Pengertian Wilayah

Pengertian Wilayah

pengertian wilayah dan pewilayahan

1. pengertian wilayah dan pewilayahan


Wilayah adalah kesatuan geografis beserta unsur-unsurnya dibatasi oleh kenampakan tertentu yang bersifat khas dan membedakan wilayah tersebut dengan wilayah lainnya.


Pewilayahan adalah suatu proses penentuan suatu wilayah berdasarkan kriteria kualitas dan kuantitas melalui penggabungan atau penggolongan beberapa wilayah. Perwilayahan juga terdiri atas wilayah formal dan fungsional. Pewilayahan formal dapat ditentukan dari batas-batas di permukaan bumi untuk tujuan tertentu berdasarkan beberapa kriteria seperti administrasi, fisik, sosial, dan ekonomi. Sementara perwilayahan fungsional ditentukan berdasarkan hubungan titik-titik pertumbuhan di suatu wilayah dengan pusat pertumbuhan.

Pembahasan

Wilayah terbagi menjadi wilayah formal dan fungsional.


1. Wilayah formal dicirikan dengan adanya atribut atau sesuatu yang melekat pada manusia dan alam secara umum, misalnya kebangsaan budaya, tipe iklim atau bentuk lahan. Contoh: pegunungan di manfaatkan penduduk sekitar untuk perkebunan.

2. Wilayah fungsional didasarkan atas konsep heterogenitas dan lebih dinamis dibandingkan wilayah formal dan fungsional lebih menekankan pada aspek penggunaan atau perkembangan suatu wilayah, wilayah fungsional dicirikan dengan adanya interdepedensi dan interaksi gejala-gejala suatu wilayah. Contoh: Kota Jakarta sebagai pusat aktivitas perekonomian, pemerintahan dan industri.


Tujuan pewilayahan

a. Untuk meratakan pembangunan di seluruh wilayah yang dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah

b. Memudahkan koordinasi berbagai program pembangunan di setiap wilayah

c. Mensosialisasikan berbagai program pembangunan kepada aparatur pemerintah, masyarakat, dan pengusaha.

Pelajari lebih lanjut

1. Perbedaan wilayah formal dan fungsional https://brainly.co.id/tugas/4771074

2. Faktor yang mempengaruhi pewilayahan https://brainly.co.id/tugas/14527166

-------------------------------------

Semoga membantu.


Detil tambahan

Kelas:  12 SMA

Mapel:  Greografi

Kategori: 12.8.1 Bab 1 - Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Kata kunci: Wilayah dan pewilayahan


2. pengertian wilayah dan perwilayahan​


Jawaban:

Wilayah merupakan suatu area yang punya karakteristik atau sifat khas tertentu yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Nah, kalau mau merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, wilayah ialah ruang yang merupakan kesatuan dari geografis, serta segenap unsur-unsur yang ada pada batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan administratif dan atau aspek fungsional.

Perwilayahan (regionalisasi) merupakan proses penggolongan wilayah berdasarkan ciri-ciri dan kriteria tertentu. Perwilayahan adalah upaya untuk membagi-bagikan permukaan bumi ke dalam sebuah wilayah-wilayah untuk tujuan tertentu.


3. Tuliskan pengertian keunggulan wilayah dan pengertian keterbatasan wilayah​


Jawaban:

Keunggulan wilayah adalah keunggulan yang dimiliki oleh suatu wilayah sehingga memiliki daya saing untuk bersaing dengan wilayah lain yang memiliki keunggulan yang sama.

Keterbatasan wilayah adalah keadaan terbatas yang dimana diusahakan untuk adanya perbaikan pada wilayah tersebut , walay segala keterbatasan tersebut tidak dapat dielakkan.


4. apa pengertian wilayah


Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/aspek fungsional.


Suatu tempat yang yang ditempati oleh rakyat dan memiliki pemimpin dan diakui oleh suatu negara

5. Bagaimana pengertian wilayah menurut pembagian wilayah?


Jawaban:

sangat luas dan banyak penduduk sekitar


6. cari Pengertian/Konsep Wilayah dan Pewilayahan !​


Jawaban:

Wilayah (region) adalah suatu areal yang memiliki karakteristik tertentu berbeda dengan wilayah yang lain. Wilayah dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

Wilayah Formal (uniform region/homogeneous) adalah suatu wilayah yang memiliki keseragaman atau kesamaan dalam kriteria tertentu, baik fisik maupun sosialnya. Contoh: suatu wilayah mempunyai kesamaan bentang alam pegunungan disebut wilayah pegunungan atau suatu wilayah mempunyai keseragaman dalam bidang kegiatan bercocok tanam disebut wilayah pertanian.

Wilayah Fungsional (nodal region) merupakan wilayah yang dalam banyak hal diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling berkaitan dan ditandai dengan adanya hubungan atau interaksi dengan wilayah di sekitarnya. Contoh: Suatu industri didirikan pada suatu wilayah. Setiap pagi karyawan bekerja menuju pabrik dan sore hari mereka pulang ke rumah masing-masing.

Regionalisasi (Perwilayahan)

Regionalisasi berarti membagi wilayah-wilayah tertentu di permukaan bumi untuk keadaan tujuan tertentu. Untuk menentukan regionalisasi wilayah harus diperhatikan fisik yang meliputi iklim, morfologi, sumber daya alam, dan keadaan sosial budaya yang meliputi penduduk dan budayanya.

Kaitan konsep wilayah dan perwilayahan dengan perencanaan pembangunan (Pusat Pertumbuhan) Pusat pertumbuhan (growth center) erat kaitanya dengan Pertumbuhan wilayah di permukaan Bumi tidak tumbuh bersama-sama secara terarur,tetapi sengaja atau tidak sengaja, ada bagian yang tumbuh dan maju berkembang lebih cepat dibanding dengan bagian lain. Berikut ini beberapa teori pusat pertumbuhan.

a. Teori Tempat Sentral

Dikemukakan oleh ahli Geografi Jerman yang bernama Walter Chisstaller tahun 1993 dan Agust Losch ahli ekonomi Jerman tahsn 1945, menyatakan tempat yang lokasinya sentral adalah tempat yang memungkinkan aktivitas manusia menjadi. maksimum, baik dalam aktivitas pelayanan maupun yang menjadi konsumen dari barang dan pelayanan yang dihasilkan.

b. Teori Kutub Pertumbuhan

Kutub pertumbuhan (growth pole) adalah suatu srraregi pembangunan yang dilakukan dengan cara menularkan perkembangan wilayah dari pusat te pinggiran (center down deuelopment). Teori ini dikemukakan oleh Francois Perroux seorang ekonom Perancis tahun 1950. pada tahun 1972 Bou Deville memperkenaikan konsep pertumbuhan sebagaimana dikemukakan oleh Perroux yang disebut derrgan teori Engine of Economic Growth.

Penjelasan:

sorry kepanjangan


7. Pengertian wilayah daratan, wilayah laut, dan wilayah udara


wilayah daratan = dataran yang tidak di penuhi air , wilayah laut = wilayah yang di penuhi oleh air , wilayah udara = wilayah yang di penuhi udara/oksigen

8. konsep atau istilah dan pengertian wilayah dan perwilayahan


wilayah adalah suatu daerah dari sebuah kabupaten atau kota sedangkan perwilayahan adalah gabungan dari beberapa kabupaten dan menjadi satu kesatuan wilayah dalam bentuk provinsi

9. jelaskan perbedaan pengertian "wilayah" dan "pengwilayahan"​


Jawaban:

Wilayah adalah area yang punya karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lain. Ada 2 tipe: wilayah formal & wilayah fungsional. Perwilayahan adalah penggolongan wilayah berdasarkan ciri-ciri tertentu. Ada 2 klasifikasi: perwilayah formal & perwilayahan fungsional. Pusat pertumbuhan adalah wilayah yang punya pertumbuhan lebih pesat dibanding wilayah sekitarnya. Faktor yang memengaruhi: lokasi, SDA, SDM, topografi, dan lainnya.


10. pengertian luas wilayah dan letak wilayah


Kelas           : VII (1 SMP)

Pelajaran     : IPS

Kategori      : Letak dan Luas Indonesia

Kata Kunci  : Letak Wilayah, Luas Wilayah, Geografis

 

 

 

LETAK WILAYAH adalah lokasi di mana wilayah itu berada. Posisi wilayah ini dilihat dari realitas atau kenyataan yang ada pada permukaan bumi. Letak wilayah ini bisa dilihat dari 3 aspek yakni astronomis, geografis dan juga geologis.

 

Letak astronomis adalah lokasi sebuah wilayah dilihat dari posisinya terhada garis bujur dan juga garis lintang.

Letak geografis adalah lokasi sebuah wilayah dilihat dari posisi nyatanya di permukaan bumi yang bersinggungan atau berdampingan dengan posisi wilayah lainnya.

Letak geologis adalah posisi suatu wilayah yang dilihat dari kondisi geologinya.

 

LUAS WILAYAH adalah daerah yang tercakup dalam kekuasaan territorial sebuah Negara baik itu wilayah daratan maupun lautan yang di dalamnya diberlakukan yurisdiksi Negara tersebut. Luas wilayah berakhir pada batas batas wilayah dengan kondisi fisik seperti sungai, gunung dan lain lain. Batas batas wilayah ini bisa berupa daratan maupun lautan dan yang disepakati secara hukum oleh Negara Negara dan masyarakat dunia.

Luas wilayah ==> suatu batasan yang terdiri atas perairan dan daratan
Letak wilayah ==> bata-batas suatu wilayah, baik yg mencakup dua negara atau lebih

↪semoga membantu

11. pengertian tentang wilayah​


Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Pada masa lampau, sering kali sebuah wilayah dikelilingi oleh batas-batas kondisi fisik alam, misalnya sungai, gunung, atau laut.


12. pengertian wilayah adalah​


Jawaban:

Penjelasan:

Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Pada masa lampau, seringkali sebuah wilayah dikelilingi oleh batas-batas kondisi fisik alam, misalnya sungai, gunung, atau laut.

Jawaban:

Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. 

maaf kalo salah


13. Tuliskan pengertian dan ciri wilayah dan perwilayahan​


Wilayah adalah bagian atau daerah dipermukaan bumi yang dibatasi oleh kenampakan tertentu yang bersifat khas dan membedakan wilayah tersebut dari wilayah lainnya.

Perwilayahan adalah usaha yang dilakukan dengan mengelompokkan unsur-unsur yang sama dalam satu ruang untuk tujuan tertentu

Penjelasan:

Mohon maaf barang kali ada yang salah

14. kesimpulan dari pengertian wilayah dan perwilayahan​


Jawaban:

Wilayah adalah area yang punya karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lain. Ada 2 tipe: wilayah formal & wilayah fungsional. Perwilayahan adalah penggolongan wilayah berdasarkan ciri-ciri tertentu. Ada 2 klasifikasi: perwilayah formal & perwilayahan fungsional. Pusat pertumbuhan adalah wilayah yang punya pertumbuhan lebih pesat dibanding wilayah sekitarnya. Faktor yang memengaruhi: lokasi, SDA, SDM, topografi, dan lainnya.


15. apa pengertian wilayah?


Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatanwilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan

16. Penguasaan suatu wilayah di luar wilayahnya sendiri merupakan pengertian dari...​


Jawaban :

Kolonialisme

Penjelasan:

Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. Kolonialisme pada umumnya bertujuan untuk mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni umumnya adalah daerah-daerah yang kaya akan bahan mentah untuk keperluan negara yang melakukan kolonialisme.


17. pengertian wilayah adalah


sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Semoga membantu ;)Wilayah adalah sebuah bagian dari permukaan bumi yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan.

atau

Wilayah adalah salah satu unsur berdirinya suatu negara sebagai tempat tinggal penduduk atau masyarakatnya.



semoga membantu....

18. Pengertian wilayah ??


suatu daerah/ kawasandaerah atau kawasan tingkat daerah kota,provinsi,maupun negara

19. apa pengertian luas wilayah dan letak wilayah ?


luas wilayah adalah sebuah daerah yang di kuasai atau menjadi teritorial

letak wilayah
dapat diartikan sebagai letak astronomis berdasarkan kedudukan garis lintang dan garis bujur

MAAF KALAU SALAH Luas wilayah : luas daerah wilayah
Letak wilayah : tempat secara geografis dan astronomis suatu daerah

20. Apa pengertian dari wilayah


Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan


Kategori geografi