian mandiri dan kreatif?


Mandiri adalah sikap untuk tidak menggantungkan keputusan kepada orang lain
Kreatif adalah suatu hal yang dapat dijual dengan mendapat ekonomi tinggi
Mandiri => kemampuan seseorang untk melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan org lain Kreativitas => kemampuan seseorang untk menciptakan sesuatu
Kategori ti