Pengertian Topologi Bintang Star

Pengertian Topologi Bintang Star

pengertian topologi star?

Daftar Isi

1. pengertian topologi star?


suatu jaringan pengiriman dan penerimaan informasi secara lngsng menyebabkan biaya pemasangannya tinggi
topologi star adalah topologi yang letak jaringanya semua berpusat di sekitar hub pusat

2. pengertian topologi extended star



Tropologi star adalah tropologi yg menggunkan hub/switch yg menghubungkan setiap client

3. Jelaskan pengertian Topologi Star ?


Berbeda dengan Topologi Mesh, perangkat pada topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain, tetapi melalui perangkat pusat pengendali (central controller) yang biasa disebut dengan HUB.Pada topologi star, HUB berfungsi layaknya seperti pengatur lalu lintas. Jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer lainnya maka data tersebut dikirimkan ke HUB terlebih dahulu, yang kemudian meneruskannya ke komputer tujuan (lihat gambar). Dengan bentuk hubungan seperti itu, kabel yang diperlukan hanyalah sebanyak komputer dalam jaringan dan port I/O juga cukup hanya satu di setiap komputer. Sehingga banyaknya kabel link dan port I/O menjadi lebih sedikit yang berarti bahwa biaya yang dibutuhkan menjadi tidak semahal seperti pada topologi mesh. Keuntungan lainnya, topologi star ini juga memiliki sifat robustness, yaitu jika terjadi kerusakan pada satu link, maka hanya berakibat pada komputer yang berada pada jalur link itu saja, sedangkan komputer lainnya tetap aktif. Sepanjang tidak ada masalah dengan HUB, dengan sifat ini maka kerusakan link dapat segera diketahui dan diisolir. Kelemahannya, karena topologi star ini sangat bergantung kepada HUB sebagai pusat pengendali, maka HUB harus selalu berada dalam kondisi baik. Kerusakan pada HUB berakibat pada "lumpuhnya" seluruh link dalam jaringan sehingga komputer tidak dapat saling berkomunikasi.

4. Topologi yang merupakan kombinasi/campuran antara topologi bus dan topologi star adalah


Jawaban:

Topologi tree merupakan topologi jaringan komputer yang secara hirarki merupakan kombinasi dari topologi bus dan star.


5. jelaskan pengertian model jaringan dengan topologi star !


Topologi Star merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi star didesain sedemikian rupa sehingga setiap node (file server, workstation, dan perangkat lainnya) terkoneksi ke jaringan melewati sebuah sentral node (hub atau konsentrator).


6. kemungkinan apa saja yang bisa timbul pada topologi star dan topologi extended star?


Koneksi lemot karena kejauhan

7. pengertian topologi bus star ring dan tree


Topologi bus : topologi yang menggunakan satu kabel sebagai penghubung dalam setiap terminal

Topologi star : topologi yang menghubungkan satu komputer dengan komputer-komputer lainnya sehingga membentuk lingkaran

Topologi tree : topologi yang terbentuk dari gabungan topologi bus dan star

8. pengertian topologi star,nus peer to peer dan bus


1.Topologi Star Adalah Jaringan komputer yang tersambungkan secara pusat dengan Satu titik pusat pengontrol
2.Topologi Bus adalah Jaringan komputer yang tersambung secara berderet(Serial)
3.Nus peer to peer adalah opologi jaringan dalam komputer dimana konsepnya memakai Jaringan peer To peer, artinya setiap komputer dalam satu jaringan saling berinteraksi satu sama lain tanpa adanya server sehingga setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server itu sendiri.

9. Apa yang dimaksud dengan topologi star dan topologi mesh


jaringan dengan desain kabel nya mirip bintangTopologi star ialah topologi yang mana hubungan antar komputer dalam jaringan terkonsentrasi di tengah (terpusat), sehingga bentuknya menyerupai bintang (star).

Topologi mesh ialah topologi yang mana hubungan antar komputer dalam jaringan saling terkoneksi satu sama lain, sehingga menyerupai jaring. Untuk gambar topologi mesh, silakan perhatikan gambar berikut ini.

10. jelaskan pengertian topologi star dalam jaringan LAN


Topologi star (bintang) dirancang agar setiap titik (node) berhubungan dengan sebuah konsentrator atau hub/switch. Bentuknya mirip dengan bintang.Topologi star merupakan bentuk topologi jaringan yg berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi star termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

11. apakah itu topologi star


Jawaban:  suatu cara untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya sehingga dapat membentuk jaringan berupa bentuk bintang (star). Topologi bintang mempunyai bentuk seperti bintang/ star, setiap node tersambung secara terpusat pada sebuah perangkat keras Hub atau switch. Hub atau switch yang dipakai untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN.  Piranti ini sering dipakai dalam topologi star dan extended star. Yang membedakan antara Hub dan Switch yaitu kecepatan transfer datanya. Kabel yang dipakai pada topologi ini adalah kabel UTP dengan konektor RJ-45.

Prinsip topologi star adalah control terpusat, seluruh link harus melalui pusat yang menyalurkan data tersebut

Jawab :

Tropologi Bintang merupakan bentuk Tropologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna . Tropologi Jaringan bintang termasuk Tropologi jaringan dengan biaya menengah.

maaf ya kalo salah ya.


12. kenapa topologi star dan topologi star jika dihubungkan tidak menjadi topologi hybrid?


 Topologi Star Pada Topologi jaringan Star, setiap Workstation dihubungkan dengan menggunakan alat penghubung terpusat atau yang disebut dengan konsentrator. Masing – masing Workstation tidak saling berhubungan. Jadi setiap Workstation yang terhubung ke konsentrator tidak akan dapat berinteraksi atau berkomunikasi sebelum konsentrator dihidupkan. Bila Konsentrator dimatikan, maka seluruh koneksi jaringan akan terputus. Bila dibandingkan dengan sistem topologi jaringan Bus, sistem ini mempunyai tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana, hanya saja pada sistem ini membutuhkan konsentrator. Pada topologi ini beban yang dipikul oleh konsentrator cukup berat, dengan demikian tingkat kerusakan atau gangguan dari sentral ini lebih besar. Hubungan antar Workstation akan dilakukan melalui peralatan yang disebut konsentrator, sehingga setiap Workstation dihubungkan dengan kabel jaringan ke konsentrator. Jadi, tidak ada hubungan kabel antar Workstation. Pada topologi Star, penambahan Workstation tidak akan mengganggu sistem yang sedang bekerja, tinggal menambah kabel dari Workstation ke konsentrator. Begitu pula jika salah satu Workstation kabelnya terputus atau terjadi kerusakan, maka tidak akan mengganggu Workstation lain yang sedang bekerja. Yang bertindak sebagai konsentrator dalah Hub dan Switch. Beberapa keunggula topologi Star, sebagai berikut: Fleksibel dalam hal pemasangan jaringan baru, tanpa mempengaruhi jaringan yang sudah ada sebelumnya.Bila salah satu kabel koneksi User putus, maka hanya komputer  User yang bersangkutan saja yang tidak berfungsi dan tidak mempengaruhi User yang lain (keseluruhan hubungan jaringan masih tetap bekerja).Beberapa Kelemahan topologi Star, sebagai berikut: Boros dalam pemakaian kabel, jika dihubungkan dengan jaringan yang lebih besar dan luas.Bila pengiriman data secara bersamaan waktunya, dapat terjadi Collision. Gambar Topologi Star
karena jika dihubungkan satu bentuk topologi jaringan fisik yang sudah sangat umum digunakan disamping jenis jaringan komputer

13. apa fungsi topologi bus,topologi ring,topologi star


topologi bus=1.pengembangan jaringan/penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggangu workstation lain,2.hemat kabel.3.layout kabel sederhana
topologi ring=transmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket dalam satu arah saja
topologi star=1.akses kontrol terpusat,2.tingkat keamanan termasuk tinggi,3.tahan terhadap lalu lintas jaringan sibuk

14. Apa perbedaan topologi ring dan topologi star


Topologi ring berbentuk melingkar atau lingkaran (cincin) , sedangkan topoligi star seperti bintangtopologi star : topologi jaringan dengan biaya murah dan memiliki suatu simpul pusat

topologi ring :workstation dan server dihububgkan dg bentuk lingkaran pada satu media transmisi

15. Topologi jaringan komputer yang menggunakan concentrator (hub/switch) sebagai pengatur paket data. Topologi ini berbentuk seperti bintang, merupakan pengertian......... a. Topologi Bus b. Topologi Ring c. Topologi Mesh d. Topologi Tree e. Topologi Star


Topologi jaringan komputer yang menggunakan hub/switch sebagai pengatur paket data dan berbentuk seperti bintang adalah Topologi Star (E).

Pembahasan:

Topologi jaringan adalah sebuah metode yang berfungsi untuk menghubungkan para pengguna komputer dalam sebuah jaringan, sehingga komputer-komputer tersebut dapat melakukan komunikasi dan transfer data satu sama lain.

Topologi jaringan merupakan berbagai node, perangkat, dan koneksi dalam jaringan tersebut yang saling terhubung satu sama lain dengan logis dan teratur.

Dalam topologi jaringan, ada yang dinamakan dengan topologi fisik dan topologi logis. Topologi fisik mengacu pada hal-hal teknis yang bisa dilihat wujudnya, seperti jaringan, kabel, koneksi fisik, dan lain-lain.

Sementara itu, topologi logis menunjukkan bagaimana konsep pengaturan sebuah jaringan secara strategis. Sehingga, kita bisa memahami bagaimana data saling dikirimkan dan diterima dalam jaringan tersebut.

Ada beberapa jenis topologi logis yang wajib kita ketahui:

Topologi Bus

Perangkat-perangkat dalam topologi ini terhubung dengan adanya kabel tunggal (kabel backbone). Setiap komputer dalam jaringan terhubung dengan kabel ini.

Kabel backbone inilah yang nantinya bertugas mengirim data dalam jaringan. Topologi bus merupakan topologi paling mudah dan sederhana, sehingga biasanya digunakan hanya pada jaringan standar saja.

Topologi Ring

Topologi ring tidak jauh berbeda dari topologi bus, hanya saja ujung ke ujung komputer dalam jaringan ini saling terhubung hingga membentuk lingkaran (cincin). Aliran data pada topologi ring mengalir dalam sebuah loop yang tidak putus-putus.

Topologi ring merupakan salah satu jenis topologi yang handal karena transfer data tidak hanya bergantung pada satu komputer host saja. Selain itu, topologi yang satu ini juga mudah dikelola dan harganya cukup terjangkau

Topologi Star

Topologi star adalah sebuah susunan jaringan yang menggunakan concentrator berupa hub atau switch sebagai pengatur aliran paket data. Setiap komputer akan terhubung ke hub/switch ini hingga topologi membentuk struktur bintang. Topologi star adalah salah satu topologi yang populer saat ini karena mampu mendukung bandwith hingga 100Mbps dan mudah untuk diperluas atau dikembangkan.

Pelajari lebih lanjut: Jenis-jenis topologi jaringan https://brainly.co.id/tugas/16921424Tahapan pengkabelan jaringan https://brainly.co.id/tugas/49982053Ancaman keamanan jaringan https://brainly.co.id/tugas/34170649Detail Jawaban:

Kelas: SMA

Mapel: TIK

Bab: Topologi Jaringan Komputer

Kode: -


16. pengertian terminator dalam topologi BUS,STAR,RING.pengertian dari HUB, beserta fingsi,jenis2nya?


terminator. Berfungsi sebagai penutup saluran awal dan akhir dari topologi bus ini sehingga sinyal-sinyal yang melalui jaringan tidak akan hilang

Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:
Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.


17. Jelaskan pengertian kelebihan dan kekurangan topologi extended star!


Kelebihan : Topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui perangkat pusat pengendali yang di sebut HUB. Kabel yang di butuhkan hanya sebanyak computer dalam jaringan dan I/O cukup hanya satu di setiap computer,kabel link dan port I/O lebih sedikit dan biaya lebih sedikit dari pada topologi mesh. Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb. 

kekurangan : Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik, kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat saling berkomunikasi.


18. Jelaskan fungsi hub dan switch pada topologi star, mengapa topologi ini membutuhkannya, apa fungsi server pada topologi star ​


Jawaban:

Pada topologi bintang, hub/switch beefungsi sebagai node tengah (sambungan tengah/ titik redistribusi) yang berfungsi untuk menghubungkan server dan client


19. jelaskan pengertian topologi star dan kelebihannya


topologi star. merupakan topologi yang dapat menjangkau jaringam secara lebih banyak dan biasanya bercirikan dengan bentuk bintang.
kelebihan: jaringan dapat tersebar cepat ke komputer2 yang laintopologi yg bisa langsung bertukar data antar komputer tanpa melalui server terlebih dahulu

20. Pada topologi jaringan star (bintang), jika salah satu komputer mengalami kerusakan,akibatnya adalah...​


Penjelasan:

Merupakan bentuk topologi jaringan yang terpusat, semua user/client harus melewati pusat atau server untuk memperoleh atau membagikan informasi data . Masing- masing workstation di hubungkan secara langsung ke server atau Hub/Switch. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Kelebihan topologi Star:

Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.

Tingkat keamanan termasuk tinggi.

Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.

Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Akses Kontrol terpusat.

Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.

Paling fleksibel.

Kekurangan topologi Star:

Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.

Boros dalam pemakaian kabel.

HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.

Jaringan tergantung pada terminal pusat

Bila yang digunakan sebagai pusat kontrol adalah HUB maka kecepatan akan berkurang sesuai dengan penambahan komputer, semakin banyak semakin lambat.

Kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat saling berkomunikasi.

Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring

Lebih gampang digunakan


Kategori ti