Pengertian Pengolahan Limbah Cair Primer

Pengertian Pengolahan Limbah Cair Primer

bagaimanakah proses pengolahan primer limbah cair?

1. bagaimanakah proses pengolahan primer limbah cair?


proses awalnya
 1penyaringan
2pengolahan awal
3pengendapan
4pengapungan
5smoga membantu

2. jelaskan secara sistematis pengolahan limbah dengan teknik pengolahan primer dari limbah cair


Jawaban:

1. Screening(limbah disaring)

2. Pengolahan awal(memisahkan partikel-partikel padat yang relatif besar)

3. Pengendapan(pasir dan partikel lain diletakkan dalam tangki dan dibiarkan beberapa waktu agar mengendap di dasar tangkinya.

4. Floation untuk mengapungkan agar dapat menyingkirkan lemak dan minyak

Penjelasan:

#maaf kalo salah

#semoga membantu


3. jelaskan proses pengolahan primer limbah cair?


1. Screening(limbah disaring)
2. Pengolahan awal(memisahkan partikel-partikel padat yang relatif besar)
3. Pengendapan(pasir dan partikel lain diletakkan dalam tangki dan dibiarkan beberapa waktu agar mengendap di dasar tangkinya.
4. Floation untuk mengapungkan agar dapat menyingkirkan lemak dan minyak

4. apa pengerian pengolahan limbah primer


merupakan tahapan yang berfungsi untuk menyisihkan polutan yang berupa padatan (solids).pengolahan limbah primer merupakan tahapan yang berfungsi untuk menyisihkan polutan yang berupa padatan (solids).

5. Jelaskan tahapan pengolahan primer dan sekunder limbah cair


primier:kerajinan atau kreasi
sekunder:menjadi minuman mingkin

6. Proses pengolahan limbah cair secara biologis disebut pengolahan limbah...., A. Primer B. Sekunder C. Tersier D. Desinfeksi


Jawaban:

b.sekunder

Penjelasan:

kalau ngk caya cati google aze


7. proses pengolahan limbah cair secara biologis dan melibatkan mikroorganisme disebut pengolahan limbah...a primerb sekunderc tersierd desinfeksi e lumpur​


Jawaban:

pengolahan Limbah C.tersier


8. jelaskan tahapan pengolahan primer dan sekunder limbah cair


karana
TSB menggunakan bahan berbahaya

9. hubungan pengolahan primer sekunder dan tersier dalam limbah cair


Hubungan pengolahan primer dan tersier dalam pengolahan limbah cair adalah pengolahan primer merupakan pengolahan awal limbah cair, yaitu dengan cara penyeringan dan pengendapan, sehingga sangan berpengaruh terhadap pengolahan tersier, yaitu pengolahan limbah kedua, setelah limbah di saring dan diendapkan, limbah akan mengalami proses dekomposisi bahan-bahan padatan secara biologis. Proses penguraian bahan organik dilakukan oleh mikroorganisme secara aerobiik dan anaerobik .

Pembahasan

Limbah cair di klasifikasikan menjadi empat kelompok sebagai berikut.

Limbah cair domestik (domestic wastewater), yaitu limbah cair hasil buangan dari rumah tangga, perkantoran, bangunan perdagangan, dan sarana sejenis. Contoh: air sabun, air ddetergen sisa cucian, dan air tinja.Limbah cair industri (industrial wastewater), yaitu limbah cair hasil buangan industri. Contoh: air sisa cucian sayur, buah, dan daging dari inddustri pengolahan makanan, serta sisa dari pewarnaan kain dari industri tekstil.Rembesan dan luapan (infiltration and inflow), yaitu limbah cair yang berasal dari berbagai sumber yang memasuki saluran pembuangan limbah cair melalui rembesan ke alam tanah atau melalui luapan dari permukaan. Contoh: air buangan dari talang atap, pendingin ruangan (AC), halaman, dan lain-lain.Air hujan (strom water), yaitu limbah cair yang berasal dari aliran air hujan di atas permukaan tanah.

Proses penanganan air limbah pada prinsipnya terdiri dari tiga tahap, antara lain sebagai berikut.

1. Penanganan Primer

Penanganan primer disebut juga pengolahan pertama (primary treatmet). Tahap ini adalah tahapan untuk memisahkan padatan dari air limbah dengan cara sebagai berikut.

a. Penyaringan (Filtration)

Dalam tahap ini bahan - bahan buangan yang berukuran besar disaring menggunakan suatu alat komunikator yang berfungsi menyaring sambil menghancurkan bahan padatan.

b. Pengendapan (Sedimentation)

Dalam keadaan tenang, pasir, benda-benda kecil, dan hancuran padatan akan mengendap. Pengendapan yang terjadi dengan memanfaatkan gaya gravitasi.

Proses pengendapan ini berfungsi sebagai berikut:

Mengurangi kebutuhan oksigen pada proses pengolahan biologis berikutnya.Memperoleh air buangan yang jernih.Mempermudah proses penanganan lumpur.Endapan yang dihasilkan dapat digunakan untuk menutup tanah pertanian/keperluan lain.

Padatan tersuspensi dapat mengendap ketika aliran air buangan diperlambat dan dilakukan dalam tangki sedimentasi. Padatan teruspensi yang mengendap disebut lumpur mentah. Untuk mempercepat proses pengendapan sering ditambahkan tawas.

2. Penanganan Sekunder

Disebut juga dengan pengolahan kedua (secondary treatment). Dalam penanganan sekunder ini mengalami proses dekomposisi bahan-bahan padatan secara biologis. Proses penguraian bahan organik dilakukan oleh mikroorganisme secara aerobiik dan anaerobik .

Proses aerobik menggunakan oksigen dengan bantuan lumpur aktif (activated sludge) yaitu lumpur yang banyak mengandung bakteri pengurai. Adapun dalam proses anaerobik zat organik diuraikan tanpa oksigen. Proses pengolahan anaerobik bisa menghasilkan biogas (gas metana dan karbon dioksida).

3. Penanganan Tersier

Merupakan lanjutan dari penanganan sekunder. Pada pengolahan ketiga (tertiary treatment) bertujuan menghilangkan nutrisi/unsur hara khususnya nitrat dan fosfat. Sebagian besar senyawa nitrogen dan fosfor tetap ada dalam air buangan walaupun telah mengalami proses penanganan primer dan skunder, maka perlu penanganan ketiga karena komponen tersebut akan menyebabkan perubahan rasa dan bau.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Bahan yang dapat diperbaharui, didaur ulang dan dirombak oleh bakteri menjadiunsur yang dapat digunakan tanaman tanpa mencemari tanah: brainly.co.id/tugas/12465913Materi tentangIdentifikasi limbah padat dan cair dari sumber rumah tangga : brainly.co.id/tugas/21084148Materi tentang Pencemaran lingkungan karna kegiatan penambangan emas dan tembaga dapat menghasilkan limbah yang sangat beracun peran bioteknologi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut : brainly.co.id/tugas/20722951

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: VII (SMP)

Mapel: IPA (Biologi)

Bab: Pencemaran Lingkungan

Kode: 7.4.9

Kata Kunci: pengolahan limbah cair


10. bagaimana cara pengolahan limbah primer?


1.dijadikan barang seni yg bernilai tinggi
2.dikelolah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali

11. jelaskan proses pengolahan primer limbah cair?


menyaringnya dan membersihkan kuman/bakteri yang terkandung didalamnya

12. bagaimana cara pengolahan limbah primer?


Tahap proses pengolahan air limbah dalam pengolahan primer adalah sebagai berikut.
- Limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan disaring menggunakan jeruji baring (bar screen). Metode ini disebut penyaringan (screening). Metode penyaringan merupakan cara efisien dan murah untuk menyisihkan bahan-bahan padat berukuran besar dari air limbah.
- Limbah yang telah disaring kemudian disalurkan ke suatu tangki atau bak yang berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat tersuspensi lain yang berukuran relatif besar. Tangki ini dalam bahasa Inggris disebut grit chamber dan cara kerjanya adalah dengan memperlambat aliran limbah sehingga partikel-partikel pasir jauh ke dasar tangki sementara air limbah terus dialiri untuk prose selanjutnya. Kedua proses yang dijelaskan di atas disebut juga sebagai tahap pengolahan awal (pretreatment).
- Limbah cair akan dialirkan ke tangki atau bak pengendapan. Metode pengendapan adalah metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair. Di tangki pengendapan, limbah cair didiamkan agar partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam air limbah dapat mengendap ke dasar tangki. Endapan partilkel tersebut akan membentuk lumpur yang kemudian akan dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut.
Apabila limbah cair yang diolah tersebut hanya mengandung polutan yang telah disingkirkan melalui proses pengolahan primer, maka limbah yang tersebut dapat dibuang langsung ke lingkungan (perairan). Namun, apabila limbah tersebut mengandung polutan lain yang sulit dihilangkan melalui proses di atas, maka limbah tersebut perlu silarutkan ke proses pengolahan selanjutnya.
Itulah penjelasan yang bisa saya bagikan

13. Jelaskan proses pengolahan primer limbah cair


Pengolahan Primer (Primary Treatment)
Tahap pengolahan primer limbah cair sebagian besar adalah berupa proses pengolahan secara fisika.

14. metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair adalah


metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair adalah


jawab: metode pengendapan

15. Jelaskan proses pengolahan primer limbah cair


1. Screening(limbah disaring)
2. Pengolahan awal(memisahkan partikel-partikel padat yang relatif besar)
3. Pengendapan(pasir dan partikel lain diletakkan dalam tangki dan dibiarkan beberapa waktu agar mengendap di dasar tangkinya.
4. Floation untuk mengapungkan agar dapat menyingkirkan lemak dan minyak

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/9640350#readmore

16. Bagaimanakah proses primer limbah cair ?


1. Pengolahan Primer (Primary Tretment)
    Yaitu pengolahan secara fisik dimana limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan yang   disaring menggunakan jeruji saring (Bar Scree), metode ini disebut penyaringan (screen), sedangkan metode Pengendapan juga banyak digunakan dalam pengolahan limbah cair. selain kedua metode tersebut adapula metode Pengapungan(Floting)  metode ini berguna untuk menyingkirkan polutan berupa minyak dan lemak.
Tahap pengolahan primer limbah cair sebagian besar adalah berupa proses pengolahan secara fisika. A.      Penyaringa (Screening) Pertama, limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan disaring menggunakan jeruji saring. Metode ini disebut penyaringan.  Metode penyaringan merupakan cara yang efisien dan murah untuk menyisihkan bahan-bahan padat berukuran besar dari air limbah. B.      Pengolahan Awal  (Pretreatment) Kedua, limbah yang telah disaring kemudian disalurkan kesuatu tangki atau bak yang berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat teruspensi lain yang berukuran relatif besar. Tangki ini dalam bahasa inggris disebut grit chamber dan cara kerjanya adalah dengan memperlambat aliran limbah sehingga partikel – partikel pasir jatuh ke dasar tangki sementara air limbah terus dialirkan untuk proses selanjutnya. C.      Pengendapan Setelah melalui tahap pengolahan awal, limbah cair akan dialirkan ke tangki atau bak pengendapan. Metode pengendapan adalah metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair. Di    tangki pengendapan, limbah cair didiamkan agar partikel – partikel padat yang tersuspensi dalam air limbah dapat mengendap ke dasar tangki. Enadapn partikel tersebut akan membentuk lumpur yang kemudian akan dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut. Selain metode pengendapan, dikenal juga metode pengapungan (Floation). D.      Pengapungan (Floation) Metode ini efektif digunakan untuk menyingkirkan polutan berupa minyak atau lemak. Proses pengapungan dilakukan dengan menggunakan alat yang dapat menghasilkan gelembung- gelembung udara berukuran kecil (± 30 – 120 mikron). Gelembung udara tersebut akan membawa partikel –partikel minyak dan lemak ke permukaan air limbah sehingga kemudian dapat disingkirkan.   Bila limbah cair hanya mengandung polutan yang telah dapat disingkirkan melalui proses pengolahan primer, maka limbah cair yang telah mengalami proses pengolahan primer tersebut dapat langsung dibuang kelingkungan (perairan). Namun, bila limbah tersebut juga mengandung polutan yang lain yang sulit dihilangkan melalui proses tersebut, misalnya agen penyebab penyakit atau senyawa organik dan anorganik terlarut, maka limbah tersebut perlu disalurkan ke proses pengolahan selanjutnya.


17. 3 metode pengolahan primer pada limbah cair


1. penyaringan(screening) merupakan cara yang efisien untuk menyisihkan bahan-bahan padat berukuran besar dari air limbah

2. pengolahan awal(pretreatment) merupakan tahap kedua hasil penyaringan disalurkan kesuatu tangki yang berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat teruspensi lain yang berukuran besar.

3. pengendapan merupakan metode pengendapan adalah metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolahan primer limbah cair. Endapan partikel akan membentuk lumpur yang kemudian akan dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut.

4.pengapungan merupakan metode untuk menyingkirkan polutan berupa minyak atau lemak.

18. apa yang dimaksud dengan pengolahan primer limbah


Pengolahan primer yaitu pengolahan / penyaringan dari pada polutan padat pada yang ada pada limbah tersebut agar dapat diolah kembali menjadi suatu barang yang dapat dimanfaatkan
Pengolahan limbah cair primer adalah cara pengolahan limbah cair yang dilakukan secara fisika. 

19. jelaskan metode pengendapan dalam pengolahan primer limbah cair


Pengolahan Primer (Primary Treatment)
Tahap pengolahan primer limbah cair sebagian besar adalah berupa proses pengolahan secara fisika. Pertama, limbah yang mengalir melalui saluran pembuangan disaring menggunakan jeruji saring (bar screen). Metode ini disebut penyaringan (screening). Metode penyaringan merupakan cara yang efisien dan murah untuk menyisihkan bahan-bahan padat berukuran besar dari air limbah. Kedua, limbah yang telah disaring kemudian disalurkan ke suatu tangki atau bak yang berfungsi untuk memisahkan pasir dan partikel padat tersuspensi lain yang berukuran relatif besar. Tangki ini dalam bahasa inggris disebut grit chamber dan cara kerjanya adalah dengan memperlambat aliran limbah sehingga partikel-partikel pasir jatuh ke dasar tangki sementara air limbah terus dialirkan untuk proses selanjutnya. Kedua proses yang dijelaskan si atas sering disebut juga sebagai tahap pengolahan awal (pretreatment).
Setelah melalui tahap pengolahan awal, limbah cair akan dialirkan kea tangki atau bak pengendapan. Metode pengendapan adalah metode pengolahan utama dan yang paling banyak digunakan pada proses pengolaha primer limbah cair. Di tangki pengendapan, limbah cair didiamkan agar partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam air limbah dapat mengendap ke dasar tangki. Endapan partikel tersebut akan membentuk lumpur yang kemudian akan dipisahkan dari air limbah ke saluran lain untuk diolah lebih lanjut.

20. jelaskan tahapan pengolahan primer dan sekunder limbah cair


penyaringan . pengolahan awal . penggabungan .
Kategori biologi